Internet

Waspada, Modus Penipuan Minta Foto Telanjang untuk Penelitian Kedokteran

Belajar banyak dengan kasus-kasus ini ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi penipuan. (pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi penipuan. (pixabay/mohamed_hassan)

Hitekno.com - Sebuah thread dari netizen dengan akun @paramitadana belum lama ini menjadi viral di Twitter. Dalam thread panjangnya tersebut, dirinya berbagi pengalaman saat ia hampir saja terkena modus penipuan yang memintanya mengirimkan foto telanjang untuk sebuah penelitian kedokteran.

''Hampir pap naked untuk penelitian 'mahasiswi kedokteran' —A thread—'' tulisnya mengawali thread panjangnya ini.

Kisahnya bermula saat dirinya mendapat chat dari temannya yang bernama Levina. Singkat cerita, Levina meminta agar netizen dengan nama Dana Paramita ini mau menjadi sampling dari risetnya.

Levina yang merupakan mahasiswi kedokteran ini sedang membuat riset mengenai perbandingan analisis gizi dan warna kulit wanita yang sudah dan belum melahirkan.

''Jadi aku lagi angkat riset perbandingan analisis gizi dan warna kulit wanita yang sudah dan belum melahirkan. Samplingnya kurang beb, kamu bisa bantu jadi sampling yang aku analisis. Hahaha'' tulis sosok yang mengaku Levina ini.

Modus penipuan penelitian kedokteran. (twitter/paramitadana)
Modus penipuan penelitian kedokteran. (twitter/paramitadana)

 

Sempat kaget dengan permintaan temannya ini, Dana Paramita masih terus menyampaikan guyonan, walaupun dirinya pada akhirnya setuju untuk membantu Levina ini.

Makin terkejut, rupanya temannya ini meminta agar dirinya mengirimkan foto full body dengan hanya mengenakan pakaian dalam. Ia beralasan untuk kepentingan analisis, dan berjanji untuk segera menghapusnya usai selesai melakukan penelitian.

''Foto depan cermin atau pakai timer juga gpp. Hahaha kalo ada bajunya gimana analisisnya beb. Cuma aku yang liat, langsung hapus juga.'' tulis Levina ini melanjutkan.

Modus penipuan penelitian kedokteran. (twitter/paramitadana)
Modus penipuan penelitian kedokteran. (twitter/paramitadana)

 

Tidak menaruh curiga apapun, Dana Paramita ini lalu setuju untuk mengirimkan foto telanjangnya pada sosok yang ia yakini sebagai Levina temannya ini.

Setelah mendapat konfirmasi waktu agar dirinya bisa mengirimkan foto tersebut, netizen ini tiba-tiba mendapat telepon dari salah satu temannya yang berprofesi sebagai dokter.

Mendapatkan kesempatan berbincang, ia lalu bercerita mengenai apa yang baru saja ia alami. Benar saja, temannya langsung melarang dirinya untuk mengirimkan foto.

Menurutnya, hal tersebut hanya merupakan modus orang-orang tidak bertanggung jawab untuk mendapat foto wanita telanjang.

Modus penipuan penelitian kedokteran. (twitter/paramitadana)
Modus penipuan penelitian kedokteran. (twitter/paramitadana)

 

''God is good, di saat itu juga temenku yg dokter ngelarang aku buat kirimin foto karna kata dia banyak case kayak gini dan ternyata itu cuman modus orang nggak bertanggungjawab buat dapetin foto cewe2 naked'' tulis @paramitadana.

Usai tersambung dengan rekannya itu, ia lalu menghubungi Levina yang ia kenal melalui WhatsApp dan sambungan telepon.

Sosok Levina yang asli ini lalu mengaku jika orang yang menghubungi Dana Paramita tersebut adalah ulah penipu yang sudah beberapa kali menghubungi teman-teman Levina yang asli.

Modus penipuan. (twitter/paramitadana)
Modus penipuan. (twitter/paramitadana)

 

Setelah menelusuri, Dana Paramita menemukan bahwa akun Levina di aplikasi Line miliknya ada dua. Salah satu di antaranya digunakan pihak tidak bertanggung jawab tersebut.

Tidak tingggal diam, ia lalu melanjutkan drama penipuan ini. Sempat mengaku akan mengirimkan foto, Dana Paramita malah mengirimkan foto absurd pada si penipu.

Entah kesal atau apa, oknum tidak bertanggung jawab ini lalu meninggalkan percakapan tersebut.

Modus penipuan. (twitter/paramitadana)
Modus penipuan. (twitter/paramitadana)

 

Di akhir thread panjangnya, Dana Paramita dengan akun @paramitadana ini memberikan beberapa hal yang bisa dipahami sebelum tertipu dengan modus penipuan semacam ini.

Menurutnya, pelaku biasanya akan menggunakan akun Line dengan status ''dokter/doctor''. Selanjutnya, foto profil pelaku sering kali pecah dan blur karena mengambil dari sosial media.

Berikutnya, pelaku biasanya menggunakan judul riset yang sama. Dan yang terakhir, pelaku sering meminta foto dengan cepat dan sedikit memaksa.

''So girls, jangan pernah mau kalo diminta foto (hampir) naked sama siapapun dengan alesan apapun. Termasuk sama temen sendiri untuk urusan penelitian dan semacamnya, karena penelitian kedokteran tidak semudah melihat hanya lewat foto hp'' tulis @paramitadana menutup.

Perlu sekali untuk belajar dari berbagai kasus dengan modus penipuan seperti ini ya. Jangan sampai kamu atau orang terdekatmu menjadi korban dari tindakan tidak bertanggung jawab ini.

Sejak dibuat pada Sabtu (05/01/2019), thread panjang mengenai modus penipuan yang minta foto telanjang untuk penelitian kedokteran ini sudah mendapat 16.274 retweets dan 182 balasan.

Berita Terkait