Games

Rangkaian IT Days 2021, HMIF Sanata Dharma Gelar Kompetisi Esports

Kompetisi Esports IT Days 2021 diikuti puluhan tim dari Yogyakarta.

Rezza Dwi Rachmanta

Kompetisi Esports IT Days 2021 HMIF Sanata Dharma. (YouTube/ HMIF USD)
Kompetisi Esports IT Days 2021 HMIF Sanata Dharma. (YouTube/ HMIF USD)

Hitekno.com - Melalui rangkaian IT Days 2021, Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan kompetisi eSports pada Oktober. Kompetisi ini diikuti oleh puluhan tim eSports yang ada di Yogyakarta.

Mengingat masih dalam masa pandemi, kompetisi tersebut digelar secara online dan disiarkan melalui saluran YouTube HMIF USD.

IT Days 2021 sendiri terdiri dari berbagai macam acara yaitu Webinar IT Days 2021, Digital Poster Competition, lomba fotografi, dan Esports Competition.

Acara puncak akan dilaksanakan pada 6 November 2021 di mana mereka turut menghadirkan konser virtual dan talkshow. Patrissio Agung Wisanggeni Susanto selaku Koordinator Humas HMIF menjelaskan bahwa rangkaian acara IT Days 2021 sudah dimulai pada 16 Oktober 2021.

Setelah dibuka dengan misa yang dipimpin oleh Romo Cyprianus Kuntoro Adi, Ph.D., rangkaian IT Days 2021 resmi dimulai.

Logo IT Days 2021. (Instagram/ itdays_usd)
Logo IT Days 2021. (Instagram/ itdays_usd)

Sebelum acara final kompetisi eSports, mereka menggelar Webinar IT Days yang turut dihadiri oleh beberapa dosen Informatika Universitas Sanata Dharma bersama dengan narasumber dari alumni yang telah bekerja di industri informatika.

Esports Competition IT Days 2021 mempertandingkan dua game populer yaitu Mobile Legends dan PUBG Mobile. Total hadiah yang diperebutkan senilai Rp 4,4 juta.

Jumlah peserta mencapai 22 tim untuk PUBG dan 25 tim (40 slot) untuk Mobile Legends. Pada kompetisi Mobile Legends, satu tim dapat memiliki dua slot khusus.

Babak final Mobile Legends berlangsung pada Jumat (29/10/2021) sementara babak final PUBG Mobile diselenggarakan Sabtu (30/10/2021). Empat besar tim yang masuk semifinal yaitu Wong Fey Hung Student 1, Fiesta Chicken Nugget 2, Rio, dan Wong Fey Hung Student 2.

Grand Final Esports Competition IT Days 2021 Mobile Legends. (YouTube/ HMIF USD)
Grand Final Esports Competition IT Days 2021 Mobile Legends. (YouTube/ HMIF USD)

Pertandingan hingga semifinal dilakukan dengan sistem Bo1 (Best of One) sehingga tim hanya butuh satu kemenangan untuk mencapai Grand Final. Babak Grand Final mempertemukan antara Wongfeihung Student dan tim Rio.

Inisiasi apik menggunakan hero Jawhead dan eksekusi mematikan Yi Sun Shin membuat Rio mengunci kemenangan game pertama dalam waktu 15 menit. Game kedua berlangsung lebih seru di mana Wong Fey Hung Student sempat melakukan comeback di late-game.

Menyerang ke arah base milik Rio, tiga hero Wong Fey Hung justru tumbang di menit ke-22. Straight Push langsung ke Inhibitor, game kedua akhirnya berhasil diamankan oleh tim Rio. Hasil kemenangan 2 vs 0 tersebut membuat Rio menjuarai Esports Competition IT Days 2021 Mobile Legends.

Grand Final Esports Competition IT Days 2021 PUBG Mobile. (YouTube/ HMIF USD)
Grand Final Esports Competition IT Days 2021 PUBG Mobile. (YouTube/ HMIF USD)

Grand Final PUBG Mobile mempertandingkan 16 tim yang bertemu dalam empat Match. Sebanyak 16 finalis bertarung ke dalam empat Match dengan map Sanhok, Miramar, Erangel dan kembali ke Sanhok lagi.

The Invicible Crew berhasil menjadi juara Esports Competition IT Days 2021 PUBG Mobile setelah mencetak 2 WWCD dengan skor 70 poin. Di tempat kedua, terdapat Bless Esports yang meraih 1 WWCD dengan skor 59 poin. Meski tak meraih WWCD, Fight to Win menempati peringkat ketiga dengan skor 58 poin.

Berita Terkait