Geek

One Piece Haki vs Chakra Naruto, Mana yang Lebih Kuat?

One Piece Haki vs Chakra Naruto, sumber kekuatan hebat yang mematikan.

Agung Pratnyawan

One Piece vs Naruto. (HiTekno.com)
One Piece vs Naruto. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Dalam anime Shounen, pasti ada sumber kekuatan yang kerap dibanding-bandingkan. Apalagi jika itu berkaitan dengan judul anime besar. Seperti One Piece memiliki Haki, juga ada Chakra dalam Naruto.

Penggemar One Piece dan Naruto menjadi dua fandom yang kerap membandingkan apapun yang ada di dua anime tersebut.

Salah satu yang menarik adalah perbandingan yang melibatkan Haki di One Piece dan Chakra di Naruto. One Piece Haki vs Chakra Naruto mana yang lebih kuat?

Meskipun tidak ada konsep yang dapat dipertukarkan, itu tidak menghentikan komunitas anime untuk membandingkan keduanya dan mengadu domba satu sama lain.

Perdebatan ini cukup populer di forum media sosial, dan penggemar kedua waralaba telah melakukannya selama bertahun-tahun tanpa ada resolusi yang terlihat.

Jika kamu mau ikut dengan perdebatan sengit tersebut, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu informasi tentang Haki vs Chakra berikut ini:

Kemampuan Haki di One Piece

Pengguna Haoshoku Haki di One Piece. (Fandom)
Pengguna Haoshoku Haki di One Piece. (Fandom)

1. Dapat membantu pengguna di masa depan

Salah satu keuntungan terbesar yang bisa didapatkan oleh pengguna Haki tingkat tinggi dari konsep ini adalah melihat dan memprediksi masa depan. 

Seperti yang terlihat dalam kasus Katakuri selama pertemuannya dengan Luffy di Whole Cake Ark, Observasi atau Kenbunshoku Haki bukanlah lelucon.

Memang, penguasaan kekuatan tergantung dari orang ke orang di One Piece, banyak dari penggunaannya akan tergantung pada seberapa sensitif pengguna terhadap lingkungan. 

Dari melihat menembus tembok hingga memprediksi masa depan, Haki dapat memungkinkan satu sumber daya tempur tak terbatas untuk membalikkan keadaan melawan musuh yang paling kuat.

2. Langsung aktif tanpa persyaratan macam-macam

Hal penting lainnya tentang Haki adalah bahwa ia tidak memerlukan seseorang untuk berinvestasi dalam gerakan isyarat tangan yang panjang dan rumit untuk aktif. 

Haki aktif secara instan, dan semakin sering digunakan, semakin banyak kemampuan yang dimiliki.

Dari mengaktifkan Persenjataan Haki hingga menggunakan warna Raja Tertinggi, Haki diaktifkan berdasarkan kehendak pengguna, dan itu tidak bergantung pada apa pun seperti kolam Chakra yang luas, tanda tangan, atau bahkan waktu persiapan.

One Piece - Katakuri mengunakan Kenbunshoku Haki. (fandom)
One Piece - Katakuri mengunakan Kenbunshoku Haki. (fandom)

3. Haki adalah penyeimbang

Haki tidak hanya bekerja sangat baik dengan Buah Iblis, tetapi juga membantu mereka yang tidak memiliki kekuatan buah untuk menghadapi orang yang memilikinya.

Haki adalah faktor penyeimbang di alam semesta One Piece.

Saat pengguna Buah Iblis tipe Logia terbukti sebagai yang terkuat di dunia tanpa tandingan, pengenalan Haki segera mengubah itu.

Dengan Haki, karakter di One Piece dapat mendaratkan pukulan pada pengguna buah Logia, serta menaklukkan seluruh lautan tanpa harus bergantung pada Buah Iblis. 

Shanks dianggap sebagai salah satu bajak laut paling kuat di One Piece, dan dia tidak hanya kekurangan kekuatan Buah Iblis tetapi juga lengan.

Kemampuan Chakra di Naruto

Fandom - Nine-Tails Chakra Mode. (fandom)
Fandom - Nine-Tails Chakra Mode. (fandom)

1. Dapat beradaptasi

Jutsu yang membutuhkan Chakra dalam jumlah besar mungkin tidak secepat mengaktifkan Haki, namun, mereka serbaguna dalam penggunaannya. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Naruto Shinobi dengan memanipulasi sifat Chakra dan mencampur elemen-elemennya.

Pendekatan Jutsus sangat serbaguna di Narutoverse, dan berdasarkan penguasaan Chakra seseorang, seseorang dapat menghancurkan seluruh desa, langsung berteleportasi ke satu lokasi, atau bahkan menghidupkan kembali orang mati.

Oleh karena itu, dalam hal kemampuan beradaptasi, penguasaan Chakra dan Chakra jauh lebih kuat dan serbaguna daripada yang dibawakan oleh One Piece Haki.

2. Genjutsu itu sangat menakutkan

Genjutsu adalah teknik paling kuat di Naruto, dan yang paling kuat seperti Tsukuyomi Tak Terbatas atau bahkan Kotoamatsukami sangat menakutkan. 

Sangat tidak mungkin bahwa apa pun di alam semesta One Piece akan dapat melawannya.

Dengan Genjutsu, pengguna akan dapat mengontrol indra lawan. Karakter seperti Madara bahkan dapat mengubah karakter pada diri mereka sendiri.

Naruto - Itachi Uchiha mengeluarkan Genjutsu Tsukuyomi ke Kakashi Hatake. (fandom)
Naruto - Itachi Uchiha mengeluarkan Genjutsu Tsukuyomi ke Kakashi Hatake. (fandom)

3. Jutsu terkuat bisa menghancurkan satu benua

Haki terkuat mungkin hanya akan dapat menghancurkan seluruh pulau. Akan tetapi, Jutsu tertentu di Naruto yang dapat memanggil seluruh meteorit dan menghancurkan seluruh benua.

Bahkan Jutsu seperti Bom Binatang Berekor adalah ancaman tingkat nuklir, dan Jutsu secara signifikan lebih merusak daripada apa yang dibawa Haki ke meja.

Itulah perbandingan One Piece Haki vs Chakra Naruto yang menjadi sumber kekuatan para karakter dalam seriesnya.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait