Internet

Gara-gara Episode Kabut Asap, Netizen Indonesia dan Malaysia Berdebat

Netizen Indonesia tersinggung dengan episode Upin dan Ipin yang satu ini.

Dinar Surya Oktarini

Episode Upin dan Ipin. (YouTube)
Episode Upin dan Ipin. (YouTube)

Hitekno.com - Baru-baru ini salah satu episode kartun Upin Upin di YouTube sukses picu debat panas antar netizen Malaysia dan Indonesia. Dalam episode yang sudah tayang pada tahun 2015 lalu ini, berkisah mengenai bahaya asap.

Entah tersinggung atau apa, beberapa netizen asal Indonesia beranggapan bahwa episode ini sengaja menyinggung kasus kabut asap yang terjadi di Indonesia.

Pada tahun 2015, Indonesia khususnya bagian wilayah Sumatrea mengalami kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Hal ini mengakibatkan Malaysia selaku negara tetangga terdekat dengan Indonesia juga ikut merasakan hal tersebut.

Kabut asap yang menjadi masalah serius ini jelas sangat tidak sehat dan masuk dalam kategori tingkat berbahaya.

Episode Upin Ipin dengan judul ''Upin & Ipin- Bahaya Jerebu'' ini berkisah mengenai kampung Upin Ipin yang terkena imbas kabut asap yang menutupi langit dan mencemari udara di sekitar daerah tersebut.

Episode Upin Ipin mengenai kabut asap. (YouTube)
Episode Upin Ipin mengenai kabut asap. (YouTube)

 

Walaupun tidak secara spesifik menjelaskan bahwa kabut asap yang mengancam kampung ini berasal dari kasus kabut asap di Indonesia, episode Upin Ipin ini hanya menjelaskan mengenai bagaimana asap motor dan pembakaran pada dasarnya sangat berbahaya.

Sayangnya, video tersebut terlanjut menjadi viral hingga kolom komentar video ini dibanjiri dengan debat panas antara warganet Indonesia dan Malaysia.

''ape ni menghina indonesia ye?'' tulis seorang warganet asal Malaysia.

''ya, memang lndonesia menyebab jerebu! mesti diakui. Goverment tak pernah belajar dari hutan2 terbakar hanya utk oil palm plantation. Amat memalukan, merugikan rakyat, negara, negara2 jiran, kami mohon maaf sebesar2nya..'' tulis warganet lainnya.

Komentar ini rupanya membuat warganet asal Indonesia ikut menyampaikan komentarnya terkait episode Upin Ipin ini.

Episode Upin Ipin mengenai kabut asap. (YouTube)
Episode Upin Ipin mengenai kabut asap. (YouTube)

 

''jangan seperti itu...kalo dapat oksigen tak terima kasih ...tapi kena asap menyalahkan saja..ini kan musibah...indonesia jga tak mau kena musibah ini...'' tulis salah satu akun YouTube.

''sampe segininya Malaysia ngatain indonesia..'' komentar pengguna lainnya.

Komentar ini lalu dibalas oleh seorang warganet asal Malaysia. Dirinya mencoba menjelaskan bahwa episode Upin Ipin ini sama sekali tidak bermaksud untuk menyindir Indonesia dengan kasus kabut asap.

''for all ur infomation.. nie bukn menyindir indonesia lah, upin ipin episode bahaya jerebu nie awal tahun dlu, bukn seleps jerebu di malaysia lh, adoii.. jgn nk menuduh melulu.. tu nma ny fitnah..'' tulisnya menjelaskan.

Warganet lain juga mencoba menjelaskan bahwa tidak seharusnya saling menyalahkan masing-masing negara terkait kabut asap yang terjadi.

''Tak payah lah, kalian ribut2 pasal jerebu tu. jerebu tu kiriman dari allah, indonesia pun menderita juga terhirup jerebu tu,, sme2 smua... Tak payah nak salahkn negara2,,'' tulisnya.

 

Episode Upin Ipin mengenai kabut asap yang membuat warganet asal Indonesia dan Malaysia berdebat panas ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 20 juta kali di YouTube.

Berita Terkait