Geek

Demon Slayer: Kenapa Muzan Membunuh Keluarga Tanjiro?

Muzan Kibutsuji, iblis jahat yang hidup 1.000 tahun.

Agung Pratnyawan

Demon Slayer - Muzan Kibutsuji. (HiTekno.com)
Demon Slayer - Muzan Kibutsuji. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Berikut ini adalah jawaban yang masuk akal kenapa Muzan membunuh keluarga Tanjiro di anime Demon Slayer. Tim HiTekno.com telah merangkumnya dari CBR.com.

Seperti diketahui, anime Demon Slayer kerap menghadirkan pembantaian brutal yang menewaskan banyak karakter.

Salah satu pembantaian besar yang ditampilkan dalam anime ini adalah pembunuhan keluarga Tanjiro Kamado oleh Muzan.  Bahkan, Tanjiro menemukan adiknya, Nezuko Kamado, berubah menjadi iblis.

Beberapa tahun kemudian, setelah Tanjiro Kamado bergabung dengan Korps Pembunuh Iblis , dia bertemu dengan Muzan Kibutsuji saat mengunjungi kota Asakusa.

Di sanalah Tanjiro Kamado dikonfirmasi oleh aroma Muzan Kibutsuji bahwa dia adalah iblis yang telah membantai keluarga Kamado.

Demon Slayer - Muzan Kibutsuji. (fandom)
Demon Slayer - Muzan Kibutsuji. (fandom)

Akan tetapi yang jadi pertanyaan kini adalah apa alasan kenapa Muzan membunuh keluarga Tanjiro?

Muzan Kibutsuji, meskipun menjadi iblis jahat yang hidup 1.000 tahun namun dia ingin tetap hidup alias tidak mau mati.

Tapi Muzan sempat sekarat karena sakit ketika seorang dokter di era Heian Jepang menggunakan Blue Spider Lily yang misterius untuk mengubah Muzan yang sakit menjadi iblis pertama.

Karena sakit tersebut akhirnya Muzan menyadari bahwa meskipun dia telah memperoleh kekuatan yang luar biasa, dia akan mati jika terkena sinar matahari. 

Namun lama-lama Muzan Kibutsuji bosan terus berada di dalam rumah untuk menghindari matahari agar tidak mati.

Demon Slayer - Muzan Kibutsuji. (fandom)
Demon Slayer - Muzan Kibutsuji. (fandom)

Selain matahari, ketakutan terbesar Muzan adalah Sun-Breathing. Muzan berusaha keras untuk memastikan Sun-Breathing dimusnahkan dari muka bumi.

Bermitra dengan Kokushibo, Peringkat Atas Satu dari Dua Belas Kizuki dan saudara laki-laki Yoriichi, Muzan dan iblisnya yang paling kuat berkeliling Jepang, membunuh siapa saja yang pernah mendengar tentang Pernapasan Matahari. 

Dan satu-satunya keluarga yang tahu dengan Sun-Breathing di antero Jepang adalah keluarga Komando alias keluarganya Tanjiro Kamado yang terkenal mewarisi Pernapasan Matahari dari Hinokami Kagura

Itulah salah satu teori mengapa Muzan membunuh keluarga Tanjiro. Namun ada satu teori lagi yang tak kalah kuat.

Kilas balik dari POV Nezuko mengenai serangan di arc terakhir manga, "Sunrise Countdown," menegaskan bahwa motivasi Muzan untuk membantai keluarga Kamado tidak terkait dengan Sun-Breathing.

Demon Slayer - Kibutsuji Muzan. (Fandom)
Demon Slayer - Kibutsuji Muzan. (Fandom)

Muzan Kibutsuji membenci setan karena telah menciptakan setiap setan. Namun Muzan terpaksa harus membuat iblis baru dengan harapan salah satu dari mereka akan mengembangkan kemampuan untuk menahan sinar matahari. 

Ketika Muzan membunuh keluarga Kamado, dia menyuntikkan masing-masing dari mereka dengan dosis besar darahnya, berharap kekuatan yang mereka dapatkan darinya akan melahirkan iblis yang mampu berjalan di bawah sinar matahari.

Nezuko adalah satu-satunya yang selamat dari jumlah darah yang diberikan Muzan kepada mereka, dan di akhir arc "Swordsmith Village" manga, Nezuko memang selamat dari sengatan sinar matahari yang mematikan.

Itulah alasan kenapa Muzan membunuh keluarga Tanjiro. Para penggemar dan penonton anime Demon Slayer harus mengetahuinya.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait