Geek

Teori One Piece: Buah Iblis Luffy Terkait dengan Sun Wukong

Seberapa mirip antara Luffy dan Sun Wukong?

Agung Pratnyawan

Sun Wukong dan Luffy. (HiTekno.com)
Sun Wukong dan Luffy. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Bicara soal teori yang berkembang di antara penggemar One Piece memang tak ada habis-habisnya. Akan tetapi perlu diakui jika semua teorinya menarik. Paling baru adalah teori One Piece yang menyinggung buah iblis Luffy.

Salah satu yang sedang mendapat perhatian adalah Buah Iblis Luffy yang diprediksi ada kaitannya dengan Sun Wukong dari Journey to The West.

Bagi mereka yang tidak tahu, Journey to the West adalah karya sastra klasik yang berasal dari Tiongkok pada abad ke-16. Ini dibagi menjadi beberapa cerita, tapi yang paling relevan melibatkan Sun Wukong.

Ahli teori One Piece percaya bahwa Sun Wukong sangat mempengaruhi Luffy. Bahkan kabarnya, Eiichiro Oda terinspirasi dari karya sastra ini ketika menciptakan beberapa karakter di One Piece.

Lalu apa kesamaannya?

One Piece - Monkey D Luffy. (fandom)
One Piece - Monkey D Luffy. (fandom)

Journey To The West mempengaruhi seri One Piece. Contohnya, Buah Iblis secara langsung dianalogikan dengan sebagai Persik Ilahi yang bisa memberikan kekuatan khusus.

Luffy dan Sun Wukong memiliki banyak kesamaan, itulah sebabnya begitu banyak ahli teori mendasarkan prediksi mereka pada apa yang terjadi dalam cerita itu.

Sun Wukong sendiri adalah seekor kera yang nakal sebelum Sang Buddha memenjarakannya di sebuah gunung. 

Lima ratus tahun kemudian, ia melakukan perjalanan panjang untuk mencapai pencerahan. 

Raja Kera ini adalah petarung yang sangat terampil dengan kemampuan supranatural yang dimilikinya.

Dia bisa berubah menjadi berbagai hewan, melakukan perjalanan jarak jauh, dan melawan pejuang terhebat.

Kesamaan Luffy dan Sun Wukong

Luffy Gomu Gomu no Mi/Teknik Gear Fourth. (Fandom)
Luffy Gomu Gomu no Mi/Teknik Gear Fourth. (Fandom)

Jika kemampuan Sun Wukong terdengar asing bagi penggemar One Piece, itu karena mirip dengan transformasi Gear Keempat Luffy.

Topi Jerami sering menamai serangannya dengan nama binatang. Tentu saja, Luffy juga memiliki beberapa kesamaan dengan Sun Wukong itu sendiri.

Pertama, Luffy memberontak melawan para dewa (Naga Langit di Kepulauan Sabaody).

Dia menjalani hukuman penjara (Impel Down) kemudian dia langsung melawan Buddha (Sengoku di Marineford). Kemiripan yang lebih dekat, Luffy bahkan berasal dari keluarga Monyet yang legendaris.

Oda juga mengkonfirmasi bahwa Luffy kemungkinan besar akan menyerupai monyet di One Piece SBS Volume 20.

Semua bukti-bukti tersebut sangat mendukung dan sulit untuk diabaikan.

One Piece - Luffy - Joy Boy. (fandom)
One Piece - Luffy - Joy Boy. (fandom)

Ahli teori One Piece, Ohara baru saja merilis video yang membahas kesamaan antara Luffy dan Sun Wukong.

Dalam Bab 1037, Lima Sesepuh mengungkapkan bahwa Buah Iblis tertentu diubah namanya untuk merahasiakan sesuatu dari penggemar. Ohara berspekulasi bahwa mereka mengacu pada Gomu Gomu no Mi.

Sebuah teori populer menyatakan bahwa Luffy memakan buah Mythical Zoan, meniru Sun Wukong. Sifat karet akan dihasilkan dari kemampuan berubah bentuk milik sang Raja Kera.

Apakah ini benar atau tidak masih harus dilihat kedepannya. Mencoba memprediksi kejutan apa yang akan dibuat Oda bisa menjadi tugas yang sulit, tapi itulah yang membuat seri ini menyenangkan untuk dibaca.

Perlu dicatat bahwa Ohara mendasarkan teorinya sebagian besar pada cerita Momotar. Namun, Journey to the West memang memberikan landasan yang kokoh untuk mewujudkannya.

Itulah beberapa teori One Piece yang menyambungkan antara buah iblis Luffy dengan legenda Sun Wukong.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait