Internet

Facebook Bongkar Pesan Pribadi Kamu ke Spotify dan Netflix

Lagi-lagi Facebook bermasalah dengan data pribadi pengguna.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Facebook. (Pexels)
Ilustrasi Facebook. (Pexels)

Hitekno.com - Lagi-lagi Facebook kena masalah soal data pribadi penggunanya. Facebook menghadapi klaim baru bahwa mereka telah mengeksploitasi privasi pengguna.

Kali ini, mereka mengizinkan perusahaan teknologi lain mengakses pesan pribadi pemilik akun Facebook.

Menurut laporan dikutip Suara.com dari New York Times, media sosial itu memberi banyak akses kepada mitra bisnis ke data miliaran penggunanya.

Sementara Microsoft dan Yahoo dapat melihat daftar teman, yang lain seperti Spotify dan Netflix benar-benar harus melihat di dalam pesan pengguna.

Dokumen yang dibuat pada tahun 2017, wawancara dengan sekitar 50 mantan karyawan Facebook dan mitra perusahaannya.

Ilustrasi Facebook. (Pexels)
Ilustrasi Facebook. (Pexels)

 

Ini adalah kasus lain yang memberatkan dalam praktik berbagi data dari Facebook terbaru dalam aliran skandal privasi yang mengguncang perusahaan tahun ini.

Laporan itu juga mengatakan, Amazon bisa melihat nama pengguna dan informasi kontak melalui teman-teman mereka dan bahwa Yahoo bisa melihat posting teman-teman baru-baru ini di musim panas ini.

Meskipun banyak dari kesepakatan pembagian data ini berakhir beberapa tahun lalu, beberapa sistem yang digunakan masih tetap berjalan.

Sementara itu, perusahaan telah menanggapi klaim yang diajukan dalam bagian New York Times.

''Mitra Facebook tidak dapat mengabaikan pengaturan privasi orang-orang, dan itu salah untuk menyarankan bahwa mereka melakukannya,'' kata Steve Satterfield, direktur privasi dan kebijakan publik di Facebook.

Mark Zuckerberg. (Mashable)
Mark Zuckerberg. (Mashable)

 

Selama bertahun-tahun, dia menambahkan, Facebook telah bermitra dengan perusahaan lain sehingga orang dapat menggunakan Facebook di perangkat dan platform yang tidak didukung sendiri.

Tidak seperti permainan, streaming layanan musik, atau aplikasi pihak ketiga lainnya, yang menawarkan pengalaman independen dari Facebook, mitra ini hanya dapat menawarkan fitur Facebook khusus dan tidak dapat menggunakan informasi untuk tujuan independen.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Waduh! Facebook Buka Pesan Pribadi Anda ke Spotify dan Netflix.

Berita Terkait