Games

Penjualan Nintendo Switch Capai 89 Juta Unit, Ini Rinciannya

Nintendo berhasil menjual 4,45 juta unit konsol Switch pada kuartal kedua 2021.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Nintendo Switch. (Pixabay/ joatseu)
Ilustrasi Nintendo Switch. (Pixabay/ joatseu)

Hitekno.com - Nintendo telah mengungkapkan laporan pendapatan perusahaan untuk kuartal kedua 2021 (April hingga Juni). Dalam laporan keuangan, perusahaan turut mengumumkan bahwa penjualan konsol Nintendo Switch telah menembus angka 89,04 juta unit.

Selama periode April hingga Juni 2021, perusahaan berhasil melaporkan penjualan sebesar 4,45 juta unit. Angka itu terdiri dari Nintendo Switch standar sebanyak 3,31 juta unit dan Switch Lite sebesar 1,14 juta unit.

Dikutip dari Nintendo Life, perusahaan menjelaskan bahwa penjualan konsol "didorong oleh rilis Animal Crossing: New Horizons pada Maret 2020".

Tambahan angka 4,45 juta unit semakin membuat penjualan seumur hidup Switch mendekati rekor milik Wii yang sebesar 101,63 juta unit.

Terdapat selisih hampir 13 juta unit, apabila Switch ingin menyamai rekor penjualan seumur hidup Nintendo Wii. Jika sudah melewati Wii, Switch harus melampaui Game Boy (118,69 juta) dan Nintendo DS (154,02 juta) untuk menjadi konsol terlaris sepanjang masa Nintendo.

Nintendo Switch (atas) dan Nintendo Switch Lite (bawah). [Nintendo]
Nintendo Switch (atas) dan Nintendo Switch Lite (bawah). [Nintendo]

Switch mempunyai kesempatan mengingat produksi konsol masih terus ada di mana mereka juga baru saja merilis Nintendo Switch OLED.

Laporan dari The Verge, meski konsol Switch menembus 89 juta unit namun sebenarnya penjualannya mengalami penurunan atau perlambatan.

Angka penjualan Switch sebesar 4,45 juta unit termasuk penurunan 21,7 persen dibandingkan periode sebelumnya. Penjualan perangkat lunak juga turun 10,2 persen menjadi 45,29 juta unit.

Nintendo Switch Oled. [Nintendo]
Nintendo Switch Oled. [Nintendo]

Pendapatan Nintendo turun 9,9 persen menjadi 2,94 miliar dolar AS (Rp 42,2 triliun) dan laba operasionalnya adalah 1,09 miliar dolar AS (Rp 15,6 triliun), yang berarti penurunan 17,3 persen secara YoY.

Jika nanti diterima oleh pasar, Nintendo Switch OLED diharapkan membuat angka penjualan Switch lebih meningkat di kuartal setelahnya. Model OLED mempunyai layar berukuran 7 inci. Ini lebih besar jika dibandingkan versi standar yang memiliki layar LCD 6,2 inci.

Selain layar baru, model konsol game handheld yang direvisi ini mencakup dudukan yang dapat disesuaikan di atas meja.

Nintendo Switch OLED mempunyai memori internal 64 GB, meningkat dari model sebelumnya yang hanya 32 GB.

Perangkat gaming portabel dari Nintendo ini juga sedikit lebih panjang dan lebih berat dengan bobot 0,32 kilogram. Nintendo Switch OLED akan dijual mulai 8 Oktober dengan harga 350 dolar AS atau Rp 5 jutaan.

Berita Terkait