Internet

Waspada! Penipuan Modus Baru Via WhatsApp

Jangan berikan ini ke penipu.

Dinar Surya Oktarini

Penipuan lewat WhatsApp. (Instagram/igtainment)
Penipuan lewat WhatsApp. (Instagram/igtainment)

Hitekno.com - Penipuan melalui sms seperti mama minta pulsa beralasan kerabatnya berada di kantor polisi sudah mereda. Namun baru-baru ini salah satu netizen mengunggah percakapan dirinya dengan salah seorang penipu yang berhasil menjebol WhatsApp milik ayahnya.

Modus baru berpura-pura menjadi seseorang pemilik akun WhatsApp, penipu ini meminta ditransfer uang oleh anaknya.

Awalnya tak ada yang mencurigakan dari percakapan antara ayah dan anak ini. Ayahnya menanyakan keberadaanya di chat WhatsApp.

''Lagi dimana'' dengan biasa saja anaknya juga memberikan lokasinya saat ini, bahwa dirinya sedang di rumah temannya.

Namun tak berselang lama tanpa basa-basi lagi, penipu tersebut langsung menyebutkan bahwa dirinya membutuhkan uang dan minta ditransfer saat itu juga.

Penipuan lewat WhatsApp. (Instagram/igtainment)
Penipuan lewat WhatsApp. (Instagram/igtainment)

 

Merasa aneh dengan gaya pengetikan ayahnya, anaknya pun langsung mengerti bahwa yang sedang membalas chat dengan dirinya bukanlah ayahnya.

Tanpa perlu dikonfirmasi lagi, bahwa WhatsApp milik ayahnya telah terkena sadap atau hack oleh penipu.

Lantas anaknya ini membalas bahwa nomor ayahnya ini sudah dilengkapi dengan GPS dan mengancam penipu mengetahui lokasinya, bahkan anaknya ini mengancam akan melaporkan pelaku.

''Mau ku lapori kau yaa? Oh ini nomor saya pakein GPS loh saya bisa tau dimana kau berada!!Jangan macam-macam. '' tulisnya di chat WhatsApp.

Hal ini menjadi viral di Instagram, tak lupa juga ia mengingatkan semua orang untuk tak membagikan nomor verifikasi WhatsApp pada orang tak dikenal.

Penipuan lewat WhatsApp. (Instagram/igtainment)
Penipuan lewat WhatsApp. (Instagram/igtainment)

 

''Min tolong info ke orang2 ada modus penipuan baru, Bahwa jangan sembaran kasih nomor verifikasi WA ke orang tidak di kenal, Karna baru saja papa saya nomor WA nya di sadap penipu org tersebut *MEMINTA TRANSFER UANG KE SEMUA KONTAK WA PAPA SAYA DAN HAMPIR SAJA ADA YG MAU TRANSFER* karena papa saya kasih nomor verifikasi ke org tsb. Maklim min namanya udh tua pasti gak ngerti apa itu verifikasi yg muncul lewat sms makanya pas muncul langsung di kasih ke org yang minta (si penipu)'' tulis caption pada Instagram igtainment.

Untuk itu tetaplah berhati-hati dalam menggunakan akun chatting seperti WhatsApp yang bersifat digital dan tetap membuat kunci keamanan yang sesuai dengan prosedur agar tidak terkena penipuan dengan modus yang sama.

Berita Terkait