Games

Gameplay Final Fantasy XVI Terungkap, Siap Meluncur Tahun Depan

Trailer Final Fantasy XVI menampilkan beberapa makhluk raksasa.

Rezza Dwi Rachmanta

Final Fantasy XVI. (Square Enix)
Final Fantasy XVI. (Square Enix)

Hitekno.com - Sebagai bagian dari PlayStation State of Play 2022, Square Enix memamerkan trailer gameplay Final Fantasy XVI ke publik. Trailer memperlihatkan beberapa makhluk raksasa dan sedikit penggalan cerita.

Square Enix belum mengumumkan rincian tanggal rilis, namun publisher mengonfirmasi bahwa Final Fantasy XVI akan meluncur pada musim panas 2023.

Sempat diundur meski sudah jadi, trailer Final Fantasy XVI tentu dapat menjadi kabar gembira bagi penggemar. Kita bisa melihat beberapa makhluk raksasa dari seri Final Fantasy seperti Odin, Bahamut, Garuda dan Ifrit.

Sepertinya ini adalah "Eikons" yang telah disebutkan dalam materi resmi sebelum acara. "Dalam trailer terbaru, kami telah memperkenalkan beberapa Eikons, serta memberikan gambaran yang lebih rinci tentang sistem pertempuran penuh aksi dan kebebasan yang diberikannya kepada pemain," kata sutradara Final Fantasy XVI, Hiroshi Takai.

Dikutip dari Kotaku, FFXVI berlangsung di dunia fantasi Valisthea, di mana kemakmuran dijamin oleh pegunungan magis berkilauan yang disebut Mothercrystals.

Final Fantasy XVI. (Square Enix)
Final Fantasy XVI. (Square Enix)

Terdapat manusia super yang disebut “Dominants". Mereka dapat mengendalikan monster mematikan yang disebut Eikons. Sebelum ini, produser Final Fantasy XVI, Naoki Yoshida, menjanjikan bahwa game terbaru mereka dapat membuat pemain larut dalam cerita dan membangkitkan gairah para penggemar.

"Tidak seperti game online yang melibatkan banyak pemain pada saat bersamaan, Final Fantasy XVI menawarkan pengalaman berbeda di mana game ini berfokus pada individu pemain dan membenamkan Anda dalam cerita," kata Yoshida.

Yoshida turut menyiratkan bahwa Final Fantasy XVI bakal membuat pemain merasa ketagihan dalam mencoba pengalaman baru di dalam game.

"Saya pikir ini adalah cerita yang sangat matang. Bagi mereka yang telah dewasa dan menyadari bahwa kenyataan tidak baik bagi Anda serta telah menjauh dari Final Fantasy, kami berharap FF16 akan menjadi game yang dapat menghidupkan kembali gairah yang pernah Anda miliki pada serial ini," ungkap Yoshida menambahkan.

Terdapat enam faksi pada dunia fiksi yaitu Grand Duchy of Rosaria, Holy Empire of Sanbreque, Kingdom of Waloed, Dhalmekian Republic, Iron Kingdom, dan Crystalline Dominion. Karakter protagonis pada Final Fantasy XVI termasuk Clive Rosfield, Joshua Rosfield, dan Jill Warrick.

Berita Terkait