Geek

10 Rekomendasi Anime untuk Penggemar Classroom of the Elite

Anime bertema sekolah bisa menjadi alternatif tontonan bagi kamu penggemar Classroom of the Elite.

Agung Pratnyawan

Classroom of the Elite. (Kadokawa)
Classroom of the Elite. (Kadokawa)

Hitekno.com - Jika kamu adalah penggemar anime Classroom of The Elite dan sedang mencari anime dengan cerita sejenis, kamu bisa cek rekomendasi yang telah dirangkum Hitekno.com dari Sportskeeda berikut ini. Sepuluh rekomendasi anime bagi penggemar Classroom of The Elite.

Dikisahkan Kiyotaka Ayanokoji adalah karakter yang lebih suka  menyendiri daripada berteman dengan sesama siswa Kelas-D.

Wajar saja, Kiyotaka adalah siswa yang sebenarnya sangat cerdas, kecerdasannya pun bisa dibilang di atas rata-rata.

Namun karena kesialan membuatnya harus terdampar di kelas D, di mana diisi oleh siswa bodoh dan berandalan yang ada di kota tersebut.

Ia membenci kawan-kawan sekelasnya, ia juga membenci dirinya karena melakukan hal konyol saat ujian.

Meski demikian, sikap Kiyotaka berubah setelah bertemu dengan Suzune Horikita dan Kikyo Kushida.

Ia mulai berambisi kembali untuk menjadikan kelas D menjadi kelas yang lebih dipandang dan dihargai.

Sulit memang menyadarkan kawan-kawannya agar terus belajar dan tidak lagi menjadi pecundang sekolah, namun dengan strategi, misinya mulai menemui titik terang.

Ada beberapa anime bertema sekolah dan persaingan antar siswanya yang menarik bagi kamu penggemar Classroom of The Elite.

Berikut ini adalah 10 rekomendasi anime yang punya tema dan alur cerita yang mirip-mirip dengan Classroom of The Elite:

1. Assassination Classroom

Koro-Sensei dari animen Assassination Classroom. (Fandom)
Koro-Sensei dari animen Assassination Classroom. (Fandom)

Dalam anime ini, siswa Kelas 3-E SMP Kunugigaoka dihadapkan pada tugas yang hampir mustahil. 

Bagaimana tidak, mereka ditugaskan untuk membunuh Koro yang juga guru mereka sendiri. Namun, misi ini jauh lebih sulit daripada yang diharapkan oleh siswa mana pun karena Koro memiliki daya tahan yang luar biasa.

Terlepas dari tugas mereka untuk membunuh makhluk yang tampaknya tidak dapat diatasi, Kelas 3-E memiliki waktu untuk menuntaskan miri.

Mereka belajar banyak tentang menjadi pembunuh dan dengan cepat menyadari bahwa Koro adalah guru terbaik yang pernah mereka miliki.

2. The Irregular at Magic High School

The Irregular at Magic High School. (IMDB)
The Irregular at Magic High School. (IMDB)

Di First High School, para siswa diajari sihir oleh para penyihir yang mengesankan. Ya, sekolah ini memang sekolah khusus penyihir.

Para siswa di setiap kelas dipisahkan menjadi Kursus Pertama atau Kursus Kedua, berdasarkan nilai ujian masuk mereka. 

Tatsuya Shiba ditempatkan di Kursus Kedua dan dianggap sama sekali tidak kompeten dalam sihir. 

Namun, ia memiliki pengetahuan teknis yang luar biasa dan kemampuan magis yang unik. Ini membuatnya menjadi outlier di antara teman-temannya di First High School dan semua orang di anime.

3. Chivalry of a Failed Knight

Chivalry of a Failed Knight. (IMDB)
Chivalry of a Failed Knight. (IMDB)

Di anime ini, kamu akan sering mendengar istilah Blazer. Blazer adalah orang-orang dengan kemampuan yang sangat unik karena mereka bisa memanipulasi jiwa mereka untuk menyulap senjata. 

Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka mempelajari kemampuan dan pelatihan ini di Akademi Hagun untuk akhirnya menjadi Ksatria Penyihir. 

Mirip dengan Classroom of the Elite, di sini juga ada seorang siswa yang berada di peringkat paling bawah yakni Ikky Kurogane.

Namun, pada hari pertamanya di sekolah, dia bertemu dengan Blazer Stella Vermillion peringkat-A dengan secara tidak sengaja.

Anime ini mengikuti Ikki saat dia berjuang melawan diskriminasi yang dia hadapi sebagai satu-satunya Blazer peringkat-F di Akademi Hagun.

4. Asterisk War

Asterisk War. (IMDB)
Asterisk War. (IMDB)

Dikisahkan, Invertia adalah bencana dan bencana tak terduga yang sangat mengubah dunia. 

Kekuatan berbagai negara menurun dan membuka jalan bagi pembentukan Integrated Empire Foundation.

Pada saat yang sama, Invertia juga melahirkan manusia tipe baru dengan kemampuan fisik super yang dikenal sebagai Genestella. 

Orang-orang istimewa ini menggunakan hadiah mereka untuk bertarung dalam pertempuran hiburan yang dikenal sebagai Festas.

Serial ini mengikuti Ayato Amagiri saat ia pindah ke Akademi Seidoukan dengan harapan mendapatkan pelatihan yang lebih baik. 

Dia secara tidak sengaja melihat Julis Riessfield, seorang siswa yang sangat populer, telanjang, dan dia menantangnya untuk berduel. 

Setelah pertarungan dibubarkan oleh ketua OSIS, Ayato mengungkapkan bahwa dia ada di sana hanya untuk mencari tahu kebenaran tentang saudara perempuannya yang hilang.

5. Kakegurui

Kakegurui. (IMDB)
Kakegurui. (IMDB)

Akademi Swasta Hyakkou bertujuan untuk mempersiapkan siswa mereka untuk hidup di dunia nyata.

Namun, karena setiap siswa yang hadir memiliki orang tua kaya dan keluarga kaya, sekolah tersebut memiliki tradisi yang membuatnya berbeda dari setiap akademi lainnya. 

Pada siang hari, gedung sekolah digunakan sebagai sekolah biasa di mana siswa pergi ke kelas dan belajar, tetapi pada malam hari, itu menjadi limbah perjudian dan kecurangan.

Salah satu karakter utama, Yumeko Jabami , pindah ke Akademi Swasta Hyakkou. 

Di permukaan, dia tampak manis dan naif, selalu gagal memahami setiap kali seseorang menghinanya.

Namun, begitu dia mulai berjudi, sensasinya mengambil alih dan dia menjadi gila. 

Dia akan melakukan apa saja untuk merasakan adrenalin yang datang dari perjudian, terlepas dari apakah dia menang atau kalah.

6. Hyouka

Hyouka. (IMDB)
Hyouka. (IMDB)

Houtarou Oreki adalah siswa baru di sekolah menengah dan ingin menjalani kehidupan yang membosankan untuk menghemat energi sebanyak mungkin. 

Namun, saudara perempuannya memutuskan untuk menghancurkan mimpinya dengan memaksanya untuk menghidupkan kembali Klub Klasik. 

Beruntung baginya, sesama mahasiswa baru Chitanda Eru telah mendaftar untuk bergabung dengan klub tersebut sehingga membuat pekerjaannya lebih mudah.

Meskipun dia berpikir memiliki Chitanda sebagai anggota akan membuat segalanya mudah baginya, dia sepenuhnya salah. 

Oreki dengan cepat menemukan dirinya terbungkus dalam rasa ingin tahu Chitanda saat dia mencoba memecahkan misteri sehari-hari dan bersenang-senang pada saat yang sama

7. Misfit of Demon King Academy

The Misfit of Demon King Academy. (Fandom)
The Misfit of Demon King Academy. (Fandom)

Setan dan manusia berperang satu sama lain 2.000 tahun yang lalu. Hal ini mengakibatkan pertumpahan darah dan kekacauan yang luar biasa, membuat Raja Iblis Anos Voldigoad mengorbankan hidupnya untuk masa depan yang damai. 

Akademi Raja Iblis kemudian dibuat sebagai persiapan untuk kembalinya Anos.

Namun, ketika dia kembali 2.000 tahun kemudian, Anos mengetahui bahwa Raja Iblis yang diikuti semua orang adalah palsu.

Anos menyamar menjadi siswa di Akademi Raja Iblis, menyelidiki penipuan yang telah menggantikannya, dan menempatkan bangsawan arogan di tempat mereka.

8. The Fruit of Grisaia

Game visual novel The Fruit of Grisaia. (Steam)
Game visual novel The Fruit of Grisaia. (Steam)

Murid pindahan Yuuji Kazami adalah protagonis utama dari anime Fruit of Grisaia. 

Dia baru-baru ini diterima di Akademi Mihama, dia menginginkan kehidupan yang damai.

Yuuji dengan cepat berkenalan dengan beberapa gadis yang menghadiri akademi dan belajar lebih banyak tentang satu sama lain saat seri berlangsung.

Setiap gadis dipandang sebagai buah yang mulai membusuk setelah jatuh dari pohonnya. 

Adalah tugas Yuuji untuk menyelamatkan gadis-gadis ini dari masalah mereka sambil menyelamatkan dirinya sendiri pada saat yang sama. 

Anime ini adalah harem tidak seperti Classroom of the Elite, tetapi kedua anime ini sama-sama menampilkan tema yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut di luar pandangan sekilas.

9. Absolute Duo

Absolute Duo. (IMDB)
Absolute Duo. (IMDB)

Mirip dengan anime Chivalry of a Failed Knight, Absolute Duo menampilkan individu yang dikenal sebagai Blazers.

Mereka mampu mewujudkan senjata khusus dari jiwa mereka dan menggunakannya dalam pertempuran. 

Karakter utama anime ini adalah Tooru Kokonoe. Ia bergabung ke akademi ini untuk mendapatkan pelatihan dan kekuatan untuk mengejar pria misterius yang membunuh saudara perempuan dan teman-temannya. 

Disaat semua orang di akademi memiliki Blazes yang bermanifestasi sebagai senjata, dia justru bermanifestasi sebagai perisai. 

Hal ini menyebabkan dia menjadi pusat perhatian di akademi dan diincar oleh organisasi gelap yang tertarik dengan Blaze miliknya.

10. Trinity Seven

Trinity Seven. (IMDB)
Trinity Seven. (IMDB)

Anime ini dimulai dengan sebuah fenomena yang bernama Breakdown. Itu menghancurkan kampung halaman Arata Kasuga dan menyebabkan hilangnya semua orang yang menghuni kota.

Namun, dengan menggunakan grimoire yang diberikan teman masa kecilnya, Arata membuat rekonstruksi buatan dari kota kelahirannya.

Sayangnya, suatu hari kedamaiannya kembali runtuh ketika Lilith Asami datang mencari grimoire.

Dia menemukan Arata dan memberinya dua pilihan. Dia memberinya grimoire atau dia mengambilnya darinya saat membunuhnya.

Dengan cepat, Arata memikirkan pilihan lain, mendaftar di Royal Biblia Academy. 

Dia bersekolah di sekolah yang dipenuhi gadis-gadis cantik dalam upaya untuk belajar lebih banyak tentang sihir dan tentang Fenomena Kerusakan.

Itulah 10 rekomendasi anime buat kamu yang menyukai Classroom of the Elite. Deretan anime bertema sekolah dan persaingan antar siswanya.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait