Geek

Sailor Moon: Mengapa Tuxedo Bertopeng Sangat Lemah?

Bahkan bisa dikatakan dengan tegas jika kekuatan Tuxedo Bertopeng kalah jauh dari Sailor Moon.

Agung Pratnyawan

Sailor Moon - Mamoru Chiba alias Tuxedo Bertopeng, (HiTekno.com)
Sailor Moon - Mamoru Chiba alias Tuxedo Bertopeng, (HiTekno.com)

Hitekno.com - Di anime Sailor Moon, Tuxedo Bertopeng sebenarnya memiliki kekuatan yang luar biasa, akan tetapi ia tidak bisa menggunakan kekuatan tersebut sebagaimana mestinya. Namun, mengapa dia digambarkan sangat lemah?

Ada banyak pahlawan super yang diperkenalkan di anime Sailor Moon. Usagi Tsukino menjadi yang paling kuat dari mereka semua. Dia juga cantik dan baik.

Sebagai satu-satunya karakter pria yang muncul di anime, Mamoru Chiba atau yang lebih dikenal sebagai Tuxedo Bertopeng menjadi kandidat unggul cinta utama untuk Usagi.

Akan tetapi, meski Tuxedonya diberkahi dengan kemampuan yang fantastis, namun Mamoru Chiba tidak terlalu pandai dalam menggunakannya.

Bahkan bisa dikatakan dengan tegas jika kekuatan Tuxedo Bertopeng kalah jauh dari Sailor Moon.

Mengacu pada alasan ini, penggemar pun bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan Mamoru Chiba?

Tapi dilansir dari Game Rant, jawabannya jelas. Pencipta Naoko Takeuchi telah menyatakan bahwa hanya wanita yang bisa menjadi sailor scout.

Jadi dalam kasus Topeng Tuxedo, meskipun dua memiliki potensi yang sama dengan Sailor Moon, tidak akan pernah bisa menandingi mereka.

Setelah membuat aturan ini, dapat dimengerti bahwa Takeuchi kesal ketika anime tahun 90-an mengubah cahaya bintang pelaut menjadi pria yang bisa berubah menjadi wanita saat dibutuhkan.

Yang perlu diketahui dari Tuxedo Bertopeng

Sailor Moon - Mamoru Chiba alias Tuxedo Bertopeng, (Fandom)
Sailor Moon - Mamoru Chiba alias Tuxedo Bertopeng, (Fandom)

Mamoru memang tidak bisa menggunakan kristalnya secara ofensif seperti sailor scout, akan tetapi dia bisa menggunakannya untuk memperkuat kristal lain.

Di Sailor Moon Eternal, Usagi menyatakan bahwa Kristal Emas yang hilang disembunyikan di dalam Mamoru dengan cara yang sama seperti Kristal Perak disembunyikan di dalam dirinya.

Ia bisa tahu karena setiap kali Mamoru menyemangati dan mendukungnya, dia merasakan ledakan kekuatan nyata yang menguatkan dirinya.

Saat melawan Nehellenia, Mamoru mampu meningkatkan serangan Sailor Moon, karakter pendukung asli dari tank Eternal Sailor Moon sebenarnya.

Efek samping yang disayangkan dari kekuatan planetnya adalah koneksi fisiknya ke Bumi.

Seperti yang terlihat di busur Sirkus Bulan Mati, jika sesuatu terjadi pada Bumi, Mamoru secara fisik menderita efek yang sama.

Hubungan langsung ini memberikan penjelasan yang menarik tentang mengapa Mamoru terus-menerus diculik dan dicuci otak.

Tidak hanya dia merupakan kelemahan bagi Sailor Moon, tetapi jika dia memiliki kristal pelaut Bumi, tidak heran setiap orang jahat di alam semesta berusaha untuk mendapatkan bagian dari dirinya.

Itulah penjelasan sekitar Mamoru Chiba alias Tuxedo Bertopeng dalam anime Sailor Moon.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait