Cuma Lulusan SMA, Pria Ini Bisa Jadi Presiden Facebook

Sekarang jadi dewan direksi Spotify dan harta kekayaannya melimpah.

Agung Pratnyawan
Senin, 26 November 2018 | 14:00 WIB
Sean Parker. (Facebook/D.A. Wallach)

Sean Parker. (Facebook/D.A. Wallach)

Hitekno.com - Nama Sean Parker mungkin tak seterkenal Mark Zuckerberg, namun siapa sangka dia adalah presiden pertama Facebook. Tak disangka lagi, ia cuma lulusan SMA saja.

Siapa sangka lulusan SMA bisa sukses jadi petinggi salah satu media sosial terbesar. Apalagi ia menjadi presiden Facebook di usia yang masih muda, 24 tahun.

Dilahirkan pada 3 Desember 1979 di Herndon, Virginia, Amerika Serikat (AS), Sean Parker juga berasal dari keluarga yang sederhana.

Baca Juga: Selama April-September 2018, Facebook Hapus 1,5 Miliar Akun Palsu

Ayahnya, Bruce Parker adalah seorang PNS. Sedangkan ibunya berkecimpung di bisnis periklanan. Namun sejak kecil ia telah dikenalkan pada komputer.

Sejak usia 7 tahun, sang ayah telah mengajarkan pemprograman di komputer Atari 800. Dan di usia 16 tahun, ia telah menjadi hacker.

Sean Parker bersama Snoop Dogg dan Mark Zuckerberg. (Twitter/@sparker)
Sean Parker bersama Snoop Dogg dan Mark Zuckerberg. (Twitter/@sparker)

Lulusan SMA ini bukanlah sembarangan hacker. Di usia muda, ia telah membobol sejumlah jaringan perusahaan-perusahaan raksasa hingga jadi buron FBI.

Baca Juga: Konflik, Mark Zuckerberg Minta Petinggi Facebook Pakai Android

Aksi hacking Sean Parker pun berhenti setelah komputer miliknya disita sang ayah. Ia juga sempat ditangkap FBI namun dilepaskan karena dianggap masih di bawah umur.

Di usia 19 tahun, ia bersama Shawn Fanning mendirikan situs sharing musik yang dinamakan Napster. Setelah sukses meraup jutaan pengguna, Napster akhirnya diakuisisi Roxio.

Walau dianggap sebagai pelopor layanan sharing file peer to peer, namun Napster kesulitan dalam hal pelanggaran hak cipta.

Baca Juga: Jutaan Akun Facebook Diretas, 81 Ribu Pesan Pengguna Dijual

Sean Parker juga sempat jadi penasehat Friendster, bahkan punya saham di sana. Namun perjumpaannya dengan Facebook membuatnya langsung terkesima.

Kondisi Sean Parker saat ini. (Twitter/@sparker)
Kondisi Sean Parker saat ini. (Twitter/@sparker)

Di 2004, Sean Parker menemukan Facebook di komputer teman pacarnya. Ia pun langsung menemui Mark Zuckerberg dan Eduardo Saverin yang menggarap Facebook ini.

Sean Parker melihat potensi yang sangat besar dari Facebook ini. Dua pendiri Facebook tersebut pun setuju Sean Parker sebagai presiden pertama dari Facebook.

Baca Juga: Donald Trump Klaim Cina Retas Pemilu AS, Ini Klarifikasi Facebook

Sosok Sean Parker punya peran penting dalam pengembangan Facebook. Ialah yang mendorong pengembangan fungsi berbagi foto dan tampilan bersih.

Mark Zuckerberg juga mengakui kalau Sean Parker adalah sosok penting dalam transformasi Facebook dari proyek kampus menjadi perusahaan media sosial.

Namun jabatan presiden Facebook yang dipangkunya cuma sebentar. Pada 2005, Sean Parker ditahan polisi karena ditemukan kokain di rumah yang disewanya.

Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, Sean Parker, dan Mark Zuckerberg. (Facebook)
Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, Sean Parker, dan Mark Zuckerberg. (Facebook)

Meski sempat ditahan pihak kepolisian, namun pria ini dibebaskan. Walau bebas, peristiwa ini membuat investor kecewa dan posisi Sean Parker lengeser.

Walaupun para investor mencopot Sean Parker, namun hubungan dengan Mark Zuckerberg masih tetap jalan. Dan tetap membantu Facebook dari belakang.

Cuma Lulusan SMA

Walau dikenal jenius dan punya insting bisnis bagus, Sean Parker cuma lulusan SMA. Ia tak pernah mengenyang pendidikan di perguruan tinggi.

Ia terlalu sibuk dalam pengembangan Napster. Bahkan ia memilih pindah ke San Francisco untuk menghindari orang tuanya yang meminta kuliah.

Karena memang saking janiusnya, lulusan SMA ini mampu meraup harta hingga 2,6 miliar dolar AS atau sebesar Rp 37 triliun.

Snoop Dogg, Alexandra Parker, dan Sean Parker. (Facebook/Alexandra Parker)
Snoop Dogg, Alexandra Parker, dan Sean Parker. (Facebook/Alexandra Parker)

Selepas dari Facebook dan menikah, Sean Parker mulai dengan banyak kesibukan lain. Dari anggota dewan direksi Spotify hingga jadi managing partner di venture capital Founders Fund.

Meski banyak kontroversi di baliknya, sosok Sean Parker yang cuma lulusan SMA ini bisa dianggap sukses di usia mudanya.

Berita Terkait
TERKINI

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB
Tampilkan lebih banyak