Geek

Spy x Family: 5 Fakta Menarik Tentang Westalis, Negeri Loid Forger Berasal

Tak banyak diungakap di anime, seperti apa negara Westalis ini?

Agung Pratnyawan

Spy x Family - Westalis. (kolase HiTekno.com dari Fandom)
Spy x Family - Westalis. (kolase HiTekno.com dari Fandom)

Hitekno.com - Di anime Spy x Family, penggemar tentu sudah tidak asing lagi dengan Westalis negeri asal Loid Forger. Westalis adalah salah satu tempat yang jadi latar belakang cerita Spy x Family.

Westalis adalah sebuah negara yang memiliki konflik abadi dengan Ostania. Kedua negara ini memang sudah tidak bersahabat sejak chapter pertama.

Bahkan hanya dengan gesekan kecil saja, keduanya negara ini bisa memicu perang besar bagi kedua negara ini.

Setelah hancur oleh perang masa lalu, setiap negara telah dipaksa untuk membangun kembali, dan dalam upaya untuk menang, mereka masing-masing mengembangkan intelijen militer unik mereka sendiri.

Loid Forger adalah salah satu mata-mata terbaik Westalis. Ia dikirim untuk menyusup ke pasukan musuh sebagai mata-mata untuk WISE dan mencegah pecahnya perang lain.

Sejauh ini, Westalis selalu digambarkan sebagai tempat yang negatif oleh Ostania. Akan tetapi, benarkan demikian?

Dilansir dari GameRant, berikut ini adalah lima fakta menarik tentang Westalis di anime Spy x Family yang perlu kamu tahu:

1. Sejarah Westalis

Spy x Family - Peta Wstalis dan Ostania. (YouTube)
Spy x Family - Peta Wstalis dan Ostania. (YouTube)

Alur cerita Spy x Family secara jelas didasarkan pada perang sejarah, khususnya pada Perang Berlin antara Jerman Timur dan Barat.

Ini kemudian melemparkan beberapa permusuhan Perang Dingin dan Perang Dunia II dalam prosesnya.

Dalam skenario ini, Westalis mewakili Republik Federal Jerman Barat. Sedangkan Ostania melambangkan komponen Timur (meskipun kedua negara selalu menjadi negara bagian yang terpisah.)

Nama Loid berasal dari Welsh dan meskipun bukan nama lahirnya, menegaskan kembali aliansinya dengan pasukan Inggris yang membantu Jerman Barat.

Yor dan Yuri, bagaimanapun, seolah membawa akar Rusia. Dan seperti yang diketahui oleh penggemar sejarah, Uni Soviet adalah faktor penting dalam semua kekacauan.

2. Organisasi rahasia

Spy x Family - The Westalian Intelligence Services' Eastern-Focused Division atau WISE. (fandom)
Spy x Family - The Westalian Intelligence Services' Eastern-Focused Division atau WISE. (fandom)

Tidak banyak yang diketahui tentang Westalis selain agen rahasia resmi mereka, yang disebut Divisi Fokus Timur The Westalian Intelligence Services, atau WISE.

Prioritas utama organisasi ini adalah untuk menetralisir konflik antara kedua negara, dengan harapan pada akhirnya dapat membujuk Westalis dan Ostania untuk menandatangani perjanjian damai.

Twilight dan Sylvia Sherwood bekerja untuk WISE dan saat ini tinggal di wilayah musuh dalam upaya memberantas korupsi sebelum menyebar.

Lambang agensi, yang dapat dilihat pada pin Loid, menampilkan mata yang menghadap ke timur untuk mengingatkan Ostania bahwa mereka berada di bawah pengawasan konstan.

3. Perdamaian Westphalia

Spy x Family - Loid Forger atau Twilight. (IMDB)
Spy x Family - Loid Forger atau Twilight. (IMDB)

Selain sejarah perang antara Jerman Barat dan Timur, adapula referensi sejarah lain yang mendasari alur cerita Spy x Family.

Westalis disebut menyangkut Perdamaian Westphalia di mana kedaulatan diberikan kepada masing-masing negara.

Kedaulatan ini mampu mengakhiri perang bertele-tele antara negara-negara Jerman, serta beberapa negara lain di seluruh dunia.

Perjanjian ini memfasilitasi munculnya negara-negara berdaulat dan sistem diplomatik yang melibatkan hubungan internasional yang baru ditemukan, yang pada dasarnya adalah tujuan WISE (sejauh yang dapat dikatakan oleh para penggemar.)

Rekonsiliasi damai pertama kali dimulai antarakota Münster dan Osnabrück di Westphalia pada tahun 1644 Jerman, dan jika agen WISE dapat menyelesaikan pekerjaan, hal yang sama dapat dikatakan untuk Westalis dan Ostania.

4. Diplomasi terhadap komunisme

Spy x Family - Logo WISE dan SSS. (GameRant)
Spy x Family - Logo WISE dan SSS. (GameRant)

Sejauh yang disajikan kepada pemirsa hingga kini, Westalian memiliki lebih banyak kebebasan daripada tetangga mereka, Ostania.

Akan tetapi, tanpa melihat banyak negara secara langsung, sulit untuk mengetahui dengan pasti.

Pembunuhan seorang diplomat Westalian di episode 1 Spy x Family dapat menjadi bukti bahwa Ostania mungkin bukan negara damai.

Penting untuk dicatat bahwa ada sifat materialistis yang kuat pada perwakilan Westalian yang berpengaruh, yang menunjukkan bahwa negara itu mungkin tidak sepolos yang diasumsikan pemirsa.

Bisa dilihat jika para pemimpin mereka jelas-jelas didorong oleh keserakahan.

5. Tentang Menteri Luar Negeri Willy Brandt

Spy x Family - Menteri Luar Negeri Brantz. (fandom)
Spy x Family - Menteri Luar Negeri Brantz. (fandom)

VIP Westalian ini didasarkan pada politisi Willy Brandt dari Partai Sosial Demokrat Jerman Barat, yang memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1971 atas kontribusinya untuk memulihkan perdamaian antara Jerman Barat dan Uni Soviet.

Setelah karier yang baik di dalam politik, Brant mengundurkan diri pada tahun 1974 dari posisi otoritasnya ketika diketahui bahwa rekan dekat dan rekannya, Günter Guillaume, sebenarnya adalah mata-mata!

Meskipun Menteri Luar Negeri Brantz belum menerima banyak screentime dalam sembilan episode pertama Anime, ia akan memainkan peran penting dalam pengembangan alur cerita menurut Spy x Family Manga.

Jika sejarah berulang, maka Menteri Brantz pasti akan bertindak sebagai katalisator untuk hidup bersama secara damai antara Timur dan Barat, selama Keith Kepler tidak menyingkirkannya dari pencalonan.

Itulah lima fakta menarik tentang Westalis di anime Spy x Family. Kenali lebih dekat negara asli Loid Forger.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait