Panduan 3 Lane di Mobile Legends Lengkap dengan Hero yang Cocok

Baru nyoba main Mobile Legends dan bingung sama lane-nya? Simak dulu panduannya lengkap dengan hero yang cocok.

Cesar Uji Tawakal
Selasa, 21 Februari 2023 | 19:35 WIB
Mobile Legends

Mobile Legends

Hitekno.com - Paduan lane di Mobile Legends lengkap dengan hero yang cocok sangat ditunggu-tunggu. Mobile Legends memiliki sistem roadway yang asimetris, dan penamaan setiap roadway menjadi relevan. Ada tiga lane roadway yang akan kamu lihat di layar dalam game ini, yaitu jalur atas (top lane), jalur tengah (middle row), dan jalur bawah (lower lane).

Seiring berjalannya waktu, nama ketiga jalur tersebut memiliki istilah yang berbeda. Posisi top lane sering disebut dengan Hard track atau Offline. Sedangkan jalur bawah sering disebut sebagai safe trail. Kemunculan istilah ini sesuai dengan keberadaan pemolesan monster yang ada di setiap jalur.

Berikut panduan lane di Mobile Legends lengkap dengan hero yang cocok seperti tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: Cara Membuat KTP Digital di HP: Mudah Cuma Tujuh Langkah

1. Top Lane/Hard Line/Off-lane

Hero Mobile Legends - X.Borg. (fandom)
Hero Mobile Legends - X.Borg. (fandom)

Top Lane bisa disebut Hard Line/Off-lane sesuai kondisi. Karena tidak ada polishing, hero yang menjaga lane ini biasanya tidak membutuhkan polishing untuk berkembang dan bisa tetap di jalurnya sendiri. Selain itu, lane guard ini biasanya ditekan di early game dan akan terlihat perannya di center hingga late game.

Saat kita berada di top lane, kita bisa memotong minion dari side lane. Hal yang sama berlaku untuk tim lawan. Memotong jaring lebih mudah di hard lane daripada safe lane. Salah satu alasannya adalah adanya semak yang menguntungkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi TWS Murah dengan Noise Cancelling, Mulai Rp 200 Ribuan

Role yang biasanya menjaga posisi Hard line adalah Fighter/Offlaner karena tidak bergantung pada polishing dan memiliki durabilitas yang cukup kuat. Sehingga mereka akan cukup kuat saat ditekan oleh tim lawan, bahkan di early game.

Tugas hero yang berada di top lane mereka adalah farming untuk mendapatkan EXP dan menabrak tower saat di jalan raya. Itu karena di track lain banyak musuh. Beberapa hero yang cocok untuk hard lane adalah Thamus, Leomord, X.Borg, body, dan Terizla.

Selalu waspadai posisi musuh di Minimap. Jangan terlalu jauh jika musuh menghilang dari minimap dan tidak muncul kembali selama beberapa detik. Karena mereka dapat mengejutkan dan menyerang kamu. Walaupun sangat sulit untuk mempertahankan top lane, kamu memiliki keuntungan mendapatkan buff gold dari Crab Lake.

Baca Juga: Mobile Legends Hero Tier List: Dari Termudah hingga Tersulit 2023

Karena sangat dibutuhkan di early game, maka tak heran jika Crab Lake kerap menjadi titik pertikaian. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa lane tersebut berada dalam kondisi aman dan terkendali sebelum hero mid-lane akhirnya pindah ke jalur teratas dan mengambil buff emas. Biasanya, mereka digunakan oleh tank, ditemani semak terbuka yang ada di depan Crab Lake.

2. Mid Lane

Hero Mobile Legends, Kagura. (fandom)
Hero Mobile Legends, Kagura. (fandom)

Salah satu ciri Mid Lane adalah memiliki buff monster, green buff, dan buff tambahan. Buff ini bisa dicuri dari tim lawan jika bermain sangat agresif. Karena itu, hero yang mengambil posisi di middle lane harus ditemani oleh tank. Tugasnya tidak lain adalah membuka view dan menahan damage dari Jungle Monster.

Hero yang berada di Mid lane dan tank yang menjaganya seringkali harus mengembara ke lane atas atau bawah. Roam ditentukan dari posisi dan jumlah musuh yang muncul di minimap. Mid lane yang bagus harus bisa membunuh hero lawan baik dari early game solo maupun Team fight dengan dibantu oleh Tank initiator.

Hero-hero di mid-lane harus bisa mendominasi permainan sejak early game, bisa dirotasi, dan Wave minion dengan cepat. Maka mereka harus bisa melakukannya juga ganking dan pasti membunuh. Biasanya posisi ini dikuasai oleh hero, baik magicians atomic bombs, maupun gank. Beberapa hero yang biasanya mendominasi posisi ini adalah gusion, Lunox, Kagura, Harith, dan Harley.

3. Lowest lane/safe lane

Jawhead Mobile Legends. (Moonton)
Jawhead Mobile Legends. (Moonton)

Lowest lane sering disebut safelane karena keberadaan monster yang polishing menonjol lebih dekat ke pangkalan dan sulit untuk dicuri musuh. Meski disebut sebagai jalur aman, namun musuh bisa saja masuk dan memotong Minion lane melalui jalur di dekat green monster tersebut. Jadi kalian harus waspada ketika ada musuh yang memotong minion dari atas.

Lowest lane tidak memiliki Crab Lake itu sendiri, jadi kamu harus mendapatkan gold buff dengan mencuri Crab Lake musuh. Kamu bisa memata-matai pergerakan musuh yang mencoba membunuh Crab Lake dari dalam semak yang ada di depannya. Namun itu bukanlah tugas yang mudah karena butuh persiapan yang matang dan sedikit keberuntungan.

Hero yang berada di lowest lane biasanya diawaki oleh riflemen and fuel caps. Sagitarius harus dijaga di sana early game jadi harus dibarengi dengan Fuel cap. Namun saat permainan tiba di pertengahan permainan, tank cover harus bisa mengembara ke lane lain untuk mengisi celah dan segera menjaga lagi riflemen tim kamu.

Hero yang mengisi trail ini biasanya jarang berkeliaran. Saat Sagitarius bangkit dan equipment dibutuhkan, biasanya lowers lane yang diisi oleh Offlaner dipindahkan dari top lane untuk menghancurkan tower musuh.

Kondisi ini juga bisa terjadi jika marksman tim kamu tidak kuat menghadapi Hero musuh yang berada di lane yang sama dengan dirinya yang berada di lane bawah. Beberapa hero yang biasanya mendominasi posisi ini adalah Esmeralda, Jawhead, Yu Zhong, Hayabusa, dan Uranus.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Siap-siap, apa saja yang disiapkan dalam event waktu terbatas di Tears of Themis....

games | 16:23 WIB

Melalui update Genshin Impact ini, pemain dapat menantikan Arlecchino, Fatui Harbinger ke-4, sebagai anggota party yang ...

games | 13:07 WIB

Acara Khusus Fan Art Genshin Impact HoYoFair2024 akan disiarkan secara langsung pada 13 April 2024....

games | 10:21 WIB

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB
Tampilkan lebih banyak