Geek

My Hero Academia: Cara Kerja One For All, Kekuatan yang Membuat Deku Istimewa

Fungsi utama One For All ini adalah untuk mengumpulkan kekuatan mentah.

Agung Pratnyawan

My Hero Academia - All Might. (fandom)
My Hero Academia - All Might. (fandom)

Hitekno.com - Bagaimana cara kerja One For All yang ada di anime dan manga My Hero Academia hingga membuat seseorang bisa jadi superhero? 

My Hero Academia berkisah tentang seorang pemuda bernama Izuku Midoriya atau akrab disapa Deku. Deku adalah seorang pemuda yang hidup di dunia istimewa karena setiap orang memiliki kekuatan super atau disebut Quirk.

Namun sayang, ia terlahir tanpa kekuatan atau Quirk apa pun, membuatnya sulit mencapai mimpi untuk menjadi pahlawan nomor satu.

One For All ini merupakan Quirk yang pernah dipakai All Might. Namun di My Hero Academia, dia mentransfer Quirk yang kuat ini kepada seorang anak laki-laki yang dia percayai.

One For All kini dimiliki oleh Izuku Midoriya yang juga dikenal dengan nama pahlawan Deku. One For All ini adalah Quirk yang sangat kuat, dan memiliki banyak kekuatan dan kelemahan.

Deku harus berlatih selama berjam-jam hanya untuk menguasai kemampuannya. Berikut penjelasan bagaimana cara kerja One For All yang HiTekno.com lansir dari Sportskeeda, Kamis (23/6/2022).

Mekanisme OFA di My Hero Academia

Quirk My Hero Academia yang paling terkenal bermain dengan aturannya sendiri. Ini adalah kekuatan yang sangat unik yang hanya bisa digunakan oleh orang yang tepat. All Might menjelaskan sejarahnya setelah kekalahan Stain di arc Hero Killer. OFA dibuat oleh All For One sejak lama.

My Hero Academia - Para pengguna One For All. (fandom)
My Hero Academia - Para pengguna One For All. (fandom)

Cara Kerja One For All di My Hero Academia

Fungsi utama Quirk ini adalah untuk mengumpulkan kekuatan mentah. Pengguna dapat memfokuskan energi itu pada satu bagian tubuh dan melepaskan serangan yang kuat.

Mereka juga menerima dorongan besar dalam kekuatan dan kecepatan. Selama Ujian Masuk, Deku mampu menghancurkan robot raksasa dengan satu pukulan OFA.

Namun, Quirk memang memiliki kelemahan yang signifikan di My Hero Academia. Pengguna akan membutuhkan beberapa saat untuk terbiasa dengan kekuatan mentahnya. Deku juga pernah melukai dirinya sendiri beberapa kali, seperti jarinya yang patah di Festival Olahraga ketika menggunakan OFA ini.

Beruntung, Gran Torino akhirnya mengajari Deku untuk menggunakan kekuatan penuhnya di seluruh tubuhnya daripada satu bagian. Teknik Full Cowl memungkinkan Deku menggunakan OFA tanpa melukai dirinya sendiri.

OFA Dapat Ditransfer dari Satu Orang ke Orang Lain

OFA bisa ditransfer secara sukarela melalui sampel DNA dari satu orang ke orang lain. Misalnya, All Might memberi Deku seikat rambut emasnya.

Penerima harus menelan sampel DNA untuk mendapatkan kekuatan baru. Deku saat ini adalah pengguna OFA kesembilan dalam garis keturunan historisnya.

My Hero Academia - Deku. (fandom)
My Hero Academia - Deku. (fandom)

OFA Dapat Mengasimilasi Quirks Dari Pengguna Sebelumnya

Selama bergabung dengan Pelatihan Bersama Arc, Deku menjadi pengguna OFA pertama yang mengaktifkan kemampuan khusus ini. Dia sekarang bisa menggunakan semua Quirks dari pengguna OFA sebelumnya. Ini karena semua Faktor Quirk mereka telah bergabung dengan OFA itu sendiri.

Salah satu contohnya adalah Black Whip, milik mantan pengguna Daigoro Banjo. Deku bisa memanggil sulur hitam untuk berbagai tujuan, seperti meraih orang dan berayun melintasi kota. Ada juga beberapa kemampuan, seperti Smokescreen dan Danger Sense, yang standar di My Hero Academia.

Perlu dicatat bahwa semua pengguna OFA sebelumnya memiliki kesadaran mereka di dalam Quirk. Mereka dapat berbicara secara bebas dengan pengguna saat ini kapan saja mereka suka.

Itulah penjelasan singkat bagaimana cara kerja OFA di My Hero Academia. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait