Internet

Sedang Live Instagram, Teman Selebgram Ini Kerasukan

Menurutmu ini settingan atau benar terjadi?

Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia

Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)
Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)

Hitekno.com - Selebgram asal Malaysia, Nesa Idrus belum lama ini membuat heboh netizen di media sosial dengan video live Instagram miliknya. Pasalnya, dalam video tersebut, Nesa mengalami hal mistis hingga temannya kerasukan.

Sebagai seorang selebgram, live di Instagram seolah menjadi kewajiban agar lebih dekat dengan penggemar. Hal yang sama dilakukan oleh Nesa Idrus.

Bersama temannya yang sedang sibuk dengan laptopnya, Nesa menyapa penggemarnya di live Instagram. Setidaknya, ada 120 orang yang menonton live Instagram-nya saat kejadian mistis ini terjadi.

Pada penggalan video yang viral di media sosial, Nesa Idrus dan temannya sempat mendengar suara aneh yang terdengar menyeramkan. Ia bahkan sempat bertanya heran pada temannya tersebut.

Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)
Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)

''Apa tu do? Scary gilee..'' ungkapnya.

Mencoba untuk tidak peduli dengan suara seram tersebut, Nesa memilih menjawab beberapa pertanyaan dari pengikutnya di Instagram mengenai skin care yang ia gunakan.

Saat dirinya hendak mengisi daya smartphone-nya karena baterai yang sudah hampir habis, terlihat bayangan hitam lewat di belakangnya.

Bersamaan dengan bayangan hitam yang lewat, lampu ruangan seketika padam selama beberapa detik sebelum kemudian kembali menyala. Suasana semakin menyeramkan ketika pintu ruangan di belakangnya tiba-tiba menutup sendiri dengan kencang.

Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)
Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)

Sempat bingung, ia lalu menengok ke arah temannya yang berada tepat di belakangnya. Temannya yang sedang memainkan laptop tersebut terlihat menunduk dengan rambut panjangnya menutupi seluruh wajahnya.

Nesa Idrus lalu mencoba menyapanya, namun tatapan temannya ini berubah dingin dan pucat, dengan bola mata yang berubah warna menjadi putih dan terus menatap Nesa.

Sadar temannya kerasukan, ia lalu mencoba menghubungi seseorang. Suasana semakin mengerikan ketika temannya ini tiba-tiba berteriak histeris ke arahnya. Panik, ia lalu menghentikan live Instagram yang sedang ia lakukan.

Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)
Live Instagram Nesa Idrus. (youtube/Behita 7G)

Penggalan live Instagram milik Nesa Idrus ini lalu tersebar dan menjadi viral di media sosial. Banyak netizen yang meninggalkan komentarnya terkait kejadian ini.

''itu sebelum lampu mati sama bayangan keluar, temennya uda kayak nunduk" gt trs badannya hmm kayak kejut" gt/?'' tulis pemilik akun @owawgagalak.

''Ya Allah baca ini aja merinding dong :('' komentar @lizseptiana.

(Youtube/Behita 7G)

Nesa Idrus sendiri langsung mengklarifikasi kejadian tersebut dalam akun Twitter-nya sebelum kemudian menghapusnya.

''Siapa yang tanya pasal video ni, actually its really happened. Idk siapa yang record live but i sendiri tak berani nak tengok balik bcs after tht dia meracau teruk and i taktahu nak buat apa plus rumah takde org lol,'' tulisnya dalam akun Twitter @nesayangnya.

Nesa mengaku ia langsung panik, sedangkan temannya terus berteriak histeris, apalagi pada saat kejadian, keduanya hanya tinggal sendiri di rumah.

''Its happened after kawan i ni dengar lagu or mantera something like tht laa pastu tiber je like blackout awhile then pintu toilet tertutup sendiri pastu terus dia centu,'' tulisnnya melanjutkan.

Menurut Nesa, hal ini terjadi setelah temannya ini mendengar lagu atau mantra. Ia tiba-tiba hilang kesadaran dan secara bersamaan pintu toilet tertutup dengan sendirinya.

Tidak ingin kejadian ini terus berlanjut dan menjadi pembahasan banyak orang, Nesa lalu meminta agar tidak ada lagi permintaan agar dirinya menjelaskan kejadian tersebut lagi. Ia menambahkan bahwa kisah yang viral ini tidak membuatnya bangga.

Live Instagram Nesa Idrus. (twitter/nesayangnya)
Live Instagram Nesa Idrus. (twitter/nesayangnya)

Hingga artikel ini dibuat, tidak diketahui identitas dari pengunggah pertama video live Instagram milik Nesa Idrus ini sehingga menjadi viral di media sosial.

Mengenai benar atau tidaknya video live Instagram selebgram yang berujung temannya kerasukan ini tidak diketahui. Menurutmu ini settingan atau benar terjadi?

UPDATE! Netizen Buktikan Video Kerasukan Ini Settingan

Netizen pemilik akun Twitter @ustadchen mengunggah beberapa spekulasi dan bukti darinya mengenai video kerasukan yang ia klaim settingan ini.

''gue mau coba debunk dong video hantu yang tadi. Kalo salah ya maaf. Kalo gak mau percaya ya udah. JANGAN HUJAT AKU'' tulisnya.

Akun @ustadchen memperkenalkan diri sebagai anak perfilman yang suka dengan genre horor.

Ia lalu membeberkan beberapa fakta mengejutkannya. Yang pertama, netizen ini berpendapat bahwa Nesa Idrus dan temannya jago acting, karena keduanya adalah anak teater.

Netizen buktikan video kerasukan ini settingan. (twitter/ustadchen)
Netizen buktikan video kerasukan ini settingan. (twitter/ustadchen)

 

Fakta selanjutnya, ia percaya bahwa si selebgram dan temannya ini paham betul dengan stage directions dalam teater. Sehingga keduanya sama sekali tidak keluar dari frame layar smartphone saat kejadian tersebut terjadi.

Netizen buktikan video kerasukan ini settingan. (twitter/ustadchen)
Netizen buktikan video kerasukan ini settingan. (twitter/ustadchen)

 

Selanjutnya, mengenai lampu yang mati dan nyala sendirinya, ia buktikan bahwa ada orang ketiga di lokasi tersebut. Dan bayangan yang muncul, netizen ini mengklaim bahwa video live tersebut adalah hasil editing.

''Setelah dia benerin posisi hp (ceritanya ngecharge), ada bayangan lewat. Gue mikir itu apakah bayangan orang yang di dalem kamar mandi (yang tugasnya nyetekin lampu kamar mandi)? Gue zoom zoom tapi bayangannya lewat. Hm apakah itu? Lalu Ternyata videonya editan.'' tulisnya.

Menurutnya, video ini editan karena angka viewers pada sudut kanan atas sama sekali tidak meningkat, padahal di comment section-nya banyak berisi ''Joined chat''. Padahal, biasanya jumlah viewers akan meningkat seiring live Instagram berjalan.

Fakta lainnya, netizen ini percaya bahwa akun-akun yang mengirim komentar tersebut adalah akun palsu, karena username yang digunakan.

''Account yang di commentnya aja fake semua bahkan ada yang nurul spasi_ahmd. MANA ADA USERNAME BISA PAKE SPASIIIII MALEEEEN. INI SARENA AHMAD MASYAALLAH DARINYA BERHIJAB LANGSUNG JADI BULE PAKE BAJU TERBUKA masyaallaaahhh'' tulis @ustadchen.

Kesimpulan dari spekulasinya tersebut, netizen ini mengklaim bahwa video ini sudah diedit sebelumnya lalu ditambahkan frame dan text seakan sedang live. Dalam dunia perfilman, hal ini disebut sebagai Found Footage.

Penjelasan terakhir dari @ustadchen, frame pada live Instagram palsu milik Nesa Idrus ini terlihat sangat berbeda dengan jarak live Instagram yang asli.

Netizen buktikan video kerasukan ini settingan. (twitter/ustadchen)
Netizen buktikan video kerasukan ini settingan. (twitter/ustadchen)

 

Penjelasan netizen dengan akun @ustadchen ini langsung ramai dan menjadi viral di Twitter dengan 3.031 retweets dan 65 balasan dari sesama pengguna.

Berita Terkait