Geek

Ketahui Perbedaan Anime Isekai dan Fantasi, Tipis Sih tapi Jangan Sampai Salah

Jangan sampai salah, ini perbedaan anime isekai dan anime fantasi.

Agung Pratnyawan

That Time I Got Reincarnated as a Slime. (IMDB)
That Time I Got Reincarnated as a Slime. (IMDB)

Hitekno.com - Banyak anime isekai yang bergenre fantasi, tapi itu tidak otomatis membuat anime fantasi menjadi isekai. Lalu apa beda antara anime isekai dan anime fantasi?

Sebagai salah satu genre terbesar dalam anime dan manga, isekai memiliki beberapa trope, arketipe dan subgenre. Untuk sebagian besar, sebagian besar cerita isekai disamakan dengan anime fantasi.

Banyak anime isekai yang cukup kuat dalam genre fantasi, tapi ini tidak lantas membuat anime Isekai tersebut layak disebut fantasi.

Isekai memiliki persyaratan naratif tertentu untuk memenuhi syarat agar disebut anime Isekai. Syarat-sayarat ini tidak dimiliki oleh serial fantasi.

Alasan anime Isekai sering disamakan dengan fantasi

Karakter Anime Overpower - Ainz Ooal Gown – Overlord. (Fandom)
Karakter Anime Overpower - Ainz Ooal Gown – Overlord. (Fandom)

Tentu saja, ini karena anime isekai paling populer memiliki latar fantasi. Misalnya saja Sword Art Online.

Seri in  bersama dengan pendukung isekai lainnya seperti Overlord menampilkan orang-orang normal yang dilahirkan kembali ke dunia RPG fantasi.

Sword Art Online diakui lebih sci-fi dan kurang berbasis fantasi tradisional dalam hal premis game-nya, tetapi Overlord jelas memiliki nada yang sama dengan RPG fantasi klasik dan MMO modern.

Ada juga judul lain yang, meskipun tidak selalu terinspirasi oleh video game fantasi, masih didasarkan pada kiasan, latar, dan masyarakat fantasi generik.

Misalnya, That Time I Got Reincarnated as a Slime pasti terasa seperti berada di alam yang sama dengan anime fantasi seperti Fairy Tail.

Hal yang sama berlaku untuk isekai yang jauh lebih klasik seperti seri mecha Escaflowne dan Inuyasha favorit Berenang Dewasa.

Sihir, monster, penyihir, dan ksatria yang gagah berani adalah elemen yang cukup umum dari pertunjukan ini, membuatnya hampir tidak dapat dibedakan dari kisah fantasi nyata. Namun, satu hal yang memisahkan mereka adalah hal yang mendefinisikan isekai.

Alasan anime fantasi bukan isekai

Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka atau DanMachi. (MyAnimeList)
Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka atau DanMachi. (MyAnimeList)

Isekai secara harfiah berarti "dunia lain," dan ceritanya melibatkan seseorang dari "dunia normal" yang tiba-tiba dipindahkan ke dunia lain. 

Lalu apa bedanya dengan fantasi. Jika kamu tahu film DanMachi, nah itulah anime fantasi.

Hal tersebut lantaran semua protagonisnya berasal dari dunia itu. Tidak ada reinkarnasi atau semacamnya, yang menjadi salah satu syarat anime disebut Isekai.

Itulah beberapa informasi yang mungkin akan menjawab tentang apa perbedaan anime isekai dan anime fantasi.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait