Begini Sejarah Game Metal Slug Lengkap dengan Tahun Terbit Tiap Serinya

Nggak cuma 1-2, ternyata ada bejibun game yang masuk dalam serial Metal Slug, apa saja?

Cesar Uji Tawakal
Minggu, 02 Juli 2023 | 14:30 WIB
Trailer dan gameplay dari Metal Slug Code J, game Metal Slug versi mobile. (YouTube/ SNK OFFICIAL)

Trailer dan gameplay dari Metal Slug Code J, game Metal Slug versi mobile. (YouTube/ SNK OFFICIAL)

Hitekno.com - Salah satu game arcade legendaris yang masih populer hingga saat ini adalah Metal Slug. Game ini merupakan seri permainan tembak-tembakan run and gun yang menampilkan grafis kartun dan humor khas.

Metal Slug pertama kali dirilis pada tahun 1996 oleh SNK untuk mesin arcade Neo Geo. Sejak saat itu, game ini telah menghasilkan banyak sekuel dan spin-off yang menawarkan berbagai macam misi, karakter, senjata, dan kendaraan.

Berikut adalah sejarah singkat dari game Metal Slug lengkap dengan tahun terbit di tiap serinya:

Baca Juga: Begini Urutan Main Game Metal Slug Berdasarkan Alur Cerita

Metal Slug. (SNK)
Metal Slug. (SNK)

1. Metal Slug (1996): Game pertama yang memperkenalkan Marco Rossi dan Tarma Roving sebagai anggota Peregrine Falcon Strike Force yang harus menghentikan rencana jahat Jenderal Morden dan pasukannya.

2. Metal Slug 2 (1998): Game kedua yang menambahkan dua karakter baru, yaitu Eri Kasamoto dan Fio Germi, serta fitur transformasi menjadi zombie, mumi, atau monyet raksasa.

3. Metal Slug X (1999): Game ini merupakan versi perbaikan dari Metal Slug 2 yang mengubah musuh, senjata, dan tingkat kesulitan.

Baca Juga: Sinopsis Game Metal Slug PS2 dari Jilid 1 hingga 7, Ternyata Begini Background Storynya

4. Metal Slug 3 (2000): Game ketiga yang memperluas cakupan misi ke luar angkasa, bawah laut, dan dalam tubuh manusia. Game ini juga menampilkan boss akhir berupa alien raksasa.

5. Metal Slug 4 (2002): Game keempat yang menggantikan Marco dan Tarma dengan Trevor Spacey dan Nadia Cassel. Game ini juga menampilkan musuh baru bernama Amadeus Syndicate yang menciptakan virus komputer untuk menguasai dunia.

6. Metal Slug 5 (2003): Game kelima yang mengembalikan Marco dan Tarma serta menambahkan dua karakter baru lagi, yaitu Ralf Jones dan Clark Still dari seri The King of Fighters. Game ini juga menampilkan musuh baru bernama Ptolemaic Army yang mencuri artefak kuno untuk membangkitkan roh jahat.

Baca Juga: Profil dan Biodata RRQ Naomi, Lengkap dengan Beragam Fakta Menariknya

7. Metal Slug 6 (2006): Game keenam yang merupakan bagian dari kompilasi Metal Slug Anthology untuk konsol PlayStation 2, Wii, dan PSP. Game ini menambahkan satu karakter baru lagi, yaitu Leona Heidern dari seri The King of Fighters, serta fitur sistem senjata ganda dan kemampuan spesial untuk tiap karakter.

8. Metal Slug 7 (2008): Game ketujuh yang dirilis secara eksklusif untuk konsol Nintendo DS. Game ini mengikuti cerita setelah Metal Slug 6 dan menampilkan tujuh misi dengan tingkat kesulitan tinggi.

9. Metal Slug XX (2009): Game ini merupakan versi perbaikan dari Metal Slug 7 yang dirilis untuk konsol PlayStation Portable dan Xbox Live Arcade. Game ini menambahkan satu karakter lagi, yaitu Rumi Aikawa dari seri Metal Slug Advance, serta mode pelatihan dan mode tempur.

10. Metal Slug Defense (2014): Game ini merupakan spin-off berupa permainan tower defense yang dirilis untuk platform Android dan iOS. Game ini menampilkan lebih dari 200 karakter dan unit dari seri Metal Slug yang dapat dikumpulkan dan ditingkatkan.

11. Metal Slug Attack (2016): Game ini merupakan sekuel dari Metal Slug Defense yang juga dirilis untuk platform Android dan iOS. Game ini menambahkan fitur mode cerita, mode serangan guild, mode perang dunia, dan mode perang real-time.

12. Metal Slug Infinity (2019): Game ini merupakan spin-off berupa permainan idle RPG yang dirilis untuk platform Android dan iOS. Game ini menampilkan sistem gacha untuk mendapatkan karakter dan senjata dari seri Metal Slug.

13. Metal Slug Code: J (2020) (kini dikenal dengan sebutan Metal Slug Awakening): Game ini merupakan spin-off berupa permainan aksi side-scrolling yang dirilis untuk platform Android dan iOS. Game ini menampilkan grafis 3D yang modern namun tetap mempertahankan gaya gameplay klasik dari seri Metal Slug.

14. Metal Slug Tactics (2021): Game ini merupakan spin-off berupa permainan strategi turn-based yang dirilis untuk platform PC dan Nintendo Switch. Game ini menampilkan empat karakter utama dari seri Metal Slug yang harus bertarung melawan Jenderal Morden dan pasukannya dengan menggunakan sistem dadu dan kartu.

Demikianlah sejarah singkat dari game Metal Slug lengkap dengan tahun terbit di tiap serinya. Game ini merupakan salah satu game arcade terbaik yang pernah ada dan masih memiliki banyak penggemar setia hingga saat ini. Jika Anda belum pernah mencoba game ini, segera mainkan dan rasakan sensasi petualangan yang seru dan menantang!

Berita Terkait
TERKINI

Aura, Echo dan Team Liquid sangat antusias dengan babak baru ini....

games | 11:12 WIB

Selain kembalinya map legendaris, Call of Duty Mobile juga menghadirkan Machine Pistol baru....

games | 13:50 WIB

Segera rilis global, Pra-registrasi Honor of Kings sudah dibuka....

games | 15:59 WIB

Festival High 5 merayakan kerja sama tim dan para pemain di Honor of Kings....

games | 16:25 WIB

Apa saja yang baru dari update Honkai Star Rail versi 2.2 ini?...

games | 09:47 WIB

Jangan lewatkan pra-registrasi Zenless Zone Zero....

games | 14:14 WIB

Siap-siap, apa saja yang disiapkan dalam event waktu terbatas di Tears of Themis....

games | 16:23 WIB

Melalui update Genshin Impact ini, pemain dapat menantikan Arlecchino, Fatui Harbinger ke-4, sebagai anggota party yang ...

games | 13:07 WIB

Acara Khusus Fan Art Genshin Impact HoYoFair2024 akan disiarkan secara langsung pada 13 April 2024....

games | 10:21 WIB

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB
Tampilkan lebih banyak