Games

Arti Sus: Populer di Game Among Us, Kini Menyebar sebagai Bahasa Gaul Chat dan Media Sosial

Istilah ini pernah populer di tahun 2000-an, sempat tenggelam dan kini kembali populer berkat game.

Cesar Uji Tawakal

Among Us. (Innersloth)
Among Us. (Innersloth)

Hitekno.com - Kata SUS cukup ramai diperbincangkan belakangan ini. Namun, apa sebenarnya arti dari kata SUS ini? Media sosial telah mengubah banyak kata yang kita gunakan saat berkomunikasi. Bukan hanya saat berkirim pesan, tetapi bahkan saat kita berbicara secara langsung. 'SUS' adalah istilah baru yang sedang tren akhir-akhir ini.

Arti SUS dalam pesan teks dan media sosial? SUS adalah akronim yang berarti “suspicious.” Atau "mencurigakan." Ini sering digunakan untuk menggambarkan pesan atau posting yang mencurigakan atau menimbulkan tanda bahaya.

SUS dapat digunakan sebagai peringatan kepada orang lain, atau dapat digunakan sebagai cara untuk mengungkapkan keraguan terhadap sesuatu.

Pada artikel ini, tim HiTekno.com akan membahas arti SUS dan bagaimana penggunaannya dalam pesan teks dan media sosial. Berikut arti SUS dalam pesan teks dan media sosial yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Asal-usul SUS

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa orang menggunakan istilah "sus", di media sosial. Jika ada sesuatu yang aneh dan tidak bisa dipercaya, itu adalah “sus. “Meskipun penggunaan “sus” secara luas masih baru, istilah itu sendiri, sudah ada sebelum internet.

Selama beberapa dekade, orang telah menggunakan kata "suss out" untuk menunjukkan kebenaran dari seseorang. Kamu mungkin pernah melihatnya di serial kejahatan TV. Kata “sus” telah digunakan sejak lama. Istilah SUS pertama kali populer pada tahun 2003.

Sempat tenggelam, kata sus kembali tren lewat game multiplayer Among Us yang booming tahun 2020 lalu. Dalam game Among Us, pemain akan menyebut orang lain sebagai “sus” jika berdasarkan gerak-geriknya tampak berbohong dan mencurigakan.

SUS Sebagai Bahasa Gaul

“SUS” memiliki popularitas sendiri di luar Among Us. Bahkan objek yang tidak berhubungan dengan Among Us atau video game disebut “sus”.

Sekarang sudah menjadi hal yang biasa di internet, Twitter hingga YouTube. Dalam kehidupan nyata, kata "sus" dapat digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang mencurigakan, seperti potongan daging yang tampak aneh atau SMS palsu yang menjanjikan uang jutaan rupiah.

Cara Menggunakan SUS

Gunakan "sus" alih-alih "mencurigakan" atau "mencurigai". Sebagai contoh:

"Pejabat adalah SUS (yang dicurigai) dari motif ini sejak awal."

"Istrinya sepertinya SUS (mencurigakan), aku tidak percaya padanya."

Dalam kedua kasus, jelas bahwa pembicara berpikir ada sesuatu yang terjadi, itulah yang dimaksud dengan "sus".

Itulah penjelasan singkat arti SUS dalam bahasa gaul chat dan media sosial. SUS juga dapat digunakan untuk menggambarkan seseorang yang gerak-geriknya mencurigakan.

Jika kamu melihat seseorang SUS dalam pesan teks atau di media sosial, penting untuk menyadari potensi bahaya yang mungkin ditimbulkannya.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait