Geek

Mengapa Hiruzen Sarutobi Tidak Menjadikan Fugaku Uchiha Sebagai Hokage

Fugaku Uchiha adalah ayah Sasuke dan calon kuat menjadi Hokage saat itu.

Agung Pratnyawan

Hiruzen Sarutobi, Fugaku Uchiha dan Minato Namikaze. (HiTekno.com)
Hiruzen Sarutobi, Fugaku Uchiha dan Minato Namikaze. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Berikut ini adalah informasi yang dirangkum Hitekno.com dari Sportskeeda tentang alasan Hiruzen Sarutobi tidak menjadikan Fugaku Uchiha sebagai Hokage selanjutnya dalam dunia Naruto.

Seperti diketahui, di Naruto telah ada ratusan shinobi dengan prestasi yang luar bisa, dan mereka diberi peringkat berdasarkan keterampilan dan kecerdasan yang mereka miliki.

Individu yang duduk di puncak hierarki adalah Kage, yang mengawasi aspek-aspek penting desa dan mengambil langkah-langkah yang bertanggung jawab untuk kesejahteraannya.

Di Konoha, pemimpin desa disebut Hokage dan satu-satunya orang yang dapat menunjuk seseorang untuk posisi itu adalah Daimyo, para tetua desa atau mantan Hokage.

Hiruzen Sarutobi adalah Hokage ketiga di desa. Hiruzen pensiun karena usianya yang sudah tua, tetapi dia ingin meninggalkan desa dengan aman. 

Pada saat itu, Fugaku dianggap sebagai kandidat terbaik untuk posisi Hokage, tetapi Hiruzen memilih Minato Namikaze sebagai penggantinya.

Mengapa Hiruzen memilih Minato ketimbang Fugaku?

Fugaku Uchiha. (fandom)
Fugaku Uchiha. (fandom)

Saat itu, seluruh Konoha menyadari ketegangan yang terjadi antara rakyat dan klan Uchiha di Naruto.

Setelah tersiar kabar tentang pensiunnya Hokage Ketiga, ada desas-desus yang beredar bahwa Fugaku Uchiha mungkin terpilih sebagai penerusnya.

Dalam masa hidupnya, Fugaku menjabat sebagai pemimpin klan Uchiha dan merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan.

Jika dilihat dari kemampuan, dia sangat cocok untuk posisi Hokage Keempat. Namun, Hiruzen memilih Minato Namikaze sebagai penggantinya.

Hal tersebut karena Hiruzen terkesan dengan penampilan Minato dalam Perang Ninja Besar Ketiga.

Satu-satunya orang yang menginginkan Fugaku menjadi Hokage berikutnya adalah klan Uchiha, sedangkan seluruh Konoha diam-diam tidak setuju.

Selain itu, Orochimaru-lah yang disebut-sebut sebagai penerus Hiruzen, seperti yang diimpikan oleh Hiruzen pada hari ketika mantan muridnya akan mengambil posisi sebagai Hokage. 

Orochimaru dari anime Naruto. (Fandom)
Orochimaru dari anime Naruto. (Fandom)

Orochimaru memiliki semua kualifikasi utama yang diperlukan untuk berhasil, tetapi dia tidak memiliki Will of Fire.

Dia selanjutnya pergi ke Jiraiya, memintanya untuk mengambil posisi itu, tetapi dengan cepat ditolak karena Jiraiya menolak untuk menduduki tanggung jawab yang begitu besar.

Hiruzen akhirnya terpaksa menjadikan murid Jiraiya yang paling disayangi, Minato Namikaze, sebagai Hokage Keempat Konoha.

Hiruzen mempertahankan disposisi yang mengkhawatirkan terhadap Fugaku Uchiha, karena Hiruzen menyadari niat klan terhadap desa, bahkan sebelum dia diangkat menjadi Hokage Ketiga di Naruto.

Selain itu, Hiruzen bahkan tidak berunding dengan para Uchiha, karena dia menganggap penerimaan yang tidak bersahabat.

Jika Hiruzen tidak menunjuk Minato Namikaze sebagai penggantinya, Konoha akan dilanda perang saudara antara para Uchiha dan yang lainnya.

Inilah sebabnya mengapa setelah kematian Hokage Keempat, Hiruzen merebut kembali posisinya, bahkan ketika Fugaku adalah kandidat terbaik.

Fugaku Uchiha. (fandom)
Fugaku Uchiha. (fandom)

Setelah mengamuknya Rubah Ekor Sembilan, Konoha menuduh klan Uchiha merencanakan sebuah langkah kudeta terhadap desa.

Namun, ini adalah kesalahpahaman karena mereka ditempatkan untuk melindungi penduduk desa atas perintah Danzo Shimura. 

Meskipun Fugaku adalah orang yang rendah hati yang merindukan perdamaian antara klannya dan desa, dia marah dengan tuduhan itu.

Inilah sebabnya mengapa dia mencoba melakukan kudeta untuk mengambil kendali atas Konoha dan menempatkan putra sulungnya, Itachi, di Anbu untuk mencari informasi penting. 

Namun, Itachi adalah pembawa Will of Fire, itulah sebabnya dia mengkhianati seluruh klan Uchiha dan keluarganya untuk melindungi desa.

Itulah pembahasan kenapa Hiruzen Sarutobi lebih memilih Minato Namikaze sebagai Hokage keempat dibandingkan Fugaku Uchiha.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait