Geek

Overlord: Kenalan dengan Sosok Penguasa Terbaik dan Terburuk di New World

Ada banyak penguasa di New World, namun siapa saja terbaik dan terburuk? Tentunya Ainz masuk salah satunya.

Agung Pratnyawan

Karakter Overlord. (HiTekno.com)
Karakter Overlord. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Siapa penguasa terbaik dan terburuk di New World, dunia tempat setting anime Overlord berlangsung. Apakah Ainz atau Momonga atau adakah sosok lainnya? 

Overlord memiliki banyak penguasa dan yang paling menonjol dan jika diurutkan di antara mereka ada tiga kategori utama yakni baik, sedang, dan buruk.

Meskipun tidak serumit ikon budaya pop yang mendalam seperti Attack on Titan, fantasi isekai ini masih memiliki dunia maju dengan lanskap politik berlapis. 

Beberapa faksi bersaing untuk mendapatkan kekuasaan dalam satu atau lain bentuk dan yang lain hanya mencoba untuk bertahan hidup. 

Siapa saja karakter Overlord yang menjadi penguasa terbaik hingga terburuk? Berikut ini adalah urutan siapa penguasa terbaik dan terburuk New World di anime Overlord.

Yang Baik

Overlord - Ainz Ooal Gown atau Momonga. (fandom)
Overlord - Ainz Ooal Gown atau Momonga. (fandom)

Ainz Ooal Gown, raja penyihir, layak disebut sebagai penguasa terbaik di anime Overlord ini. Bahkan setelah terbawa ke New World, ia masih menukjukka kepemimpinan yang baik.

Hal tersebut tidak mengherankan mengingat dia adalah protagonis yang sangat kuat dan sebagian besar cerita berputar di sekitar faksinya, Great Tomb of Nazarick. 

Jadi apa yang membuat Ainz menjadi penguasa terbaik New World dibandingkan yang lain?

Ainz memiliki tiga hal yang membuatnya menjadi penguasa yang jauh lebih baik daripada yang lain yang terlihat di serial anime sejauh ini: pengikutnya yang kuat dan setia.

Kekuatan karakter Overlord ini yang luar biasa, dan kurangnya kemanusiaan yang terus-menerus berkurang. 

Tentu saja, masing-masing dari ini dapat dirinci dan dieksplorasi lebih jauh, tetapi cukuplah untuk mengatakan bahwa alasan di balik faktor-faktor ini yang begitu bermanfaat baginya sebagai seorang penguasa relatif mudah.

Pengikut Ainz cukup kuat sehingga mereka dapat menangani sebagian besar masalah tanpa keterlibatan langsungnya, tetapi mereka juga memberinya dukungan apa pun yang dia butuhkan dan sering memberinya ide. 

Tingkat kekuatan Ainz juga sangat tinggi yang memungkinkan dia menyelesaikan masalah apapun dengan menguasainya dan melakukan hampir semua yang dia inginkan tanpa konsekuensi serius. 

Berbicara tentang konsekuensi, Ainz mungkin bukan seorang tuan, tapi dia masih memiliki sikap apatis terhadap hampir semua orang di luar faksinya untuk membuat keputusan demi kepentingan terbaik para pengikutnya tanpa memperhatikan orang lain.

Penguasa terbaik tengahan

Overlord - Jircniv Rune Farlord El-Nix. (fandom)
Overlord - Jircniv Rune Farlord El-Nix. (fandom)

Jircniv Rune Farlord El-Nix adalah kaisar Kekaisaran Baharuth. Jircniv memiliki beberapa kualitas bagus yang menguntungkannya sebagai seorang penguasa, dan dia bahkan memiliki cerita asal yang mengancam.

Jircniv dikenal oleh banyak orang sebagai "Kaisar Berdarah". 

Ibunya berasal dari Lima Keluarga Besar kekaisaran, sekelompok bangsawan yang pernah memegang kekuasaan besar sebagai pemimpin inti kekaisaran.

Ironis, dia pernah dituduh membunuh kaisar sebelumnya. Untuk mengklaim takhta untuk dirinya sendiri, Jircniv harus membunuh semua anggota keluarganya karena alasan politik, tetapi pertumpahan darah tidak berakhir di sana.

Setelah naik takhta di masa pra-remajanya, dia memerintahkan banyak bangsawan yang menentangnya untuk dieksekusi, memperkuat gelarnya sebagai kaisar berdarah. 

Dia kemudian membuat kekaisaran semakin kuat selama bertahun-tahun dengan kecakapan politiknya. 

Ketika Ainz menggunakan kekuatan dan kecerdasan pikiran untuk menyelesaikan semua masalahnya, Jircniv tidak menggunakan apa pun kecuali energi otak yang besar.

Jircniv berhasil menghindari skala terbawah karena dia telah mampu membuat keputusan yang cukup sulit untuk naik ke tampuk kekuasaan dan kemudian memperkuat kerajaannya. 

Namun, tidak banyak yang mengalahkan kekuatan mentah dan armor plot, jadi dia tidak bisa mengalahkan Ainz sebagai penguasa.

Sayangnya, di sepanjang seri, ia gagal mengakali Ainz dan menyusut di hadapan kekuatan Ainz.

Yang Buruk

Overlord - Zanac Valleon Igana Ryle Vaiself. (fandom)
Overlord - Zanac Valleon Igana Ryle Vaiself. (fandom)

Pada skala paling bawah, Zanac Valleon Igana Ryle Vaiself, dikalahkan oleh bayang-bayang para penguasa di atasnya. 

Zanac adalah kasus yang menyedihkan, tetapi bukan karena kurangnya usaha. 

Diakui, Zanac memiliki salah satu karakter Overlord yang berpengaruh di bidang politik, terutama tanpa kekuatan magis Ainz atau keganasan utilitarian Jircniv. 

Zanac adalah pangeran kedua dari Kerajaan Re-Estize, sebuah kerajaan yang penuh dengan perjuangan internal antara bangsawan dan partai politik yang berbeda.

Setelah Kerajaan Sorcerer menyatakan perang terhadap Kerajaan Re-Estize kecuali satu syarat yang Raja Ramposa III terlalu mulia untuk diterima, Zanac mengambil tahta dari ayahnya dengan kudeta yang cukup damai. 

Dia kemudian menuju ke medan perang dengan tentaranya dan berbicara secara pribadi dengan Ainz sebelum diberitahu bahwa Ainz menolak untuk mengakhiri perangnya dengan kerajaan. 

Setelah tentara Zanac menerima berita itu, mereka memintanya untuk menyerah, yang dia tolak.

Mereka kemudian memenggal dan menawarkan kepalanya ke Ainz dalam upaya untuk menyelamatkan diri. 

Sedikit yang mereka tahu, ini menjadi bumerang cukup keras dan Ainz mengirim mereka ke salah satu pengikutnya untuk disiksa sampai mereka memohon kematian.

Zanac memiliki beberapa kualitas hebat yang akan membantunya sebagai seorang pemimpin, seperti kepercayaan dirinya untuk mencari bantuan dari orang lain bila diperlukan, niatnya untuk melakukan yang terbaik bagi kerajaan, dan kesediaannya untuk mengambil risiko. 

Kekurangannya adalah kurangnya pengalaman, kurangnya kekuatan secara umum, dan kurangnya karisma. 

Meskipun Zanac berbudi luhur dan mulia, dia tidak dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin, dan dia tidak mampu membangunkan orang lain untuk mengikuti di belakangnya.

Pada akhirnya, ini menyebabkan tentaranya sendiri mengkhianatinya karena takut.

Itulah siapa saja penguasa terburuk hingga penguasa terbaik New World di anime Overlord.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait