Games

Game PC Tidak Masuk ke PON XX Papua 2021, Ini Penjelasan PBESI

Ada PES 2021 atau eFootball 2021, namun yang dimainkan versi konsol bukan game PC.

Agung Pratnyawan

PON XX Papua 2021. (Instagram/ ponxx2020papua)
PON XX Papua 2021. (Instagram/ ponxx2020papua)

Hitekno.com - Eksibisi Esports PON Papua 2021 telah resmi berlangsung dan dibuka pada Senin (21/9/2021).  Namun yang jadi perhatian, tidak adanya game PC dalam kejuaraan Esports ini.

Adapun game yang dimasukkan dalam Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 adalah PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends. Tiga game ini bisa dimainkan lewat perangkat smartphone.

Khusus untuk PES 2021 atau eFootball 2021, game ini memang bisa dimainkan di konsol maupun PC. Namun di ajang ini PES 2021 dimainkan lewat konsol bukan sebagai game PC.

Wakil Ketua Umum atau Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo mengungkapkan, alasan utama pemilihan game tersebut dikarenakan waktu persiapan yang terbatas.

Bambang mengaku, PBESI hanya memiliki waktu selama tiga minggu untuk mempersiapkan ajang Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. Selama itu, mereka mesti menjaring semua peserta yang tersebar di 34 provinsi.

"Khusus game yang terkait dengan PC, tidak semua atlet bisa dijangkau dari seluruh wilayah. Kami memilih gamers yang banyak memainkan game tersebut," jelas Bambang dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/9/2021).

"Sebab kalau kami sediakan semua game, tidak akan cukup karena waktunya sangat singkat," tambahnya.

Spesifikasi PC eFootball 2022. (Steam)
Spesifikasi PC eFootball 2022. (Steam)

Kemudian, Bambang menjelaskan bahwa tiga minggu harus dimanfaatkan dengan seleksi yang dinilai terbaik untuk menjaring atlet dari 34 provinsi di Indonesia.

Untuk seleksinya, PBESI disebut juga berkoordinasi dengan banyak pihak seperti dari tim internal, KONI, atau tim-tim esports besar di Indonesia.

"Kami juga enggak mau dari kota-kota besar saja, tapi mau menjaring semua kota dan kabupaten di Indonesia," jelas Bambang.

Namun Bambang mengaku tidak menutup kemungkinan bahwa PBESI akan menggelar kompetisi dengan game PC. Meskipun ia tak menyebutkan kapan game PC dimasukkan sebagai turnamen esports besar di Indonesia.

"Terkait game PC, ini akan secara berjenjang kami laksanakan. Tidak menutup kemungkinan. Tapi yang jelas, event-event seperti ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan esports di Indonesia," pungkasnya.

Itulah penjelasan PBESI, kenapa Esports PON XX Papua 2021 tidak melombakan game PC. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait