Games

Banyak Penonton, Mobile Legends Jadi Game Terpopuler di Asia Tenggara

Untuk wilayah Asia Tenggara, game mobile, Mobile Legends menguasai sebagian besar wilayah.

Amelia Prisilia

ONIC juara MPL Season 8. (MPL Indonesia)
ONIC juara MPL Season 8. (MPL Indonesia)

Hitekno.com - Seiring berjalannya waktu, game mobile kini kian populer dan diminati. Berdasarkan data terbaru yang diungkap Escharts belum lama ini, Mobile Legends menjadi game terpopuler di Asia Tenggara.

Melihat minatnya, harus diakui jika game mobile sangat populer di kawasan Asia. Secara dunia, game mobile memang belum terlalu diminati jika harus dibandingkan dengan beberapa game PC dan lainnya.

Namun, berdasarkan analisa negara-negara di Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara dengan mempertimbangkan Hours Watched turnamen hingga perkembangan statistik, terungkap game terpopuler di setiap wilayah tersebut.

Untuk wilayan Vietnam, Thailand, Taiwan dan Makau, game mobile paling populer dan yang diminati adalah Arena of Valor. Game karya Tencent Games ini menempati urutan keempat dalam daftar game mobile populer.

Di Korea Selatan, game Clash of Clans begitu diminati. Sedangkan League of Legends: Wild Rift menguasai Hongkong. Game Free Fire menguasai Sri Lanka dan India. Sedangkan Singapura dan Brunei ikut didominasi oleh game PUBG Mobile.

ONIC juara MPL Season 8. (MPL Indonesia)
ONIC juara MPL Season 8. (MPL Indonesia)

Untuk wilayah Asia Tenggara, game mobile, Mobile Legends menguasai sebagian besar wilayah. Melihat jam menonton atau hour watch, turnamen Mobile Legends di Indonesia menjadi yang paling banyak ditonton.

Turnamen MPL Indonesia secara berkala mencetak rekor baru tidak hanya dalam kategori game mobile namun hingga esports secara menyeluruh. Tidak hanya di Indonesia, turnamen Mobile Legends di Filipina, Myanmar, Malaysia dan Singapura juga mencetak jam menonton yang tinggi. Disusul wilayah Kamboja dan Brasil.

Melihat jumlah jam menonton yang diungkap Escharts ini, dapat dipastikan jika Mobile Legends menjadi game mobile terpopuler di kawasan Asia Tenggara. Game ini lalu bersaing ketat dengan sejumlah game mobile lainnya seperti PUBG Mobile hingga Free Fire.

Berita Terkait