Internet

Terang-terangan Cuci Ember di Selokan, Aksi Penjual Makanan Ini Viral

Pemilik akun merekam seorang penjual yang secara terang-terangan mencuci ember miliknya dengan air kotor di sekolan.

Dinar Surya Oktarini

Penjual gorengan nyuci pakai air selokan. (Twitter)
Penjual gorengan nyuci pakai air selokan. (Twitter)

Hitekno.com - Umumnya penjual jajanan di pinggir jalan terutama di Indonesia kerap mendapat stigma buruk karena kebersihannya. Belum lama ini seorang lelaki penjual gorengan terekam kamera tengah mencuci ember miliknya menggunakan air selokan. 

Dibagikan akun Twitter @goodpeoplexx pada 17 Maret, pemilik akun merekam seorang penjual yang secara terang-terangan mencuci ember miliknya dengan air kotor di sekolan. Lelaki itu tampak meregangkan kedua kakinya di masing-masing sisi selokan dan membungkuk.

Lalu ia mengambil air sekolan dengan ember putih miliknya dan mencucinya. Lelaki itu bahkan tampak santai saat mencuci ember tersebut meskipun ada pembelinya. Tak hanya itu, rupanya ember tersebut digunakan oleh penjual untuk wadah adonan gorengannya.

Menurut keterangan pemilik akun, ia sempat menegur perbuatan penjual tersebut. Tapi penjual itu hanya mengiyakan teguran itu.

"Dan gue udah abis 6 biji. Udah gue tegur abangnya, si abangnya iya iya aja," tulis pemilik akun @goodpeoplexx.

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 632 ribu penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 12.500 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet.

Tukang gorengan. [Twitter]
Tukang gorengan. [Twitter]

"Nggak apa-apa, imun tubuh meningkat. Corona merasa jijik merasuki tubuhmu," tulis akun @EalahNganu.

"Gua pernah kayak gini, makan bubur ayam. Pas selesai makan baru liat abang-abangnya nyuci mangkok-mangkoknya pake air got. Ya Allah nanges," ungkap @elviarynda.

"Gue juga pernah. Pas beli gorengan udah beli tuh, eh pas mau pulang liat anak yang jual gorengan dia masih kecil (4 tahunan) kencing ke ember yang buat cuci peralatan gorengnya," tambah @penelovve.

"Kalau kayak gini kasian sama pedagang yang jujur bersih saat jualan makanannya. Jadi semua bakal nilai kalau makanan pinggir jalan pasti begini. Please lah jangan kayak gini," komentar @hobifeb.

"Nggak ada otaknya kadang emang orang ya," cuit @jesky88.(Guideku.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait