Games

7 Rekomendasi Game PC Ringan untuk Laptop Kentang Spek Rendah

Punya laptop kentang tapi ingin main game? Cek berikut ini rekomendasi game PC ringan yang seru.

Agung Pratnyawan

MudRunner. (Steam)
MudRunner. (Steam)

Hitekno.com - Rekomendasi game PC ringan untuk laptop bisa menjadi alternatif bagi kamu yang bosan dengan game mobile. Namun tak semua game seru bisa dimainkan di laptop, terutama di laptop kentang.

Jenis game AAA merupakan salah satu game yang seru dan banyak dimainkan. Namun sayangnya game seperti itu menuntut spesifikasi PC/laptop yang tinggi agar bisa memainkannya dengan lancar.

Ada beberapa game dengan spesifikasi yang tak terlalu tinggi namun tetap lancar dimainkan di laptop kentang. Meski tidak menghadirkan grafis memukau, game-game model ini memiliki daya tarik berbeda. 

Bahkan PC atau laptop kentang dengan RAM 4 GB juga tetap bisa memainkan game ini dengan baik. Apa saja game PC ringan yang bisa dimainkan dengan memakai laptop kentang?

Berikut rekomendasi game PC ringan untuk laptop yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. OMORI

OMORI. (Steam)
OMORI. (Steam)

Game Omori mengusung genre yang lebih mengarah kepada game horor, bukan kisah cinta. Kamu akan menjelajahi dunia aneh bersama teman-teman. Lalu memilih beberapa dialog, untuk menentukan alur cerita di akhir permainan.

Meski mengusung grafis 2D sederhana, Omori menawarkan banyak kejutan dari sisi cerita. Dan ingat game PC ringan ini mengusung genre horor yang cukup menakutkan.

2. Papers, Please

Papers, Please. (Steam)
Papers, Please. (Steam)

Papers, Please adalah game buatan developer bernama Lucas Pope yang rilis tahun 2013. Dalam Papers, Please, kamu akan bermain sebagai seorang petugas imigrasi di gerbang perbatasan.

Tugasmu adalah memeriksa dokumen para imigran yang ingin melintas masuk ke negaramu. Jika dokumennya valid, mereka boleh masuk. Jika kamu menemukan informasi yang tidak cocok, dokumen palsu, atau pelanggaran lain, mereka ditolak.

Sekilas mudah, namun siapa yang kamu izinkan untuk masuk ke negara akan memberikan dampak tak terduga nantinya.

3. Unpacking

Unpacking. (Steam)
Unpacking. (Steam)

Unpacking adalah permainan zen tentang kegiatan familier mengeluarkan barang kepemilikan dari dalam kardus dan menatanya di rumah baru.

Game ini memadukan puzzle balok dan dekorasi rumah. Kamu akan diundang untuk menciptakan ruang tinggal yang nyaman sambil mengungkap petunjuk tentang kehidupan lamamu.

Seiring perjalanan game, kamu akan menyadari kalau Unpacking menyajikan cerita yang tak terduga. Kamu bisa mendapatkan cerita dari barang-barang apa yang kamu tata di rumah.

4. Doki Doki Literature Club Plus!

Doki Doki Literature Club Plus!. (Steam)
Doki Doki Literature Club Plus!. (Steam)

Doki Doki Literature Club Plus! Mengusung tagline "Enter the #1 Psychological Horror Experience!", Doki Doki Literature Club Plus! hadir atas hasil kerjasama antara Team Salvato dengan publisher Serenity Forge. Versi terbaru ini hadir dengan banyak fitur beserta konten baru yang berbeda dari game aslinya.

Doki Doki Literature Club Plus! akan menghadirkan konten baru berupa Side Stories. Side Stories berisi berbagai cerita antar karakter yang mana latarnya berada di luar cerita utama game aslinya.

Di sini ceritanya akan lebih difokuskan bagaimana masing-masing anggota klub literatur tersebut saat pertama kali bertemu hingga menjadi teman dekat satu sama lain.

5. Rage in Peace

Rage in Peace. (Twitter/@rageinpeacegame)
Rage in Peace. (Twitter/@rageinpeacegame)

Rage in Peace adalah game bergenre platformer side-scrolling yang memadukan adventure dengan grafis 2D penuh warna. Game PC ini dikembangkan oleh Rolling Glory Jam, developer game asal Indonesia.

Mengisahkan Timmy Malinu, seorang pemuda 27 tahun yang berjuang melawan takdir kematian. Sosok berwajah imut ini harus berjuang melawan rintangan untuk bertahan hidup.

Uniknya, Rage in Peace menawarkan gameplay penuh tantangan yang terkadang memicu emosi. Cocok untuk kamu yang mencari game PC penuh tantangan yang ekstra sulit.

6. Don't Starve Together

Don't Starve Together. (Steam)
Don't Starve Together. (Steam)

Don't Starve Together termasuk game survival yang mengharuskan kamu untuk bertahan hidup di dunia yang berkesan gothic. Mengusung genre multiplayer survival, game PC ini menawarkan tantangan sendiri.

Kamu akan berhadapan dengan bahaya dan monster aneh. Sesuai dengan judulnya, di dalam game ini kamu sebaiknya jangan sampai kelaparan bersama teman-temanmu. Carilah resource untuk membuat sebuah item, dan membangun struktur untuk bertahan hidup.

Tidak hanya itu, game PC ringan ini masih memiliki misteri yang berada di bawah tanah. Kamu akan menemukan tantangan ekstra untuk dijelajahi.

7. MudRunner

MudRunner. (Steam)
MudRunner. (Steam)

MudRunner adalah versi akhir dari games balapan hit Spintires. Seperti Spintires sebelumnya. Dalam Spintires MudRunner kamu akan ditempatkan di kursi pengemudi dan ditantang untuk mengendalikan kendaraan dalam medan yang luar biasa, berkeliaran di lanskap ekstrem dengan hanya peta dan kompas sebagai pemandu.

Itulah 7 rekomendasi game PC ringan untuk laptop kentang yang layak kamu mainkan di saat pikiran lagi penat. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait