Ternyata Hoaks, Heboh Mayat Korban Tsunami Palu di Pesisir Pantai

Jangan cepat termakan hoaks ya guys.

Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia
Sabtu, 20 Oktober 2018 | 15:30 WIB
Hoaks mayat korban tsunami Palu. (twitter/Sutopo_PN)

Hoaks mayat korban tsunami Palu. (twitter/Sutopo_PN)

Hitekno.com - Belum lama ini beredar video hoaks mengenai sejumlah mayat korban tsunami Palu yang berada di pesisir pantai. Menanggapi hal ini, Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNBP mengkonfirmasi hal tersebut adalah hoaks.

''Jika anda menerima video ini dan menyebutkan ini video tsunami Palu. Itu adalah HOAX. Ini bukan tsunami di Palu tetapi kejadian di luar negeri. Kondisi laut, pantai, korban dan petugas menunjukkan bukan terjadi di Palu atau Indonesia. Abaikan jika anda menerimanya,'' tulis Sutopo dalam akun Twitter-nya @Sutopo_PN.

Baca Juga: - Sedang Live Instagram, Teman Selebgram Ini Kerasukan - Lagi, Netizen Bagikan Kisah Pelecehan yang Dilakukan Driver Ojol - Agnez Mo Ajak Generasi Milenial Pakai Media Sosial dengan Bijak - Lakukan Falling Stars Challenge, Wanita Ini Ditindak Polisi

Menurutnya video berasal dari luar negeri, karena kondisi laut, pantai, korban, hingga petugas yang sedang mengevakuasi korban jelas bukan berasal dari Indonesia.

Bersamaan dengan cuitannya, ia meminta agar masyarakat tidak percaya dan mengabaikan pesan hoaks seperti ini.

Dalam video berdurasi 45 detik ini terlihat beberapa mayat berada di pesisir pantai dengan kondisi mengenaskan. Mayat-mayat ini terlihat terseret ombak hingga akhirnya berada di pantai yang tidak diketahui lokasinya ini.

Beberapa petugas yang mengevakuasi korban juga terlihat berdatangan dengan menggunakan seragam berwarna orange.

Setelah dikonfirmasi oleh Sutopo Purwo Nugroho, banyak netizen yang lalu membongkar asal muasal video hoaks yang disebutkan adalah mayat korban tsunami yang terjadi di Palu.

Dilansir dari Mirror.co.uk (21/02/2017), video mayat tersebut adalah tubuh dari 74 imigran asal Afrika yang ditemukan di pantai utara Libya.

Diperkirakan mayat-mayat ini adalah korban dari perahu karet yang terkoyak. Hal ini terbukti dengan ditemukannya tidak jauh dari lokasi penemuan, sebuah perahu karet yang robek di dekat Kota Zawiya, di pantai Laut Tengah.

Hoax mayat korban tsunami Palu. (twitter/yusufgunawan)
Hoax mayat korban tsunami Palu. (twitter/yusufgunawan)

Mayat-mayat ini sudah ditangani oleh pemerintah lokal yang membawa jasad tersebut ke sebuah pemakaman untuk orang-orang yang tidak teridentifikasi di ibu kota Libya, Tripoli.

Beredarnya video yang langsung dikonfirmasi oleh Sutopo Purwo Nugroho sebagai hoaks ini membuat netizen beramai-ramai meninggalkan komentarnya.

''Rest In Peace. Jahat sekali manusia yang memakai video seperti ini untuk memuaskan hasrat akan mendapatkan klik dan sorotan dari banyak netizen #melawanhoax,'' tulis akun dengan username @sitorusdina.

''Salut buat Pak Sutopo, dlm keadaan sakit masih mampu menangkal hoax.....semoga Bpk selalu diberi kesehatan karena tugas Bpk mulia,'' komentar akun @stam_wong.

''Thanks pak sutopo.... di wa banyak yg kirim tu.....dan sehat selalu ya pak,'' cuit akun @ShKoyen.

Unggahan konfirmasi dari Sutopo Purwo Nugroho mengenai video hoaks mayat korban tsunami Palu yang berada di pesisir pantai ini sudah mendapat 6.586 retweets dan 179 balasan dari sesama pengguna Twitter.

Berita Terkait

TERKINI

Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Meski usaia kandungan sudah lima bulan, Nella Kharisma tetap nekat Pargoy.
internet | 11:45 WIB
Untuk pembelian Kids Combo, pelanggan malah akan mendapat buku alih-alih mainan.
internet | 19:55 WIB
Der Leyen menyatakan dalam sebuah video yang diterbitkan di Twitter bahwa lebih dari 100.000 perwira militer Ukraina telah terbunuh.
internet | 19:49 WIB
"Detik-detik terciptanya anak sultan," kata netizen.
internet | 17:55 WIB
Lukaku nampak kecewa dan menangis karena tak bisa mencetak gol.
internet | 16:26 WIB
Pintu anti mainstream ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 15:55 WIB
Meme Lukaku beredar viral di media sosial.
internet | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak