Geek

4 Cara Menghindari Spoiler Film di Media Sosial

Jangan sampai pengalaman menonton rusak, ini cara menghindari spoiler film di media sosial.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi bioskop. (pexels/pixabay)
Ilustrasi bioskop. (pexels/pixabay)

Hitekno.com - Bagaimana cara menghindari spoiler film di media sosial untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik? 

Tidak sedikit spoiler seputar film bertebaran di media sosial. Hal itu tentu membuat banyak orang merasa kesal, bahkan khawatir film tersebut menjadi kurang diminati, terutama bagi pencinta film garis keras.

Spoiler merupakan bocoran dari sesuatu yang masih dirahasiakan, atau belum dirilis atau menjadi konsumsi publik.

Hal-hal yang termasuk dalam spoiler adalah potongan adegan, jalan cerita, karakter baru yang muncul, serta post credit-nya. Orang-orang yang menyebarkan spoiler ini memang menyebalkan.

Walau mungkin ada dari kamu yang merasa tidak masalah dengan spoiler, tapi jangan lupa kalau ada orang-orang yang tidak mau diganggu dengan spoiler.

Ilustrasi bioskop. (Pixabay)
Ilustrasi bioskop. (Pixabay)

Jika kamu tidak suka menadapatkan spoiler kamu bisa menggunakan cara di bawah ini. Berikut cara menghindari spoiler film di media sosial yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Matikan Media Sosial

Sudah diketahui bahwa spoiler film banyak tersebar melalui media sosial dan situs-situs online lainnya. Untuk itu, cara efektif untuk mencegahnya adalah dengan menonaktifkan media sosial.

Pasalnya, pengguna media sosial seringkali tidak peduli. Mereka asal menyebarkan spoiler begitu saja. Jadi, selama belum punya waktu untuk nonton, ada baiknya mengambil “cuti” dari dunia maya.

2. Hindari Mencari Tahu Ulasan dari Media atau Orang Lain Sebelum Menonton

Cara menghindari spoiler film selanjutnya adalah dengan tidak mencari ulasan dari film yang akan ditonton. Baik dari sebuah media, penulis blog ulasan, hingga konten kreator di YouTube.

Pasalnya, beberapa ulasan justru memberikan spoiler kecil sampai besar dari film tersebut.  Lalu, jangan penasaran dengan judul yang menggoda.

3. Tidak Berbincang dengan Teman yang Sudah Nonton

Berbincang dengan teman yang baru saja nonton film incaran bukan hal menguntungkan karena bisa saja ia membeberkan isi cerita yang berarti spoiler. Maka, hindari obrolan yang membahas film dengannya.

4. Usahakan Nonton di Hari Pertama

Cara yang terakhir adalah dengan meluangkan waktu agar bisa nonton di hari pertama perilisan, sehingga spoiler dapat dicegah dan tidak perlu khawatir menggunakan media sosial.

Itulah cara menghindari spoiler film di media sosial yang mungkin berguna untuk kamu. Daripada kamu merasa waswas dalam berinternet karena takut terkena spoiler, dicoba saja cara-cara di atas. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait