Games

Pra PON XX Papua Esports PUBGM: DKI Jakarta dan Kaltara Puncaki Babak Grup

Tujuh provinsi teratas dari masing-masing grup lolos ke PON Papua XX 2021.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi cabang eSports di PON XX Papua 2021. (YouTube/ PB ESI)
Ilustrasi cabang eSports di PON XX Papua 2021. (YouTube/ PB ESI)

Hitekno.com - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 memasukkan eSports PUBG Mobile (PUBGM) sebagai salah satu cabang yang dapat menghasilkan medali. Pra PON XX Papua di babak grup PUBG Mobile telah memunculkan deretan provinsi yang lolos ke babak final.

Sebagai informasi, cabang eSports PUBG Mobile di babak kualifikasi terbagi menjadi Grup A dan Grup B. Pantauan dari akun Instagram PUBG Esports Indonesia dan platform Garudaku.com, pertandingan babak grup sudah usai di mana 7 provinsi teratas bakal melenggang ke babak selanjutnya.

Grup A terdiri dari DKI Jakarta, Bali, Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Jambi, Jawa Barat, Aceh, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Gorontalo, dan Sumatera Utara.

Sementara itu Grup B terdiri dari Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Banten, Yogyakarta, Kalimantan Utara, KP Bangka Belitung, Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Babak grup sendiri sudah terselenggara dari tanggal 15-16 September 2021. Perwakilan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menyatakan bahwa 7 provinsi teratas dari masing-masing grup akan lolos ke final.

Tujuh tim teratas akan lolos ke PON XX Papua. (YouTube/ PB ESI)
Tujuh tim teratas akan lolos ke PON XX Papua. (YouTube/ PB ESI)

Sementara itu, Papua dan Papua Barat sudah mendapatkan Direct Invited sehingga secara otomatis masuk ke babak selanjutnya.

"Bahwa nanti di Pra-PON ada dua grup yaitu Grup A dan Grup B. Setiap grup akan berisi 16 provinsi, jadi total ada 32 provinsi. Papua dan Papua Barat sudah mendapatkan Direct Invited untuk bertanding ke babak Grand Final-nya. Oleh karena itu, kita mencari 14 provinsi lagi untuk mengisi babak Grand Final. Jadi peringkat 1-7 masing-masing grup nanti langsung lolos ke Grand Final," kata Christian Surjadi selaku Ketua Bidang Wasit dan Pelatih PBESI saat Live Drawing Eksibisi Esports melalui channel YouTube PB ESI, Selasa (14/09/2021).

Pra PON XX Papua cabang eSports PUBG Mobile Grup A. (Instagram/ pubgmobile.esports.id)
Pra PON XX Papua cabang eSports PUBG Mobile Grup A. (Instagram/ pubgmobile.esports.id)

DKI Jakarta yang semua pemainnya merupakan pro player berhasil memuncaki Grup A dengan skor 161 poin. Skor tersebut gabungan dari 69 poin pemeringkatan dan 92 poin eliminasi.

Tim eSports DKI Jakarta diperkuat oleh Jason Jayden (Aura Jayden) Eksa Rachman (EVOS RedFace), serta duo mematikan dari Bigetron, Made Bagas Pramudita (BTR Zuxxy) dan Made Bagus Prabaswara (Luxxy).

Setelah mencetak dua WWCD di Day 1, mereka masih mengumpulkan WWCD lagi di Day 2. Empat provinsi yang meraih WWCD di Day 2 adalah Jambi, DKI Jakarta, Gorontalo, dan Maluku.

Pra PON XX Papua cabang eSports PUBG Mobile Grup B. (Instagram/ pubgmobile.esports.id)
Pra PON XX Papua cabang eSports PUBG Mobile Grup B. (Instagram/ pubgmobile.esports.id)

Meski meraih WWCD, Gorontalo tak dapat melanjutkan ke babak selanjutnya karena total poinnya masih kurang untuk masuk 7 besar. Tujuh provinsi teratas di Grup A adalah DKI Jakarta, Bali, Maluku, Bengkulu, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Persaingan ketat juga terjadi di Grup B. Meneruskan performa apik saat Day 1, Kalimantan Utara (Kaltara) juga mencetak WWCD di hari kedua. Kalimantan Utara memuncaki Grup B setelah berhasil meraih dua kali WWCD dan mengumpulkan total poin sebanyak 142.

Tujuh tim teratas di Grup B adalah Provinsi Kalimantan Utara, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku dan Kabupaten Bangka Belitung.

Grand Final cabang eSports PUBG Mobile PON XX Papua akan berlangsung pada 23 hingga 24 September 2021. Pertandingan dapat disaksikan melalui channel YouTube PUBG Mobile Indonesia dan PB ESI serta dapat dipantau melalui platform Garudaku.com.

Berita Terkait