Geek

Naruto: Misteri Gender Orochimaru Terpecahkan di Boruto, Tuai Pro-kontra

Apa gender Orochimaru ? Pria tau wanita?

Agung Pratnyawan

Orochimaru. (Fandom)
Orochimaru. (Fandom)

Hitekno.com - Setelah menunggu dalam waktu yang cukup lama, penggemar akhirnya tidak dibuat penasaran lagi dengan gender Orochimaru di Naruto. Hingga akhirnya misteri gender Orochimaru terpecahkan di seri Boruto.

Seperti diketahui jenis kelamin Orochimaru selama ini menjadi teka-teki. Secara wajah, dia sangat cantik.

Namun secara karakter dan kekuatan, Orochimaru sangatlah maskulin di Naruto. Dilansir dari Sportskeeda, gender Orochimaru akhirnya terungkap di Boruto.

Sebelum kamu mengetahui gender Orochimaru, ada baiknya kamu kenalan dahulu dengan sosok yang satu ini.

Mengenal Orochimaru

Orochimaru dari anime Naruto. (Fandom)
Orochimaru dari anime Naruto. (Fandom)

Orochimaru selalu menjadi salah satu antagonis paling berkesan dalam serial ini, karena dia adalah penjahat besar pertama yang diperkenalkan oleh narasi.

Perannya dalam penghancuran Daun Tersembunyi selama ujian Chunin adalah ikon alias otaknya, dan Orochimaru segera mengukuhkan posisi mereka sebagai salah satu penjahat paling mengerikan dan menakutkan dalam sejarah anime.

Namun, seiring berjalannya seri, pertunjukan ini mengubah sifat jahat Orochimaru cukup jauh.

Orochimaru yang semula digambarkan jahat, kini mulai berbalik menjadi salah satu dermawan utama Daun Tersembunyi dan protagonis dalam seri.

Di Boruto, ada sedikit pengembangan karakter, dan mantan penjahat Orochimaru sekarang secara resmi dianggap sebagai satu-satunya karakter menonjol di Naruto.

Gender Orochimaru

Naruto - Orochimaru menggunaka Kinjutsu untuk memanggil Hashirama Senju dan Tobirama Senju. (fandom)
Naruto - Orochimaru menggunaka Kinjutsu untuk memanggil Hashirama Senju dan Tobirama Senju. (fandom)

Sebagian besar anime shounen populer tidak mewakili karakter LGBTQ+ kanonik, dan seri Naruto tidak asing dengan fakta ini.

Namun, banyak hal berubah ketika Boruto datang, dan franchise tersebut telah mengkonfirmasi bahwa Orochimaru adalah genderfluid.

Gender fluid sendiri merupakan istilah yang merujuk pada identitas gender yang mengacu pada jenis kelamin yang berbeda-beda dari waktu ke waktu.

Dengan kata lain, seseorang dapat memiliki identitas sebagai perempuan, laki-laki, gabungan atau bahkan tak memiliki gender.

Pada bab 3.5 Boruto, Mitsuki bertanya kepada Orochimaru tentang siapakah dia, ayah atau ibu? dan Orochimaru menjawabnya dengan mengatakan jika pertanyaan itu tidak relevan.

"Kamu yang mana? Ibuku atau ayahku?" tanya Mitsuki.

Orochimaru menjawab dengan menyatakan bahwa pertanyaan itu tidak relevan, dan identitas gender mantan penjahat sebagai orang tua tidak penting.

Anime Shounen umumnya menderita karena kurangnya representasi queer dalam hal karakternya.

Karakter yang paling menonjol tidak termasuk dalam spektrum LGBTQ+, dan dalam kasus Naruto, pengungkapan Orochimaru secara resmi menjadi genderfluid mendapat sambutan yang beragam dari penggemar non-biner, beberapa merasa pernyataan ini tidak memadai.

Banyak di antara penggemar tidak sepakat dengan fakta genderfluid Orochimaru ini.

Mereka lantas mengungkit kembali sikap kejam yang pernah dilakukan oleh karakter yang satu ini.

Akan tetapi, tidak sedikit pula yang mendukung hal tersebut sebagai bentuk "sisi lain" yang harus dihargai dalam sebuah kreativitas karya. 

Itulah misteri gender Orochimaru yang akhirnya terkuak. Kalau kamu sepakat atau tidak dia genderfluid?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait