Geek

8 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik dan Wajib Tonton

Cari tontonan yang menarik? Ada rekomendasi anime Studio Ghibli berikut ini.

Agung Pratnyawan

Kiki's Delivery Service. (IMDB)
Kiki's Delivery Service. (IMDB)

Hitekno.com - Para pecinta anime pasti sudah tidak asing lagi dengan Studio Ghibli. Apa saja film yang menarik dari studio animasi ini? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum beberapa rekomendasi anime Studio Ghibli yang harus kamu tonton.

Studio Ghibli merupakan salah satu studio asal Jepang yang bergerak dalam industri film animasi. Studio animasi ini berdiri sejak 1985, tetapi mulai terkenal hingga ke kancah internasional pada 2005.

Studio Ghibli populer dengan salah satu karakter animasinya yaitu Totoro yang juga menjadi maskot utama. Para penggemar film animasi atau anime dari Studio Ghibli juga beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Studio Ghibli memiliki kualitas pembuatan anime dengan nilai seni yang tinggi. Studio Ghibli sudah mengeluarkan banyak film animasi dan anime populer.

Penasaran apa saja? Berikut rekomendasi anime Studio Ghibli yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Spirited Away

Spirited Away. (Netflix)
Spirited Away. (Netflix)

Film ini adalah salah satu anime populer karya Studio Ghibli. 'Spirited Away' menduduki posisi kedua dari 15 teratas film anime terlaris yang dibuat di Jepang.

Anime Studio Ghibli ini menceritakan kisah Chihiro yang tersesat bersama orang tuanya di dalam hutan. Ia kemudian bekerja di tempat pemandian para dewa untuk menyelamatkan orang tuanya yang terpisah dengannya.

2. Princess Mononoke

Princess Mononoke. (Netflix)
Princess Mononoke. (Netflix)

Princess Mononoke diproduksi Studio Ghibli dan rilis pada 1997. Film ini bercerita tentang perjalanan Ashitaka yang berpetualang untuk menemukan obat atas kutukan Tatarigami yang ia derita.

Ashitaka menemukan dirinya berada di tengah medan perang di antara roh-roh hutan. Dalam medan perang ia bertemu dengan San, Princess Mononoke.

Princess Mononoke dibesarkan oleh roh serigala. Ia memiliki misi untuk menyelamatkan hutan-hutan dengan membunuh koloni pertambangan yang ingin menghancurkan keberadaan hutan.

3. Grave of the Fireflies

Grave Of The Fireflies. (IMDB)
Grave Of The Fireflies. (IMDB)

Grave of the Fireflies menceritakan dua bocah bernama Seita dan adiknya Setsuko, yang terperangkap di pertarungan pertahanan diri dalam Perang Dunia II di Kobe pada tahun 1945. Mereka dibawa oleh kerabatnya, namun ternyata mereka tidak mendapatkan kebahagiaan.

Seita dan Setsuko mendapat penolakan dan caci maki ketika ketersediaan makanan mulai menipis, yang menyebabkan mereka akhirnya diusir dari rumah. Satu-satunya hal yang terus membuat mereka bersemangat adalah cinta di antara keduanya.

Grave of the Fireflies didasarkan pada sebuah cerita pendek yang ditulis oleh Akiyuki Nosaka. Ia kehilangan dua saudara perempuannya karena kekurangan gizi, serta ayah angkatnya yang terbunuh.

Film ini dinyatakan sebagai salah satu film terpenting dari Studio Ghibli karena kisahnya yang menyedihkan.

4. Howl's Moving Castle

Howl's Moving Castle. (IMDB)
Howl's Moving Castle. (IMDB)

Film ini menceritakan Sophie Hatter, putri tertua dari tiga bersaudara pembuat topi untuk orang-orang di Ingary. Ingary merupakan nama sebuah kota yang penuh dengan kekuatan sihir.

Sophie dan seluruh wanita muda yang ada di kota itu diperingati untuk tidak keluar dari rumah. Jika tidak menurut, mereka akan dibawa oleh Howl, seorang penyihir jahat yang memiliki istana berjalan.

Namun, Sophie malah pergi dari rumah dan melakukan petualangan bersama Howl.

5. My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro. (IMDB)
My Neighbor Totoro. (IMDB)

Anime ini menceritakan tentang kisah dua anak, Kusakabe Satsuki dan adik perempuannya Kusakabe Mei. Mereka menjalani petualangan luar biasa di rumah baru mereka.

Di awali dengan keluarga Kusakabe yang sering bepergian dengan dua putri mereka. Satsuki dan Mei adalah anak-anak yang sangat aktif.

Mereka suka membantu orang tua mereka membersihkan rumah dengan kelincahan yang mereka miliki. Satsuki dan Mei dilanda ketakutan setelah mendengar bahwa rumah tersebut memiliki penunggu.

Saat Mei sedang bermain, dia bertemu dengan seekor binatang yang sangat besar. Mei memberinya nama Totoro. Dari situlah petualangan mereka dimulai.

6. Kiki's Delivery Service

Kiki's Delivery Service. (IMDB)
Kiki's Delivery Service. (IMDB)

Film ini menceritakan tentang Kiki, seorang penyihir muda yang juga memiliki bisnis delivery service. Dengan sapu terbangnya, dia mengantar kue yang dibikin di sebuah bakery pinggiran kota. Walau pergi dari keluarganya di usia 13 tahun, dia berteman dengan manusia biasa bernama Tombo.

Bersama teman barunya ini, Kiki mengalami asam garam kehidupan saat dia mulai kehilangan kemampuan terbangnya. Bersusah payah bertahan dan mengembalikan kekuatan sihirnya, film yang tayang pada 1989 ini terbilang punya jalan cerita yang enak untuk diikuti.

7. The Wind Rises

The Wind Rises. (IMDB)
The Wind Rises. (IMDB)

The Wind Rises memiliki latar waktu Perang Dunia II. Tokoh utamanya bernama Jiro yang ingin membuat desain pesawat terbang yang kuat dan mumpuni.

Film ciptaan Hayao Miyazaki ini merupakan film tentang motivasi untuk mengejar cinta dan cita dalam waktu yang sama.

8. Castle in the Sky

Castle in the Sky. (IMDB)
Castle in the Sky. (IMDB)

Film yang dirilis pada tahun 1986 ini menceritakan kisah seorang anak bernama Pazu yang bertemu dengan Sheeta, seorang anak perempuan yang jatuh dari langit membawa kristal ajaib.

Mereka berpetualang mencari istana dibalik awan. Sheeta mengatakan bahwa dirinya dikejar oleh seorang bajak udara dan pemerintah karena dirinya mempunyai kalung dengan kristal ajaib.

Kristal tersebut mempunyai hubungan dengan kota di langit yang bernama Laputa. Bajak udara dan pemerintah ternyata berhasil melacak posisi Sheeta yang memaksa Sheeta dan Pazu untuk melarikan diri dan menemukan Kota Laputa sebelum musuh menemukan mereka.

Itulah rekomendasi anime Studio Ghibli yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditonton. Setiap film memiliki visual dan cerita unik penuh makna. Selamat menonton.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait