Geek

One Piece: Lebih Kuat Mana antara Haki vs Buah Iblis?

Haki vs buah iblis, dua sumber kekuatan di One Piece. Mana yang lebih kuat?

Agung Pratnyawan

Monkey D Garp, kakek Luffy di One Piece. (Fandom)
Monkey D Garp, kakek Luffy di One Piece. (Fandom)

Hitekno.com - Penulis manga One Piece, Eiichiro Oda telah menjelaskan tentang mana yang lebih kuat antara Haki vs Buah Iblis.

Seperti diketahui, dunia One Piece memiliki dua sumber kekuatan karakternya yakni dari buah Iblis dan Haki.

Buah iblis merupakan salah satu elemen penting dalam cerita One Piece. Buah iblis sendiri sering disebut sebagai “harta karun lautan” dan buah iblis memberikan kekuatan yang luar biasa bagi yang mengkonsumsinya.

Namun, tentu ada "harga" yang harus dibayar untuk ini, yaitu pengguna buah iblis tidak bisa berenang. 

Mengacu pada alasan tersebut, penggemar pun mulai mempertanyakan kekuatan murni dari Buah Iblis. Apakah Buah Iblis tak lebih kuat dari Haki?

Hal tersebut bisa dilihat dalam pertempuran antara Kaido dan Luffy dalam beberapa chapter belakangan ini.

Saat itu secara tiba-tiba, Kaido mengatakan kepada Luffy bahwa buah iblis yang kuat tidak cukup untuk dapat menaklukkan seluruh lautan.

Kaido. (Fandom)
Kaido. (Fandom)

Kaido bahkan sempat menyebut sosok Gol D. Roger dimana ia menyebutkan bahwa Roger berhasil menaklukkan lautan dan menjadi raja bajak laut tanpa bantuan buah iblis. 

Kaido kemudian menegaskan bahwa untuk bisa menaklukkan lautan seorang bajak laut harus memiliki Haki yang kuat.

Ada beberapa hal yang membuat Haki lebih unggul dari buah iblis:

  1. Haki membuat pengguna merasakan sekitarnya meski tidak mengandalkan kemampuan panca indera.
  2. Haki memungkinkan pengguna untuk melihat ke masa depan.
  3. Haki bisa membuat penggunanya terlindung dari berbagai serangan.
  4. Haki memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kekuatan serangannya dan juga melampaui kekuatan buah iblis. Bahkan, daya tahan penggunanya akan meningkat.
  5. Haki memungkinkan pengguna untuk memaksakan kehendak ini pada makhluk hidup lainnya.
  6. Haki memungkinkan pengguna untuk menutupi sebagian atau seluruh tubuhnya. Mungkin juga kekuatan Haki dilapisi pada senjata dan mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

Jawaban menurut Oda

One Piece - Luffy. (MangaPlus)
One Piece - Luffy. (MangaPlus)

Eiichiro Oda sering menunjukkan bahwa Haki tingkat tinggi sedikit lebih epik dan lebih kuat daripada kekuatan kebangkitan buah iblis.

Hal tersebut bisa dilihat dari kisah Doflamingo. Doflamingo diketahui telah berhasil membangkitkan kekuatan Ito Ito no Mi, namun ia jauh lebih lemah dari Luffy atau seseorang yang jauh di atasnya.

Katakuri juga merupakan salah satu karakter yang mengandalkan Awakening buah iblis sebagai sumber kekuatannya.

Namun, meskipun Katakuri adalah sosok yang kuat dan belum pernah dikalahkan sama sekali, dia tidak termasuk dalam jajaran karakter yang dianggap paling kuat atau setingkat di atasnya.

Katakuri dan Doflamingo berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis mereka, dan mereka juga bisa menggunakan Penakluk Haki.

Namun sayangnya, mereka tidak bisa menggunakan Haki Penakluk Tingkat Lanjut.

Eiichiro Oda sendiri bahkan menghadirkan dialog yang bisa dikatakan sebagai bukti bahwa kemampuan Advanced Conqueror Haki lebih unggul dari Awakening.

Contohnya adalah bagaimana para penggemar dihipnotis oleh bagaimana Luffy mengaktifkan Penakluk Tingkat Lanjut Haki dibandingkan dengan saat Law dan Kid membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Kaido sendiri bahkan mengatakan bahwa hanya mereka yang dianggap paling kuat, hanya beberapa orang kuat yang bisa menggunakan Haki Penakluk Tingkat Lanjut. 

Jadi, ya, Haki lebih kuat daripada sekadar Buah Iblis di anime dan manga One Piece seperti dirangkum tim HiTekno.com dari Hitlava. Kalau kamu sendiri, mana antara Haki vs buah iblis tersebut?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait