Kisah Gamer Bocorkan Rahasia Militer, Sebabnya Bikin Nggak Nyangka

Siapa sangka demi debat tentang akurasi unit tempur di game, gamer ini nekat bongkar spesifikasi F-16 buatan Amerika Serikat.

Cesar Uji Tawakal
Rabu, 08 Februari 2023 | 14:47 WIB
Ilustrasi Game War Thunder. (Warthunder.com)

Ilustrasi Game War Thunder. (Warthunder.com)

Hitekno.com - Pemain game online yang perfeksionis sempat bikin heboh dengan memperdebatkan pemodelan yang tepat dari persenjataan pilihan mereka.

Dilansir dari Russia Today, gamer tersebut pada tahun lalu memposting informasi sensitif tentang jet tempur F-16 dan F-15 buatan Amerika Serikat pada dua kesempatan terpisah hanya dalam satu minggu.

Game yang dimaksud adalah 'War Thunder', pemain yang sebelumnya telah membocorkan rahasia spesifikasi tank tempur Challenger-2 Inggris, tank Leclerc Prancis, dan peluru anti-armor DTC10-125 Cina.

Baca Juga: Vivo Disinyalir akan Siapkan V27 Series, Begini Bocorannya

Selain itu ia juga mengungkap rahasia menyangkut F-16 Fighting Falcon, yang dibangun oleh kontraktor pertahanan AS General Dynamics, dan McDonnell Douglas F-15E Strike Eagle.

Seperti bocoran lainnya, yang satu ini datang di forum diskusi untuk War Thunder, di mana pemain game online realistis sering rewel atas keakuratan kendaraan militer.

Ilustrasi Game War Thunder. (Warthunder.com)
Ilustrasi Game War Thunder. (Warthunder.com)

PC Gamer  bahwa dalam diskusi F-16 yang telah berlarut-larut sejak pertengahan 2022, salah satu pemain menulis pada 16 Januari tentang "hal menarik yang saya temukan selama penelitian saya."

Baca Juga: Sambut Valentine, Call of Duty Mobile Bagi-bagi Senjata Legendary Gratis

Pemain, yang dikenal sebagai spacenavy90, melampirkan dokumen untuk membuktikan pernyataannya tentang rudal yang dipandu radar AIM-120 dan panel kontrol kokpit jet. Dokumen itu telah membatasi otorisasi distribusi, menurut moderator forum.

Hanya dua hari setelah itu, anggota forum lain, RanchSauce39, dilaporkan memposting kumpulan manual perangkat lunak Program Penerbangan Operasional untuk F-15E, termasuk detail tentang kontrol penerbangan, penargetan, dan sistem senjatanya.

Seperti dalam kasus setipe yang melibatkan sistem senjata lain, informasi sensitif dihapus setelah ditandai oleh moderator dan pengembang game. Distribusi data militer rahasia di tempat yang tidak sah, seperti forum game online, dapat mengakibatkan sanksi perdata atau pidana.

Baca Juga: 4 Hero Assassin Tersakit di Late Game Mobile Legends, Bisa Bikin Comeback!

War Thunder, yang dikembangkan oleh Gaijin Entertainment, sebuah perusahaan yang berbasis di Budapest dengan asal-usul Rusia yang berbeda, memungkinkan pemain untuk bertarung satu sama lain menggunakan kendaraan militer historis dan modern, baik tank, pesawat ataupun kapal.

Banyak pemain yang tertarik pada game terobsesi dengan akurasi dan menekan desainer game untuk mendapatkan setiap detail dengan benar – dalam beberapa kasus mendukung argumen mereka dengan materi terbatas, seperti manual Challenger-2 rahasia yang dibagikan pada Juli 2021.

"Kami selalu menghapus postingan yang berisi informasi rahasia atau terbatas dari forum kami sesegera mungkin," Kata Gaijin dalam sebuah pernyataan kepada PC Gamer. "Kami melarang pengguna kami untuk membagikan dokumen semacam ini di platform kami. Kami mengingatkan pengguna kami berulang kali bahwa itu ilegal dan tidak ada gunanya, jadi mereka tidak boleh melakukan itu. Kami tidak pernah menggunakan dokumen seperti ini dalam pekerjaan kami."

Sementara itu, gamer berjanji untuk "lebih berhati-hati tentang informasi teknis apa yang saya posting," kata spacenavy90 kepada PC Gamer. "Mudah-mudahan, kami dapat menempatkan masalah ini di belakang kami."

Berita Terkait
TERKINI

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB
Tampilkan lebih banyak