Belajar EYD ke Ivan Lanin, Admin Netflix Dapat Akreditasi A

Siapa lagi yang mau dapat akreditasi A?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Rabu, 28 November 2018 | 17:30 WIB
Netflix. (unsplash/freestocks)

Netflix. (unsplash/freestocks)

Hitekno.com - Nama Ivan Lanin tentu sudah tidak asing untuk kamu pengguna sosial media, terutama Twitter. Pemilik akun dengan nama @ivanlanin ini dikenal sebagai aktivis yang getol menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Belum lama ini, admin Netflix Indonesia mendapat pembelajaran serius dari Ivan Lanin mengenai EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Kejadian ini bermulai dari aduan netizen pemilik akun @melimelibanana mengenai subtitle bahasa Indonesia yang ada di Netflix. Sambil menyampaikan protesnya ke Netflix, ia juga menandai Ivan Lanin dalam cuitannya tersebut.

''Pusing bener gue baca subtitle Indo di @NetflixID hadeeeeh minta diaduin ke Uda @ivanlanin banget. :))'' tulis @melimelibanana.

Baca Juga: Pencipta Kartun Spongebob Squarepants Tutup Usia

Menanggapi hal ini, Ivan Lanin lalu memberikan beberapa ujian pada admin Netflix Indonesia mengenai padanan bahasa Indonesia dari beberapa kata-kata yang sering muncul dalam teks film.

Netflix akreditasi A. (twitter/ivanlanin)
Netflix akreditasi A. (twitter/ivanlanin)

''Coba diuji sedikit. Apa padanan bahasa Indonesia dari kata-kata yang sering muncul dalam teks film ini: - subtitle, - lipsync, - trailer, - spoiler. - soundtrack.'' tulisnya sambil mention ke akun @NetflixID.

Ujian ini lalu dibalas oleh admin Netflix Indonesia yang sepertinya paham betul dengan ujian yang diberikan oleh Ivan Lanin.

Baca Juga: Coba Sepatu Running, Pria Ini Bikin Panik Karyawan Toko

''Wadadaaaaw, apaan, niiiihhhh tiba-tiba???? Paham aku mah: - subtitle = takarir - lipsync = suai bibir - trailer = cuplikan - spoiler = bocoran - soundtrack = lagu tema. Kan? Kan? Kan? Kan?'' tulis @NetflixID.

Puas dengan jawaban si admin yang sangat tepat, Ivan Lanin lalu memberikan ujian berikutnya. Kali ini mengenai penulisan nilai rupiah.

''Bagaimana menuliskan nilai rupiah dengan benar: 1234567 rupiah = ...'' tulisnya.

Baca Juga: Jadi Single Parent, Driver Ojol Ini Kerja Sambil Bawa Anaknya

Sangat percaya diri, ujian dari Ivan Lanin ini langsung dibalas oleh si admin Netflix Indonesia.

''Gampang ini!!!! Pasti Rp1.234.567,00 gapake embel-embel setrip.'' tulis @NetflixID.

Melanjutkan ujian pada admin Netflix Indonesia, Ivan Lanin kembali memberikan pertanyaan mengenai penempatan tanda titik koma pada takarir. Kali ini, Ivan meminta diberika contoh kalimat.

Baca Juga: Netizen Pecahkan Soal Matematika Super Sulit, Kamu Bisa Juga?

Netflix akreditasi A. (twitter/NetflixID)
Netflix akreditasi A. (twitter/NetflixID)

''Felix membeli ladang dan air; kepercayaan dan kegigihan; serta lukisan, pajangan meja, dan barang antik. (cc @NarcosNetflix #narcos) Gitu bukan, Uda?'' tulis @NetflixID membalas cuitan tersebut.

Merasa mendapat contoh yang bagus dari balasan @NetflixID, Ivan Lanin lalu memberikan ujian berikutnya.

Kali ini, ia meminta @NetflixID untuk menulis istilah asing pada takarir, jika belum ada terjemahan.

''Kalau di Netflix, sih, bisa miring, ya. Akan tetapi, kalau takarirnya tidak bisa huruf miring, bisa pakai tanda petik. Buat contoh aja: men-"download", menge-"tweet", dsb. Ya, gak, Udaaaa?'' tulis @NetflixID membalas dengan yakin.

Sudah puas memberikan beberapa ujian pada @NetflixID, Ivan Lanin lalu menutup dengan memberikan pesan untuk tidak melupakan kaidah bahasa walaupun masih menggunakan bahasa santai.

Memastikan akunnya lulus dari ujian yang diberikan Ivan Lanin, akun @NetflixID lalu memberikan pertanyaan mengenai lulus atau tidak dirinya.

''Jadi aku lulus, nih?? :")'' tulis @NetflixID.

Beberapa menit kemudian, akun Netflix Indonesia lalu mengganti bio pada akun Twitter-nya @NetflixID dengan info bahwa akun ini sudah menerima akreditasi A dari Ivan Lanin.

Netflix akreditasi A. (twitter/NetflixID)
Netflix akreditasi A. (twitter/NetflixID)

Setelah diunggah pada Senin (26/11/2018), cuitan pamer admin Netflix Indonesia ini langsung banjir dengan komentar netizen.

''Sombong adalah awal kehancuran.'' tulis @mdnhfd.

''HAHAHA gila nih Admin-nya udah lv. 85 kalau di Ragnarok alias bisa nga jadi Mentor wa???'' tulis netizen pemilik akun @angga_eighties.

''Sabar! Harap tenang! Dihimbau agar tetap berada di jalan EYD.'' komentar @fajrp_.

Kira-kira ada lagi admin akun Twitter lainnya yang mau mengikuti jejak admin Netflix Indonesia yang mendapat akreditasi A dari Ivan Lanin?

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak