Geger, Ini Tiga Momen YouTube Paling Fenomenal di 2018

Paling geger tentu adalah kabar tutup channel Reza Oktovian.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Senin, 24 Desember 2018 | 12:00 WIB
Reza Oktovian. (Youtube)

Reza Oktovian. (Youtube)

Hitekno.com - Selain momen viral di media sosial seperti Twitter, selama tahun 2018 tercatat setidaknya ada tiga momen YouTube yang paling fenomenal terjadi. Bersama tim HiTekno, kita throwback bersama ya.

Sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak, YouTube juga punya banyak momen fenomenal dan viral nih.

Bukan dari konten YouTube-nya, momen fenomenal ini justru datang dari deretan konten kreator yang bergabung di YouTube.

Baca Juga: Lebih Modern, Google Perbarui Perangkat Kamera Trekker Street View

Berikut tim HiTekno rangkum tiga momen YouTube paling fenomenal selama tahun 2018.

1. Reza Oktovian Tutup Channel

Reza Arap. (youtube/rezaoktovian)
Reza Arap. (youtube/rezaoktovian)

Youtuber Indonesia, Reza Oktovian alias Reza Arap mengambil keputusan untuk menutup channel YouTube miliknya pada Senin (10/09/2018). Hal ini ia ungkap melalui unggahan Instagram Story miliknya.

Baca Juga: Deretan Hoaks Paling Menghebohkan Selama 2018 Versi Kominfo

Reza Oktovian menyebut alasan di balik keputusannya. YouTuber yang mengais jutaan rupiah dari channel-nya tersebut merasa tujuh tahun adalah waktu yang cukup.

''Gue ngerasa kayak gue nggak butuh lagi ada di YouTube. Gue udah di YouTube dari tahun 2011 dan sekarang 2018, jadi tujuh tahun dan gue rasa itu cukup,'' ujar Reza Oktovian.

Lebih jauh, Reza Oktovian menjelaskan bahwa dirinya ingin fokus menjalani kehidupan di luar dunia maya. Terlebih, kini pria 27 tahun itu tengah menggeluti dunia musik dan bisnis dengan serius.

Baca Juga: Bak Superhero, Driver Ojol Ini Selamatkan Wanita Bunuh Diri

Tidak lama, pada Selasa (18/09/2018) Reza Oktovian kembali mengaktifkan channel dengan 2,3 juta subscribers ini. Sebuah video dengan judul ''Hello'' menjadi tanda kembalinya Reza Oktovian atau yang sering disapa Reza Arap ini dalam dunia YouTube. Video berdurasi 4 menit 47 detik ini, Reza Oktovian menyapa penggemarnya dengan sapaan khasnya.

Reza Arap lalu menjelaskan alasannya kembali ke channel yang secara resmi ia hapus pada beberapa hari yang lalu. Lebih lanjut Reza Arap membeberkan apa yang akan dia lakukan pada channel YouTube dengan 2,3 juta subscriber yang sudah ia bangun selama 7 tahun ini.

Reza Arap mengaku akan memberikan channel yang ia sebut sebagai 'Spaceship' ini untuk sebuah Yayasan Anak Kanker.

Baca Juga: Sutopo PN Ungkap Hewan Ini Bukan Penyebab Jalan Surabaya Ambles

Kini, Reza Arap kembali lagi ke YouTube dengan channel pribadinya bernama rapyourbae yang kini sudah berhasil mengumpulkan 440.842 subscribers.

2. Awkarin Jual Akun Instagram

Awkarin. (instagram/awkarin)
Awkarin. (instagram/awkarin)

Karin Novilda atau yang terkenal dengan nama Awkarin, pada Jumat (12/10/2018) mengumumkan akan menjual akun Instagram-nya melalui video Instagram Story miliknya.

Akun Instagram dengan 3,7 juta followers dan 4.597 unggahan ini sudah ditinggalkan oleh pemiliknya. Awkarin beralasan ingin menjalani kehidupan layaknya orang normal pada umumnya.

''Bye bye instagram'' tulisnya dalam kolom bio di akun tersebut.

Pengumuman Awkarin ini sukses membuat banyak orang terkejut tidak percaya. Pasalnya, selebgram satu ini cukup aktif di media sosial yang membuatnya terkenal tersebut.

Usai kabar mengejutkan dari dirinya ini diumumkan, kemunculan Awkarin sebagai relawan di Palu langsung mengejutkan netizen. Tanpa make up dan berbagai kemewahan selebgram, Awkarin terlihat membantu korban gempa Palu yang terjadi pada Oktober 2018 lalu.

Penghujung Oktober 2018, Awkarin muncul dengan video penjelasannya yang berjudul 'I Quit Instagram'. Dalam video tersebut, dirinya mengaku akan menjual akun Instagram-nya tersebut ke dirinya yang baru, yang tidak mementingkan jumlah likes dan enggagement.

Di akhir video, Awkarin juga mengajak semuanya untuk berbuat baik bersama dengan dirinya di proyek kemanusiaan yang dirinya kelola sekarang, termasuk kegiatannya beberapa waktu lalu yang ada di Palu.

Usai menyampaikan banyak hal melalui video tersebut, Awkarin kini kembali lagi dengan akun Instagram-nya.

3. Diss Track YouTuber di 2018

Atta Halilintar. (YouTube/Atta Halilintar)
Atta Halilintar. (YouTube/Atta Halilintar)

Tahun 2018 kali ini diramaikan dengan berbagai fenomena diss track di kalangan para YouTuber. Nama-nama besar seperti Atta Halilintar hingga Ericko Lim ramai-ramai membuat video diss track ini.

Diss track adalah sebuah lagu yang menyindir, mengkritik, mengopini suatu hal atau bahkan sosok. Di luar negeri, diss track biasanya merupakan pendapat si penyanyi yang berdasarkan pada suatu kejadian atau momen dengan sosok tertentu.

Sebut saja Atta Halilintar, pemilik 6 juta subscriber ini baru saja merilis diss track yang ia tujukan untuk para haters. Berkolaborasi dengan Eitaro dan DJ Leztey, Atta membuat diss track Work Hard Pray Hard. Merasa punya banyak haters, Atta lalu merilis diss track ini. Dalam video, Atta pamer rumah mewah lengkap dengan berbagai mobil super mewah.

Selanjutnya, ada Ericko Lim. Cek-cok antara Ericko Lim dan Reza Oktovian memang ramai diperbincangkan. Konflik ini dimulai saat Reza Oktovian atau yang disapa Reza Arap menuliskan komentarnya di video Ericko Lim. Dalam komentarnya, Reza Arap menganggap bahwa Ericko Lim tidak pantas untuk menangani YouTube Rewind tahun 2017 lalu.

Memanfaatkan momen saat Reza Arap menghapus channel YouTube-nya, Ericko Lim lalu merilis diss track yang menyindir habis sosok gamers yang booming di YouTube ini.

Itu tadi tiga momen YouTube paling fenomenal yang pernah terjadi sepanjang tahun 2018. Kamu paling heboh dengan momen yang mana nih?

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak