Internet

Hindari Kerumunan, YouTube Dukung Perayaan Paskah dan Ibadah Online

Tahun ini hari libur keagamaan penting akan sangat terasa berbeda, karena pergeseran cara beribadah.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi YouTube. (unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTube. (unsplash/Christian Wiediger)

Hitekno.com - Seluruh orang di dunia pekan ini akan merayakan Paskah, dan beberapa minggu mendatang, jutaan orang akan memulai merayakan Ramadan. Mungkin tahun ini hari libur keagamaan penting akan sangat terasa berbeda, karena organisasi keagamaan di seluruh dunia mencari cara baru untuk merayakannya dengan aman untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dalam komunitas mereka.

Dalam masa sulit ini, penting untuk kita terus terhubung satu sama lain dan merasakan bagian dari komunitas yang lebih luas, bahkan dari rumah. Sementara beberapa organisasi agama telah menggunakan digital untuk terhubung dengan umat mereka selama bertahun-tahun, tahun ini rekomendasi untuk tinggal di rumah akan menjadikannya penting bagi gereja, sinagog, masjid, keluarga dan individu untuk menemukan cara baru untuk berkumpul bersama, secara online.

Pergeseran telah dimulai - sejak awal Maret, total subscribers dari semua kanal Berita Vatikan telah meningkat lebih dari dua kali lipat. Untuk membantu organisasi agama di mana saja yang baru memulai layanan online, YouTube telah mengumpulkan informasi bermanfaat untuk memulai live streaming. Kunjungi Playlist dan Pusat Bantuan kami untuk praktik terbaik, atau lihat petunjuk untuk menjadi tuan rumah acara livestreaming baik dari perangkat seluler atau desktop.

Bagi umat Kristiani yang merayakan Paskah minggu ini, Vatikan akan menyiarkan langsung semua layanan tri hari suci dari Basilika Santo Petrus, termasuk misa Minggu Paskah pukul 11:00 CET.

Ilustrasi gereja. (Pixabay/Tama66)
Ilustrasi gereja. (Pixabay/Tama66)

 

Di Indonesia, banyak gereja mengadakan siaran langsung untuk umat mereka, salah satu contohnya, Keuskupan Agung Jakarta menyediakan banyak cara untuk tetap terhubung, melaksanakan ibadah dan merayakan secara online. Live streaming pekan suci akan ditayangkan dari tanggal 9 - 12 April di kanal Komsos Katedral dan Hidup TV.

Kami juga mengundang Anda untuk merayakan dengan acara khusus Saturday Night Seder yang akan tayang perdana di YouTube melalui Tasty dan SaturdayNightSeder pada Sabtu, 11 April pukul 8 malam ET. Variety show bertema Paskah ini akan menggalang dana untuk CDC Foundation, dan menampilkan sketsa komedi, momen dan musik yang menyentuh, dengan sederet nama termasuk Jason Alexander, Ben Platt, Idina Menzel, Dan Levy, Henry Winkler, Tan France dan banyak lainnya.

Selain itu, penyanyi opera terkenal Andrea Bocelli juga akan tampil langsung di 7 malam CET pada hari Minggu, 12 April dari Katedral bersejarah di Milan, Katedral Duomo, tersedia secara eksklusif di YouTube. Konser yang berjudul, "Music For Hope," akan mewakili pesan cinta, penyembuhan dan harapan untuk Italia dan dunia. Gereja Katedral Duomo yang saat ini ditutup, akan dibuka khusus untuk Andrea Bocelli yang hanya akan ditemani oleh organ tunggal katedral, Emanuele Vianelli, yang memainkan salah satu organ pipa terbesar di dunia. Trailer Music For Hope dapat dilihat di sini.

Kami akan memiliki lebih banyak info seputar perayaan Ramadan mendatang dalam beberapa minggu ke depan. Kami ucapkan selamat menunaikan ibadah dari rumah untuk seluruh komunitas lintas agama di seluruh dunia.

Berita Terkait