Esports World Championship 2022 Bakal Digelar di Indonesia

Indonesia terpilih dari enam negara lainnya yang juga ikut serta mengajukan diri menjadi tuan rumah Esports World Championships 2022.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 20 November 2021 | 21:30 WIB
Ilustrasi main game Esports di smartphone. (Pixabay)

Ilustrasi main game Esports di smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah dari kejuaraan Esports dunia, Esports World Championships 2022. Gelaran ini direncanakan bakal dilaksanakan di Bali nantinya.

Indonesia terpilih dari enam negara lainnya yang juga ikut serta mengajukan bidding untuk tuan rumah kejuaraan dunia esport tersebut.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 diumumkan oleh Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu dalam IESF Ordinary General Meeting di Eliat, Jumat, yang dihadiri oleh delegasi Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Desra Firza Ghazfan.

Baca Juga: FIGHT Esports Raih Best Consumer Event dalam MEvents Awards 2021

"Kami menjalankan proses bidding secara formal selama empat bulan dengan dokumen yang ketat untuk memastikan kejuaraan dunia ini dapat berlangsung aman bagi para atlet esport," kata Marinescu dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/11/2021).

Marinescu mengatakan Bali sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022, sebab Indonesia memiliki tim esport yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama.

Menurut Marinescu "kualitas pengalaman orang Indonesia di esport dalam mendukung acara dan profesionalisme komite Olimpiade dan seluruh tim, juga federasi esport di Indonesia," juga menjadi salah satu alasan Indonesia terpilih menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Indonesian Esports Awards 2021: MPL Turnamen Favorit, RRQ Tim Favorit

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 juga merupakan buah diplomasi olahraga Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Pada September lalu, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari bertemu Marinescu di Budapest, yang salah satu hasilnya adalah menempatkan Tommy Hermawan Lo masuk dalam jajaran dewan IESF.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, menyambut antusias keputusan IESF. Ditetapkannya Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 sekaligus menjadi pembuktian buah manis diplomasi olahraga KOI dan sinergi federasi nasional.

Baca Juga: Jelang M3, Hero Pool Tim Esports Indonesia Jadi yang Terbanyak

"Sejak awal kita memang atas perintah Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo, untuk mengambil menjemput lebih banyak event-event internasional ke Indonesia, dan salah satunya dan memang sudah kita incar adalah esport," kata Okto.

"Jangkauan esport ini sangat luas dan melalui World Championship ini kita bisa menjangkau lebih banyak lagi seluruh penjuru di dunia untuk mempromosikan dan membuktikan bahwa Indonesia juga bisa menjadi tuan rumah dari kejuaraan dunia yang bisa dilaksanakan dengan baik."

Okto berharap IESF 14th Esports World Championships 2022 di Indonesia bisa menambah gairah industri esport di Tanah Air. Terlebih, event tersebut akan diselenggarakan di Bali yang terkenal sebagai tempat peleburan kekayaan tradisi budaya masa lalu dan modern.

Baca Juga: Dukung Indonesia di M3 World Championship 2021, Tak hanya Tim Esports!

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo, bahwa penyelenggaraan kejuaraan dunia esport di Bali menjadi motor penggerak perkembangan industri esport sekaligus tonggak sejarah bagi Indonesia.

"Kompetisi akbar tingkat dunia ini akan menghadirkan lebih dari 100 negara yang merupakan anggota International Esports Federation. Kami meyakini penyelenggaraan esport kelas dunia di Indonesia akan menjadi motor perkembangan industri esport nasional sekaligus akan menjadi torehan dan salah satu tonggak penting dalam sejarah esport Indonesia," kata Bambang.

IESF 14th Esports World Championships 2022 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada 20-27 November. Siap menyambut kejuaraan Esports dunia ini? (Suara.com/ Liberty Jemadu)

Berita Terkait
TERKINI

Siap-siap, apa saja yang disiapkan dalam event waktu terbatas di Tears of Themis....

games | 16:23 WIB

Melalui update Genshin Impact ini, pemain dapat menantikan Arlecchino, Fatui Harbinger ke-4, sebagai anggota party yang ...

games | 13:07 WIB

Acara Khusus Fan Art Genshin Impact HoYoFair2024 akan disiarkan secara langsung pada 13 April 2024....

games | 10:21 WIB

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB
Tampilkan lebih banyak