Internet

Salah Artikan Somad Sebagai Pembohong, Lektur.id Diserang Netizen

Situs kamus dan tesaurus Bahasa Indonesia ini mengaku jika hal tersebut merupakan kelalaian mereka.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Somad diartikan pembohong. (twitter/AmbarwatiRexy)
Somad diartikan pembohong. (twitter/AmbarwatiRexy)

Hitekno.com - Selebtweet, Rexy Ambarwati baru-baru ini mencuri perhatian usai mengunggah screenshot Lektur.id mengenai arti Somad sebagai pembohong. Dikaitkan dengan nama Ustadz Abdul Somad, Lektur.id lalu diserang oleh netizen.

Unggahan Rexy Ambarwati ini dibuat melalui akun Twitter miliknya @AmbarwatiRexy pada Sabtu (23/11/2019) lalu dan menjadi viral di Twitter.

Bernada candaan, Rexy Ambarwati kesal karena Somad di Lektur.id memiliki arti pembohong. Lebih lanjut Rexy Ambarwati mengaku bahwa Somad merupakan nama pacarnya.

''Somad artinya 'pembohong', KURANG AJAR!! FENTUNG!!! Gak tahu apa Somad itu nama yayangkuh!!'' tulis @AmbarwatiRexy dalam cuitannya.

Bersama dengan cuitannya, Rexy Ambarwati juga mengunggah screenshot arti kata Somad dari Lektur.id. Dalam screenshot tersebut, Somad disebut memiliki arti pembohong.

Somad diartikan pembohong. (twitter/alialhinduan)
Somad diartikan pembohong. (twitter/alialhinduan)

 

Walaupun bernada candaan dan tidak mengaitkan dengan sosok ulama, banyak yang rupanya salah paham dan justru mengaitkan hal ini dengan sosok Ustadz Abdul Somad.

Salah satu yang mengaitkan cuitan Rexy Ambarwati dengan Ustadz Abdul Somad adalah Habib Ali Alhinduan. Dirinya mengaku tidak bisa menemukan arti tersebut di KBBI.

Lebih lanjut, dirinya menyebut bahwa nama Somad merupakan asma Allah.

Somad diartikan pembohong. (twitter/LenteraMalam8)
Somad diartikan pembohong. (twitter/LenteraMalam8)

 

Selain Rexy Ambarwati yang mendapat serangan langsung dari Habib Ali Alhinduan, Lektur.id yang diserang netizen karena entry kosakata Somad yang diartikan pembohong juga menyampaikan permintaan maafnya.

Situs kamus dan tesaurus Bahasa Indonesia ini mengaku jika hal tersebut merupakan kelalaian mereka. Lektur.id juga meminta maaf pada seluruh umat Islam dan Ustadz Abdul Somad.

Berdasarkan pantauan tim HiTekno.com, kata Somad yang diartikan pembohon di Lektur.id sudah di-take down sebagai bentuk permintaan maaf situs tersebut.

Berita Terkait