3 Tips Membuat Konten Media Sosial Kekinian

Apakah kamu pernah merasa mentok saat ingin bikin konten di TikTok atau di Instagram? Nah, untuk memudahkan kamu dalam menemukan inspirasi, berikut tiga ide dan tips.

Agung Pratnyawan
Selasa, 22 Maret 2022 | 16:47 WIB
Samsung Galaxy A53 5G. (Samsung)

Samsung Galaxy A53 5G. (Samsung)

Hitekno.com - TikTok dan Instagram kini menjadi media sosial yang banyak digemari karena memudahkan penggunanya, bahkan sampai viral dan populer. Samsung melalui rilis resminya membagikan bagaimana tips membuat konten media sosial kekinian.

Kita bisa melihat bagaimana Khaby Lame menjadi sensasi dunia. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk bisa menjadi viral dan populer lewat media sosial?

Beberapa cara yang bisa diterapkan adalah rutin upload konten, kreatif dan punya ciri khas dalam membuat konten, ikuti tren yang ada, hingga sering berinteraksi dengan content creator lainnya.

Baca Juga: Ulang Tahun Pertama, Pokemon Kids TV Hadirkan Konten Bareng Cats Kitchen

Walau tampak mudah, bukan berarti tidak ada halangan dalam membuat konten di Tiktok maupun Instagram. Kreativitas menjadi hal yang perlu untuk terus diasah supaya kita bisa mendapatkan ide-ide dalam menciptakan lebih banyak konten di platform tersebut.

Apakah kamu pernah merasa mentok saat ingin bikin konten di TikTok atau di Instagram? Nah, untuk memudahkan kamu dalam menemukan inspirasi, berikut tiga ide dan tips dari Samsung yang bisa kamu manfaatkan dalam membuat konten media sosial kekinian:

1. Ikuti tren terkini, termasuk dari segi filter maupun musik

Baca Juga: TikTok Blokir Konten Video dan Live Streaming dari Rusia, Ini Alasannya

Jika kita sedang tidak tahu konten apa yang ingin dibuat, salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk menggali inspirasi adalah mengecek apa yang sedang tren di TikTok, baik itu dari hashtag, filter, musik, sampai tema konten.

Caranya, kita bisa buka tab "Discover" di dalam platform tersebut. Di sana, ada banyak tren dan challenge menarik yang bisa dikreasikan ulang sesuai dengan versi dirimu sendiri.

Saat ini, ada #MakinBingung dan #AksenChallenge sebagai hashtag yang sedang trending saat ini. Lalu, ada "Ting Ting Ting" dan "Say It Right" sebagai musik yang sedang ramai digunakan oleh pengguna TikTok akhir-akhir ini.

Baca Juga: Fitur Live Games di GoPlay, Mempermudah Interaksi Penonton dan Konten Kreator secara Live

Filter Meme Maker dan Space pun juga bisa menjadi inspirasi untuk kamu bikin konten karena filter tersebut sedang naik popularitasnya di TikTok.

Selain itu, ada konten dari akun Jamie Big Sorrel Hor yang berjoget di depan cermin wastafel dengan kaus Power Ranger yang sedang banyak banyak di-remake oleh kreator lainnya.

2. Membangkitkan tren-tren terdahulu untuk nostalgia

Baca Juga: Facebook Blokir Media Pemerintah Rusia untuk Iklan dan Memonetisasi Konten

Dari waktu ke waktu, ada saja tren atau challenge menarik di TikTok dan Instagram yang diramaikan oleh para penggunanya. Nah, saat tren atau challenge tersebut mulai ditinggalkan, tidak ada salahnya kamu membuat tren terdahulu yang kamu suka untuk.

Lantas, apa kira-kira tren terdahulu yang bisa diangkat kembali buat kamu seru-seruan di sosial media kamu?

Salah satu opsi yang bisa dipilih adalah zoom challenge. Kalau kamu lupa, di konten ini, kamu tampak seperti sedang mengendarai mobil dan melesat keluar dari frame dengan menggunakan teknik reverse. Tutorialnya pun masih ada dan bisa kamu lihat di sini.

Selain zoom challenge, ada mirror selfie yang sempat ramai akhir tahun lalu. Di sini, kamu bisa menampilkan gaya-gaya selfie di depan kaca yang menurut kalian menarik.

Yang membuat zoom challenge dan mirror selfie menarik adalah, kedua konten ini implementasi dan temanya bisa sangat luas, jadi kamu bisa mengasah kreativitas kamu untuk membuat konten yang lebih unik dari sini.

3. Mengulik teknik transition yang tak ada matinya

Bisa dibilang, transition adalah teknik yang selalu bisa dikreasikan menjadi konten yang menarik dan trending di TikTok dan Instagram. Salah satu tren yang sedang viral dari teknik ini adalah water transition, di mana para content creator tampak menjatuhkan diri ke kasur, lalu tiba-tiba gambar bertransisi ke dalam kolam renang. Lalu, ada ring light challenge sebagai konten dengan teknik transition yang sempat trending.

Tidak hanya untuk konten trending di satu waktu, teknik transition juga banyak digunakan untuk konten-konten yang naik di For You Page (FYP) secara reguler, misalnya yang mengangkat tema cosplay, dance, hingga yang menunjukkan para content creator berganti baju sambil melakukan koreografi tertentu.

Jadi, saatnya kamu mulai asah kreativitas kamu dan ulik bagaimana kamu bisa memaksimalkan teknik transition di TikTok dan Instagram Reels!

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak