Internet

Netizen Ini Ngidam Makanan yang Terbuat dari Tanah Liat, Penasaran?

Ada yang sudah pernah mencoba kuliner dari tanah liat?

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi tanah liat. (Pixabay/iwanna)
Ilustrasi tanah liat. (Pixabay/iwanna)

Hitekno.com - Indonesia memiliki ragam kuliner yang unik dan lezat, setiap daerahnya memiliki makanan ciri khas masing-masing. Salah satunya makanan dari tanah liat ini. 

Belum lama ini, seorang netizen di akun media sosial Twitter pun mengunggah pertanyaan mengenai kuliner unik yang bisa ditemukan di daerah Cirebon.

Lewat akun @FOODFESS2, netizen ini melampirkan tangkap layar sebuah artikel beserta pertanyaan mengenai kuliner yang ada di dalamnya.

"Fess anak Cirebon, ini di Cirebon masih ada nggak ya? Aku pengen BANGET nyobain karena aku suka rasa yangg smokey-smokey gitu wkwk."

Dalam foto yang terlampir, terlihat foto kuliner yang sepintas mirip cokelat. Namun, kuliner asal Cirebon tersebut ternyata merupakan makanan dari tanah liat.

Kuliner dari Tanah Liat (twitter.com/FOODFESS2)
Kuliner dari Tanah Liat (twitter.com/FOODFESS2)

Melihat pertanyaan unik tersebut, beberapa netizen lainnya pun ikut merasa heran dan penasaran. Wajar, makanan yang diketahui bernama ampo ini memang terbilang jarang diketahui.

"Kok aku gatau ya nder, 20 tahun di Cirebon padahal."

"Gua kuliah tanah, neliti tanah sampe ngubek-ngubek, nggak jijik tapi ya nggak pernah dimakan kalau gabut."

"Dari tanah, makan tanah, kembali ke tanah."

"Apakah aku kalau makan ini statusku jadi kanibal?" tanya yang lain.

Meski begitu, ada juga yang menjelaskan sedikit informasi tentang makanan bernama ampo tersebut. Selain dibuat dari tanah liat pilihan, ampo pun dibentuk mirip kue kering dan punya tekstur renyah.

"Di tempatku namanya Ampo. Eyang Uti punya toko sembako jual ginian, yang beli biasanya ibu-ibu lansia gitu. Rasanya ya... tanah," ujar salah satu komentar.

"Ini ampo, dan udah langka. Rasanya anyep-anyep gitu wkwk," tambah yang lain.

Wah, apakah Anda sudah pernah menemukan dan menjajal kuliner tanah liat langka satu ini?(Guideku.com/Amertiya Saraswati)

Berita Terkait