Internet

Nokia dan Tencent Kerjasama Mengembangkan 5G

Nokia dan Tencent akan memanfaatkan kecerdasan buatan dan manajemen otomatisasi yang dimungkinkan dari teknologi 5G.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Neowin
Sumber: Neowin

Hitekno.com - Meski Nokia tampaknya tertatih-tatih mengembalikan masa kejayaannya di industri smartphone, kini Nokia tidak main-main di industri telekomunikasinya. Teknologi 5G diprediksi akan menghubungkan banyak orang dan mendukung Internet of Things. Nokia mengembangkan 5G tidak sendirian.

Awal bulan Juli ini, Nokia menunjukkan keseriusannya dengan bekerjasama dengan perusahaan teknologi lainnya. Nokia dan Tencent sebagai salah satu penyedia layanan internet terkemuka di Cina telah menandatangani kerja sama terkait dengan pengembangan 5G.

Di bawah Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh perusahaan-perusahaan di Mobile World Congress Shanghai, Nokia dan Tencent akan membangun lingkungan pengujian 5G end-to-end di Shenzhen. Pada sebuah press release di website resmi Nokia, kerja sama dua perusahaan besar itu akan menguntungkan kedua belah pihak.

Sumber: Tech in Asia
Sumber: Tech in Asia

Nokia mengembangkan 5G dan mendpatkan keuntungan dari jaringan Tencent.
Dengan 1,04 miliar gabungan akun pengguna aktif bulanan dari WeChat dan QQ aplikasi pesan instan dari Tencent, Nokia dapat menyediakan teknologi 5G dan menghubungkan konektivitas serta peningkatan kecepatan internet pengguna.

Ke depan, Nokia dan Tencent akan memanfaatkan kecerdasan buatan dan manajemen otomatisasi yang dimungkinkan dari teknologi 5G. Ekosistem open-source juga akan dikembangkan sebagai langkah selanjutnya.

Perusahaan akan melakukan riset aplikasi 5G menggunakan teknologi seperti Edge Computing untuk menguntungkan sejumlah sektor yang menguntungkan seperti transportasi, keuangan, energi, manufaktur, dan hiburan.

Sumber: Recode
Sumber: Recode

Marc Rouanne Presiden Mobile Networks di Nokia mengatakan,"Kerja sama dengan Tencent ini merupakan langkah penting dalam menunjukkan jangkauan perusahaan di seluruh dunia tentang bagaimana mereka dapat memanfaatkan kemampuan end-to-end dari portofolio Future X 5G milik Nokia."

Zeng Yu, Wakil Presiden Tencent juga mengatakan bahwa mereka akan saling mendukung dalam menciptakan lebih banyak manfaat finansial dan sosial di bidang mereka masing-masing, untuk mengejar kesuksesan di era baru ekonomi digital.

Nokia mengembangkan 5G bersama Tencent untuk memperluas layanan mereka di industri internet mobile dan komputasi awan.

Berita Terkait