Internet

Jasa Jual ART Secara Online Ini Buat Heboh Netizen

Tindakan ini jelas melanggar aturan ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Jual ART di Caraousell. (discoversg/bussines insider)
Jual ART di Caraousell. (discoversg/bussines insider)

Hitekno.com - Jual beli barang secara online memang adalah hal biasa yang sudah sering terjadi. Namun, apa jadinya jika yang dijual adalah asisten rumah tangga atau yang disebut ART?

Baru-baru ini netizen dibuat heboh dengan salah satu aplikasi e-commerce Carousell yang berlokasi di Singapura. Pasalnya, dalam aplikasi tersebut akun @maid.recruitment menjadi penjual asisten rumah tangga secara online.

Akun jual beli online yang menjual jasa satu ini, memajang foto-foto calon ART lengkap dengan profilnya masing-masing, seperti nama dan umur. Yang mengejutkan, beberapa ART asal Indonesia juga dijual di akun ini.

Dilansir dari Business Insider (17/09/2018), kasus ini sudah ditangani oleh Kementerian Tenaga Kerja Singapura.

Hal ini dikonfirmasi oleh pihak bersangkutan dalam unggahannya di Facebook. Menurutnya, kasus ini sedang diselidiki dan pihak pemerintah berjanji untuk segera mencabut iklan jual beli ART secara online tersebut.

Jual ART di Caraousell. (Business Insider)
Jual ART di Caraousell. (Business Insider)

Pihak Carousell selaku aplikasi yang digunakan untuk jual beli ART ini mengaku bahwa hal ini sudah melanggar peraturan karena penawaran tersebut tidak diperbolehkan dalam situs mereka dan sudah tercantum dalam panduan pengguna.

Lebih lanjut, Carousell menjelaskan bahwa pihaknya memperbolehkan pengguna untuk menjual jasa. Namun, sangat tidak disarankan untuk mengunggah data pribadi dan wajah para pekerja tersebut.

Dalam profil para ART yang dijual secara online, terlihat label ''Terjual'' pada beberapa ART dari Indonesia.

Namun, pihak Carousell membantah tegas hal tersebut. Menurut mereka, tidak ada transaksi aktual yang terjadi dan terdeteksi. Jika transaksi tersebut terdeteksi, penjualan akan langsung dihilangkan dan dibatalkan.

Jual ART di Caraousell. (Goodyfeed)
Jual ART di Caraousell. (Goodyfeed)

Pihak Caraousell mengaku sudah mengambil tindakan tegas dengan melakukan suspend pada akun @maid.recruitment tersebut.

Sambil menunggu perkembangan kasus ini yang sudah ditangani oleh Kementerian Tenaga Kerja Singapura, pihak Caraousell yang merasa dirugikan juga bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menangani kasus ini.

Caraousell merupakan salah satu marketplace yang cukup populer di dunia, terlebih khusus di Asia. Dalam situs niaga ini, pengguna bisa menjual dan membeli berbagai barang bekas dengan kondisi bagus dan harga yang terjangkau.

Sangat disayangkan jika pihak Caraousell bisa kecolongan sehingga kasus jasa jual ART secara online ini bisa terjadi ya.

Berita Terkait