Games

Laris Manis, PS5 Laku 10 Juta Unit di Seluruh Dunia

PS5 merupakan konsol dengan penjualan tercepat dalam sejarah Sony.

Rezza Dwi Rachmanta

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Hitekno.com - Sony baru saja mengungkapkan bahwa mereka telah mencapai tonggak sejarah anyar terkait penjualan konsol terbaru, PS5. Perusahaan mengklaim penjualan PS5 telah mencapai 10 juta unit secara global.

PS5 merupakan konsol Sony dengan penjualan tercepat hingga saat ini, melampaui PS4. Penjualan diketahui sempat melambat sejak diluncurkan pertama kali pada November 2020. Sony meraih 4,5 juta penjualan PS5 pada tahun 2020.

Dikutip dari Engadget, mereka kemudian mencatatkan penjualan 3,3 juta unit pada kuartal pertama tahun ini. Itu berarti butuh waktu empat bulan dalam menambahkan nominal 2,2 juta unit ke dalam penghitungan.

Meski sempat melambat terkait kendala kemerosotan pasokan, namun perusahaan mengklaim bahwa angka 10 juta unit sejak peluncuran tahun lalu tercatat menjadi penjualan tercepat.

"Dengan senang hati kami umumkan bahwa per 18 Juli 2021, kami telah menjual lebih dari 10 juta konsol PlayStation 5 secara global. Ini menjadikan PS5 sebagai konsol dengan penjualan tercepat dalam sejarah Sony Interactive Entertainment (SIE) dan kami sangat senang dengan respons luar biasa dari para penggemar," tulis keterangan resmi dari Sony melalui blog resmi perusahaan yang dirilis pada Rabu (28/07/2021).

Harga PS5 di Indonesia termasuk yang paling mahal di dunia. [Dok Sony]
Harga PS5 di Indonesia termasuk yang paling mahal di dunia. [Dok Sony]

Jika tak mengalami kendala, Sony kemungkinan dapat meraih angka penjualan sebesar itu dengan lebih cepat lagi.

Masih belum diketahui pasar mana yang menyumbangkan jumlah terbesar atau tercepat, namun perwakilan Sony pernah menyebutkan bahwa mereka memiliki sambutan baik di pasar China.

"Terlalu dini untuk mengatakannya. Permintaan masih sangat kuat di mana-mana, dan data penjualan untuk masing-masing negara hanyalah cerminan dari keputusan alokasi inventaris. Satu-satunya peluncuran yang akan saya sebut adalah China. Model konsol tak terlalu berkembang di sana, semuanya gratis untuk dimainkan dan mobile, tetapi kami punya firasat bahwa mungkin ada waktu yang tepat untuk mengubahnya. Kami membuat banyak kehebohan saat peluncuran dan meledak dengan sangat, sangat cepat," kata CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan kepada Gamesindustry.biz.

Pada Mei lalu, perusahaan juga pernah menyatakan bahwa mereka berusaha meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan. Perolehan 10 juta penjualan PS5 menjadi bukti bahwa konsol dari Sony memancing antusiasme yang tinggi dari penggemar.

Berita Terkait