YouTube Rewind 2018 Jadi Video Dislike Terbanyak, Ini Penyebabnya

Tembus 11 juta dislike dalam beberapa hari saja, kenapa?

Agung Pratnyawan
Jum'at, 14 Desember 2018 | 09:45 WIB
YouTube Rewind 2018. (YouTube)

YouTube Rewind 2018. (YouTube)

Hitekno.com - YouTube Rewind 2018 yang dirilis 6 Desember 2018 dinobatkan sebagai video dengan dislike terbanyak di YouTube saat ini. Alias jadi video paling dibenci di YouTube.

Mengerikannya, jumlah dislike video YouTube Rewind 2018 ini tembus 11 juta. Dengan jumlah like hanya 2,1 juta saja.

Padahal video YouTube Rewind 2018 ini telah ditonton lebih dari 125 juta kali. Juga menempati trending video di YouTube selama berhari-hari.

Baca Juga: Nissa Sabyan Seleb Paling Dicari di Google 2018, Ini Daftarnya

Jumlah dislike di video ini telah melampaui video Justin Bieber yang berjudul Baby. Video musik yang dirilis pada 2010 ini sebelumnya menjadi yang terbanyak mendapatkan dislike.

Namun video musik Justin Bieber ini mendapatkan 9,8 dislike dan 11 juta like dalam waktu bertahun-tahun. Sedangkan YouTube Rewind 2018 melampauinya dalam beberapa hari saja.

Jumlah dislike YouTube Rewind 2018 tembus 11 juta. (YouTube)
Jumlah dislike YouTube Rewind 2018 tembus 11 juta. (YouTube)

Beberapa kreator pun menanggapi video YouTube Rewind 2018 ini. Seperti Marques Brownlee yang juga ada dalam video YouTube Rewind 2018 ini.

Baca Juga: Dari Logan Paul Hingga Dude Perfect, Ini 10 YouTuber Terkaya 2018

''Saya pikir masalah dengan YouTube Rewind, setidaknya menurut yang saya lihat, sebenarnya cukup sederhana'' kata Marques Brownlee.

''Youtuber, pembuat konten, penonton melihatnya sebagai satu hal, YouTube, yang bertanggung jawab membuatnya, melihatnya sebagai sesuatu yang berbeda'' lanjutnya.

Marques Brownlee juga menyoroti perubahan video YouTube Rewind dari tahun ke tahun. YouTube telah berkembang dan beribah seiring waktu.

Baca Juga: Baru 7 Tahun, YouTuber Cilik Ini Sukses Kantongi Rp 313 Miliar

Menurut Marques Brownlee, memasukkan banyak hal besar yang terjadi di sepanjang tahun ke sebuah video bukanlah hal mudah. Dan kemungkinan banyak terjadi adegan yang terpotong.

Marques Brownlee di YouTube Rewind 2018. (YouTube/Marques Brownlee)
Marques Brownlee di YouTube Rewind 2018. (YouTube/Marques Brownlee)

Philip DeFranco juga menyoroti banyaknya dislike yang didapatkan video YouTube Rewind 2018 ini. YouTube bisa saja tidak tahu apa yang dilakukan 'komunitas'-nya.

Tetapi bisa saja juga hal ini disengaja. ''Ini upaya YouTube untuk menjauhkan diri dari kontroversi apapun'' kata Philip DeFranco.

Baca Juga: Netizen Kecewa, YouTube Rewind 2018 Dapat Respon Negatif

Pria ini menyoroti YouTube sengaja tidak memasukkan beberapa kontroversial dan drama yang terjadi di platformnya selama 2018.

Seperti persaingan PewDiePie dan T-Series, KSI vs Logan Paul, dan masih banyak lainnya. Karena menurut Philip DeFranco, drama dan kontroversi ini tidak disukai pengiklan.

Seperti diketahui, YouTube Rewind adalah proyek besar YouTube setiap tahunnya. Proyek ini digunakan YouTube untuk mempromosikan platformnya kepada dunia, termasuk para pengiklan.

Youtuber Indonesia, Eno Bening, menyoroti kalau YouTube di 2018 berjanji lebih mendengarkan creator-nya. Namun menurut Eno Bening, YouTube hanya mendengarkan creator-creator yang mereka mau saja.

''Di 2018 YouTube ingin mendengarkan, nyatanya YouTube malah memperlihatkan jurang yang lebih besar antara kami para penonton, para creator, dengan para YouTube official'' kata Eno Bening di videonya.

Apa yang dibuat dalam YouTube Rewind 2018 ini tak mamu menggambarkan apa yang terjadi di 2018. Juga tak mampu memuaskan penonton maupun para creator YouTube lainnya.

Jika video YouTube Rewind 2018 ini dianggap gagal karena mendapatkan banyak dislike, apa yang akan dilakukan YouTube tahun depan?

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak