Perbanyak Jumlah Tim Peserta, Garena Siap Menambah Atlet Esports Indonesia

Free Fire Master League Season IV dan Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall jadi bukti komitmen Garena terhadap ekosistem esports di Indonesia.

Dinar Surya Oktarini
Minggu, 15 Agustus 2021 | 13:30 WIB
Player Divis 1. (Garena)

Player Divis 1. (Garena)

Hitekno.com - Sejalan dengan komitmen Garena melalui Free Fire untuk terus mendukung ekosistem esports di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan, hari ini Garena secara resmi kembali menghadirkan rangkaian turnamen Free Fire Master League Season IV dan Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall. Masih menghadirkan konsep pertandingan dengan dua divisi utama dalam seri FFML Season IV, dua rangkaian turnamen esports terbesar di Indonesia ini hadir untuk terus mencari bibit atlet esports baru.

Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh mengatakan “Komitmen Garena untuk konsisten mendukung perkembangan ekosistem esports di Indonesia hadir melalui berbagai inisiatif, seperti turnamen berskala nasional-internasional,  pencarian talenta baru di dunia esports, maupun kerjasama dengan berbagai multi-stakeholder baik dengan pemerintah maupun pihak swasta lainnya.”

Lanjutnya, “Khususnya kali ini kami menghadirkan rangkaian turnamen Free Fire terbesar di Indonesia untuk season Fall 2021. Dengan hadirnya dua turnamen season Fall 2021 ini, kami berharap untuk melihat pertumbuhan para tim profesional esports dari turnamen season sebelumnya, serta kelahiran atlet-atlet esports baru yang dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.”

Baca Juga: Hasil MPL Season 8 Day 2 Week 1: BTR Kalahkan EVOS, ONIC Gilas RBG

Free Fire Master League Season IV kembali hadirkan sistem 2 divisi

Setelah sukses diinisiasi pertama kali di FFML season sebelumnya, kali ini sistem turnamen FFML Season IV akan kembali menghadirkan sistem dua divisi dengan sistem promosi dan degradasi dari ajang season sebelumnya. Tim beranggotakan pemain profesional akan dipertemukan di divisi 1, sementara talenta-talenta esports semi-pro akan bertanding di divisi 2. Tidak hanya itu, di tahun ini Garena juga memberikan kesempatan lebih untuk divisi 2 dengan lebih banyak tim yaitu 18 tim, yang sebelumnya hanya 12 tim. Tim-tim tersebut akan memperebutkan total uang tunai sebesar 1,5 Miliar rupiah untuk FFML Season IV Divisi 1 dan 2, serta 800 Juta rupiah nantinya di FFIM 2021 Fall.

Player Divis 1. (Garena)
Player Divis 1. (Garena)

Selain total jumlah hadiah tersebut, Garena juga terus melanjutkan dukungan sebesar 8,6 Miliar rupiah setahun sebagai insentif pembinaan bagi tim-tim esports Divisi 1 yang mengikuti rangkaian turnamen FFML di tahun 2021. Lebih lanjut, tim pemenang FFML Season IV dari masing-masing divisi kemudian akan dipertemukan kembali di ajang FFIM 2021 Fall untuk memperebutkan tempat di kejuaraan dunia Free Fire World Series nantinya. 

Baca Juga: Dikonfirmasi, Realme X Series Dinyatakan "Tamat"

Salah satu tim esports yang berhasil “naik kelas” dari divisi 2 season lalu menjadi divisi 1 sekarang, adalah RANS Esports. Setelah menjuarai FFML Divisi 2 Season III, tim yang sebelumnya dikenal sebagai NGID Esports ini pun menjadi perhatian berbagai pihak, seperti pengusaha sekaligus publik figur terkenal, Raffi Ahmad. Ketertarikan Raffi Ahmad kemudian berbuah pada terjadinya akuisisi tim NGID Esports menjadi sebuah divisi squad Free Fire dibawah nama RANS Esports. Di FFML Season IV, RANS Esports akan menghadapi tim-tim besar lainnya di divisi 1 seperti RRQ Hades dan EVOS Esports.

Christian Wihananto selaku Produser Garena Free Fire indonesia menambahkan, “Kami berkomitmen untuk dapat menjaring lebih banyak lagi calon atlet-atlet profesional esports yang siap berprestasi untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional dengan menyediakan berbagai wadah bagi peminat esports Free Fire mulai dari team profesional, semi profesional, hingga amatir. Khususnya pada season Fall 2021 ini kami meningkatkan jumlah tim yang bertanding di Divisi 2 dari 12 tim menjadi 18 tim, dengan harapan dapat melahirkan atlet-atlet esports yang handal.”

Diketahui, sejak pertama kali diadakan di tahun 2018, Free Fire telah mencetak jutaan atlet esports yang berprestasi mulai dari juara nasional dan bahkan juara dunia. Selain itu antusiasme masyarakat terhadap turnamen dari Garena terus meningkat, dibuktikan dengan jumlah penonton turnamen esports Free Fire yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat, penonton FFML dan FFIM 2020 Fall mencapai lebih dari 26 juta total views, sementara di FFML FFIM 2021 Spring jumlah ini meningkat menjadi lebih dari 43 juta total views di kanal Facebook dan YouTube Free Fire. 

Baca Juga: Bertarung Sengit, Bigetron Kalahkan EVOS di MPL Season 8

Dukungan Penuh dari Lembaga Esports Nasional PBESI dan IESPA

Rangkaian turnamen esports terbesar di Indonesia ini juga turut didukung oleh dua lembaga resmi esports di Indonesia, PBESI dan IESPA. Acara peresmian rangkaian turnamen Free Fire ini juga turut dihadiri oleh Ketua Bidang Humas & Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) - Ashadi Ang, dan Eddy Lim selaku Ketua Umum Indonesia Esports Association (IESPA). Dalam sambutannya, Bapak Ashadi mengatakan, “PBESI mengapresiasi Garena Indonesia yang memberikan kesempatan tidak hanya untuk pemain esports profesional namun juga untuk para talenta baru. Kedua turnamen esports FFML Season IV dan FFIM 2021 Fall pun sejalan dengan program PBESI dalam menjaring bibit-bibit muda baru untuk menjadi atlet esports profesional Indonesia.”

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Eddy Lim juga turut mengungkapkan dukungannya, “IESPA mendukung penuh dan mengapresiasi perhelatan FFML Season IV dan FFIM 2021 Fall. Kami akan mendukung penuh para atlet-atlet Indonesia terutama di kancah internasional. Harapannya para atlet Indonesia dapat berlaga dengan maksimal di helatan internasional seperti SEA Games 2021 yang akan digelar di tahun depan.”

Baca Juga: Daftar Kode Redeem Free Fire 14 Agustus 2021, Langsung Klaim!

Player Divis 2. (Garena)
Player Divis 2. (Garena)

Selain kedua lembaga tersebut, penyelenggaraan rangkaian turnamen Free Fire Fall season turut didukung oleh Nabati selaku sponsor utama. Ian Danarko, Marketing Manager Nabati turut mengungkapkan rasa bangganya dapat memberikan support di peresmian turnamen Free Fire terbesar ini, “Suatu kehormatan bagi wafer stick Nabati TERBESAR dapat berkolaborasi dengan salah satu platform game TERBESAR di dunia, Garena. Diharapkan dengan adanya kerjasama tersebut dapat memberikan nilai tambah dan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan.” 

Siaran pertandingan Free Fire Master League akan ditayangkan secara Live Streaming mulai tanggal 18 Agustus 2021 hingga 2 Oktober 2021, setiap Sabtu dan Minggu (Divisi 1), serta setiap Rabu dan Kamis (Divisi 2) di YouTube FF Esports ID. Informasi selengkapnya mengenai jadwal, rekap, dan hasil pertandingan, dapat diakses di website resmi Turnamen Garena Free Fire, https://turnamen.ff.garena.co. id/

Jangan lewatkan aksi para atlet esports yang akan saling beradu strategi di rangkaian turnamen bergengsi persembahan Free Fire ini, dan stay tuned untuk jadwal-jadwal turnamen Garena berikutnya, termasuk jadwal pertandingan Free Fire Master League 2021 Fall! Ikuti Free Fire pada Facebook, YouTube, Instagram, dan website resmi kami untuk berita terbaru.

Berita Terkait
TERKINI

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB

Dalam versi baru ini, selain latar tempat, alur cerita, dan rekan-rekan baru, Misi Trailblaze utama di Penacony juga aka...

games | 09:48 WIB

Apa saja yang dihadirkan dalam update baru The Elder Scrolls Online: Gold Road ini....

games | 13:23 WIB
Tampilkan lebih banyak