Internet

Habiskan Rp 318 Miliar, Ini Rincian Biaya Keamanan Mark Zuckerberg

Menjaga Mark Zuckerberg tetap aman ternyata butuh biaya selangit.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Mark Zuckerberg. (Newsroom Facebook)
Mark Zuckerberg. (Newsroom Facebook)

Hitekno.com - Facebook diketahui membayar CEO tambahan anggaran sebesar 13 juta dolar AS atau 183 miliar untuk keamanan dan biaya perjalanan pribadinya. Mark Zuckerberg diketahui memiliki anggaran keamanan setinggi itu karena ia memiliki prioritas ''kalangan atas''

Dalam sebuah laporan keuangan publik di United States Securities and Exchange Commission pada hari Jumat (12/04/2019), CEO Facebook diketahui memiliki anggaran keamanan yang cukup besar.

Sepanjang 2018, tambahan anggaran itu termasuk tunjungan sebelum pajak sebesar 10 juta dolar AS atau Rp 141 miliar untuk biaya ''keamanan tambahan''.

Hal-hal yang dimaksud dengan keamanan tambahan termasuk penjaga keamanan, peralatan, layanan dan perbaikan perumahan.

''Dia identik dengan Facebook dan akibatnya, sentimen negatif tentang perusahaan kami secara langsung terkait dengan Zuckerberg,'' kata arsip resmi keuangan tersebut.

Daftar kompensasi yang diterima CEO Facebook dan petinggi perusahaan lainnya. (Securities and Exchange Commission)
Daftar kompensasi yang diterima CEO Facebook dan petinggi perusahaan lainnya. (Securities and Exchange Commission)

 

Dikutip dari CNN, seperti banyak CEO kaya lainnya, gaji resmi Mark Zuckerberg adalah 1 dolar AS atau Rp 14.100 per tahun.

Dia juga tidak menerima bonus atau pembagian keuntungan saham pada tahun 2018.

Namun total kompensasi Mark Zuckerberg melonjak dari 9,1 juta dolar AS atau Rp 128 miliar pada tahun 2017 menjadi 22,6 juta dolar AS atau Rp 318 miliar.

Kompensasi sebagian besar untuk menutupi peningkatan biaya keamanan untuk CEO yang dianggap sebagai ''kalangan atas'' yang harus diprioritaskan perusahaan.

Menurut Facebook, peningkatan itu sebagai dampak dari hasil ancaman khusus yang ditujukan kepada Mark Zuckerberg.

Seperti yang telah diketahui, Facebook terkena isu kebocoran privasi data pengguna setelah perusahaan data Cambridge Analytica mengumpulkan informasi pada 87 juta pengguna Facebook.

Orang terkaya di dunia teknologi. (Forbes)
Orang terkaya di dunia teknologi. (Forbes)

 

Tak hanya itu, algoritma di Facebook memungkinkan penyebaran postingan ideologi supremasi kulit putih dan pidato kebencian beredar luas di platform.

Meski Facebook sudah berusaha mengatasinya, namun isu sensitif di atas berdampak pula dengan keamanan sang CEO.

Facebook membayar uang yang cukup tinggi untuk biaya keamanan pribadi keluarga Mark Zuckerberg serta paket biaya perjalanan dengan menggunakan pesawat pribadi.

Pada Maret 2019, Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai orang terkaya keempat di dunia versi Bloomberg Billionaire Index dengan harta kekayaan 62,3 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 881 triliun.

Berita Terkait