Games

Semakin Melesat, Penjualan Ghost of Tsushima Tembus 8 Juta Kopi

Ghost of Tsushima mendapat banyak respons positif dan penghargaan setelah rilis.

Rezza Dwi Rachmanta

Ghost of Tsushima. (PlayStation)
Ghost of Tsushima. (PlayStation)

Hitekno.com - Ghost of Tsushima termasuk game action-adventure yang mendapat sambutan positif saat meluncur pada kuartal ketiga 2020. Terus melesat, penjualan Ghost of Tsushima telah menembus 8 juta kopi di seluruh dunia.

Ini merupakan pencapaian positif mengingat usia Ghost of Tsushima belum genap mencapai dua tahun. Kabar penjualan lebih dari 8 juta kopi disampaikan langsung oleh sang developer, Sucker Punch Productions.

"Kami senang dan kagum bahwa #GhostOfTsushima telah resmi terjual lebih dari 8 juta kopi! Terima kasih banyak untuk semua orang yang telah bermain sejak peluncuran! Kami sangat menghargai dan berterima kasih atas dukungannya," tulis akun Twitter resmi milik Sucker Punch Productions.

Angka ini naik lebih dari 3 juta unit sejak perusahaan mengumumkan penjualan 5 juta kopi pada November 2020. Sebagai informasi, Ghost of Tsushima dikenalkan pertama kali ke platform PS4 pada Juli 2020. Penggemar kemudian dapat memainkan Ghost of Tsushima di PS5 sejak Agustus 2021 lalu.

Dikutip dari VG247, Ghost of Tsushima tercatat telah terjual lebih dari 2,4 juta kopi dalam tiga hari setelah perilisan utama. Ini menjadikan debut IP pihak pertama dengan penjualan tercepat di PS4.

Ghost of Tsushima telah laku lebih dari 8 juta kopi. (Twitter)
Ghost of Tsushima telah laku lebih dari 8 juta kopi. (Twitter)

Selama bulan yang sama, Ghost of Tsushima juga menjadi game terlaris di Amerika Serikat. Pada Oktober 2021 lalu, Ghost of Tsushima turut menjadi sorotan dalam ajang penghargaan Japan Game Awards 2021.

Dua game yang memperoleh penghargaan tertinggi adalah Ghost of Tsushima dan Monster Hunter Rise. Game action-adventure ini meraih dua penghargaan sekaligus yaitu Grand Award dan Award for Excellence.

Ghost of Tsushima. (PlayStation)
Ghost of Tsushima. (PlayStation)

Ghost of Tsushima langsung menerima sambutan positif setelah dirilis pada Juli 2020. IGN memberikan 9 dari 10 poin penilaian sementara OpenCritic dan Metacritic memberikan penilaian masing-masing 85 dan 83 persen.

Bahkan hanya sepekan sejak Ghost of Tsushima rilis, pihak PlayStation mengaku sempat kehabisan stok kopi fisik sehingga meminta gamer untuk membeli versi digital download.

Berita Terkait