Geek

One Piece: Apakah Laksamana Setara Yonko?

Laksamana angkatan laut One Piece sering kali ditakuti bajak laut, namun bagaimana dengan Yonko?

Agung Pratnyawan

One Piece - Yonko. (fandom)
One Piece - Yonko. (fandom)

Hitekno.com - Anime dan manga One Piece mengenal dua jabatan kuat, mereka adalah Laksamana dan Yonko. Namun siapa yang lebih kuat di antara Yonko dan Laksamana?

Dalam cerita One Piece, Laksamana merupakan posisi tertinggi di angkatan laut, dimana mereka berada di bawah Laksamana Armada.

Laksamana adalah orang-orang yang memiliki pengalaman di angkatan laut, dan juga memiliki kekuatan yang luar biasa.

Hanya orang-orang kuat di angkatan laut yang bisa mengisi posisi Laksamana. Bahkan, Gorosei sendirilah yang secara langsung menunjuk orang atau calon laksamana itu.

Dengan segala kelebihan dan kedahsyatan kekuatannya, wajar saja jika kemudian para laksamana menjadi sosok yang mengerikan.

Apalagi mereka memiliki kekuatan buah iblis yang juga sangat luar biasa.

Namun, apakah mereka lebih kuat dari Yonko?

One Piece - Tiga Laksamana Marine. (fandom)
One Piece - Tiga Laksamana Marine. (fandom)

Tak dapat dipungkiri, Laksamana di dunia One Piece sangatlah kuat, akan tetapi kekuatan mereka tidak lebih baik dari Yonko.

Ada banyak fakta yang membuktikan hal ini. Pertama, Yonko lebih kuat karena memiliki gudang kemampuan yang jauh lebih baik. 

Misalnya, selama busur Marineford, Akainu bisa melawan Whitebeard untuk sementara waktu.

Namun harus dicatat bahwa kesehatan Whitebeard tidak sedang baik-baik saja saat itu dan dia tidak dalam kondisi siap bertarung.

Meskipun begitu, Whitebeard akhirnya mengalahkan Akainu meski Whitebeard tidak berada di titik terkuatnya ketika berperang.

Dibandingkan dengan Whitebeard yang lebih muda atau, katakanlah, seseorang seperti Kaido, para Laksamana belum terlalu mengesankan. 

Untuk melawan Bajak Laut Whitebeard, Pemerintah Dunia benar-benar membutuhkan bantuan dari Tujuh Panglima Perang Laut. 

Hanya menggunakan Laksamana Angkatan Laut dan Wakil Laksamana, tidak akan cukup untuk melawan Yonko.

Jika setiap Laksamana sekuat Yonko, maka Angkatan Laut akan memiliki tiga petarung level Yonko dibandingkan dengan hanya satu untuk Bajak Laut Shirohige.

Sebaliknya, Sengoku secara terbuka menyatakan bahwa meskipun memiliki nomor dan bahkan Shichibukai di sisinya, mereka bisa saja ditenggelamkan ke dasar lautan oleh Whitebeard tua dan sekarat dan dihancurkan sepenuhnya.

Lebih jauh lagi, komandan seperti Marco dapat bertahan dengan baik melawan orang-orang seperti Laksamana ketika kesehatan Whitebeard memburuk.

Itu tentu bukan untuk mengatakan bahwa Laksamana sekuat Komandan Yonko. Jelas, Marco adalah kasus yang luar biasa, menjadi komandan terkuat dan seseorang yang layak menjadi Yonko sendiri di mata Gorosei.

Contoh lainnya adalah ketika Doflamingo sama sekali tidak kesulitan melawan Kuzan di Punk Hazard dan bahkan menyerang Fujitora saat dia tiba di Dressrosa.

Pada saat yang sama, ketika ia hanya memikirkan menghadapi Kaido dalam pertempuran dan menjadi target kemarahannya sudah cukup membuatnya takut

Kesimpulan

Karakter One Piece. (HiTekno.com)
Karakter One Piece. (HiTekno.com)

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa laksamana memang merupakan sosok angkatan laut yang paling kuat dan tangguh.

Mereka adalah ujung tombak organisasi pembasmian bajak laut.  Mereka bukanlah sosok yang lemah, karena mereka adalah senjata terkuat yang dimiliki Angkatan Laut dan Pemerintah Dunia.

Namun, meski kekuatan mereka hebat, masih ada Yonko yang jauh lebih unggul dari ketiga laksamana itu.

Sebagai penguasa lautan, Yonko adalah mimpi buruk bagi angkatan laut.  Jika Pemerintah Dunia sendiri tidak ingin berurusan dengan mereka, itu berarti bahwa angkatan laut memiliki sedikit peluang untuk menang melawan mereka.

Sejauh ini, bahkan mereka tidak bisa mengalahkan Big Mom, Kaido, Shanks, atau bahkan Blackbeard. 

Marinir mampu menang melawan Whitebeard karena mereka menggunakan beberapa taktik, seperti menggunakan Ace untuk menarik mereka keluar. 

Para Yonko sendiri kini mengalami perubahan atau pergeseran, dimana Luffy dan Buggy menjadi sosok baru. 

Itulah penjelasan siapa yang lebih kuat antara Yonko dan Laksamana di anime dan manga One Piece.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait