Tempuh Ribuan Kilometer Pakai Motor, Pria Ini Sumbangkan Gajinya

Merasa tak pantas terima gajinya, Ronny Buol pilih donasikan untuk korban bencana Palu.

Dinar Surya Oktarini
Rabu, 10 Oktober 2018 | 15:30 WIB
Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

Hitekno.com - Baru saja seorang fotografer Ronny Buol menempuh ribuan kilometer dan membagikan kisah pengalamannya terjun langsung di Palu untuk merekam dokumenter di daerah bencana.

Rony Buol yang mengaku bekerja untuk lembaga internasional ini menempuh perjalanan 1.100 km perjalanan darat mengendarai sepeda motor dari Manado ke Palu.

Baca Juga: - Makin Parah, Netizen Ceritakan Kisah Seram Saat Naik Taksi Online - Setelah Avril Lavigne, Ini 10 Artis Paling Berbahaya di Internet - Kisah Haru, Nenek Pengumpul Rongsokan Ikut Bantu Korban Palu - Bikin Haru, Bocah Ini Sumbangkan Celengan Ayam untuk Korban Palu - Ada Kaitan dengan Gempa, Ini Asal Muasal Nama Kota Palu

Selama bertugas di daerah bencana, dirinya mengaku dibayar sebesar 800 Dolar AS atau sekitar Rp 12 juta perharinya selama seminggu penuh.

Namun setelah melakukan pekerjaannya di Palu, Ronny Buol mengaku beberapa kali terharu dan menahan air mata agar tak keluar karena melihat kondisi langsung di sana.

Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)
Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

''Selama bertugas saya seringkali menahan emosi agar air mata tak keluar menyaksikan kondisi korban gempa, tsunami, likuifaksi di Palu, Donggala dan Sigi. Terlebih tiga hari terakhir saya harus menyelesaikan penugasan khusus merekam kondisi anak-anak di pengungsian untuk dokumentasi UNICEF.'' tulisnya di lama Facebook miliknya.

Seperti yang dilansir dari caption yang Ronny unggah, dirinya merasa tidak adil apabila mengambil semua upah untuk dirinya sementara relawan yang bertugas disana tidak dibayar dan bertugas tanpa pamrih.

Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)
Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

Karena hal tersebut, fotografer asal Manado ini menyumbangkan sebagian besar bayaran yang ia terima untuk didonasikan untuk mereka yang membutuhkan.

Malam sebelum dirinya kembali ke Manado, dirinya mampir di kantor AJI Palu untuk memberikan bantuan tersebut dan membaginya pada anak-anak yang berada di tenda-tenda darurat.

Dalam unggahannya di Facebook, Ronny Buol juga menyertakan foto dirinya mengenakan baju hitam menyerahkan bantuan di kantor sekretariat AJI Palu.

Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)
Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

Kisah haru tersebut mendapat banyak sekali respon dari netizen yang membaca cerita Ronny Buol selama di Palu melalui Facebooknya.

Akun Facebook Rizal Imanullah memberi komentar ''Salam hormat setinggi2nya utk saudaraku Ronny Buol, akan menjadi inspirasi untuk seluruh insan fotografi di Indonesia. God bless you always, brother.''

Jun Yasin Sangadji turut mengucapkan kebanggan untuk Ronny Buol ''Sukses dan salut buat om Ronny Buol, semoga tiba di Manado dengan selamat dan sehat....''

Ronal Simbar ''Sungguh mulia hatimu om Ronny Buol..Tuhan Senantiasa menjagamu dalam perjalanan kembali ke Manado.''

Hingga kini kisah mengharukan postingan fotografer Ronny Buol di Facebook telah disukai sebanyak 574 dan telah mendapatkan 136 komentar.

Berita Terkait

TERKINI

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
Tampilkan lebih banyak