Games

EVOS Bersama Visa Dukung Pertumbuhan Industri Esports di Indonesia

EVOS Esports resmi menggandeng Visa dan Bank Mandiri dalam sebuah kerja sama.

Amelia Prisilia

Logo EVOS. (EVOS TV)
Logo EVOS. (EVOS TV)

Hitekno.com - Sebagai dukungannya terhadap pertumbuhan industri Esports di Indonesia, EVOS Esports resmi menggandeng Visa dan Bank Mandiri dalam sebuah kerja sama yang diumumkan bersama media pada Kamis (5/8/2021).

Dalam event bertajuk 'Media Discussion: Indonesia Esports Industry Outlook 2021' ini sengaja digelar dengan tujuan untuk memberikan gambaran pada masyarakat mengenai industri Esports di Tanah Air dan Asia Tenggara.

Hartman Harris selaku Co-Founder & Chief Business Officer EVOS Esports menyebut bahwa outlook ini digelar berdasarkan kerja sama antara tim tersebut bersama Visa dan dukungan Bank Mandiri.

Kolaborasi ini dilaksanakan sebagai wujud optimisme industri finansial dan perbankan pada pertumbuhan industri Esports yang kian hari kian pesat.

Co-Founder & Chief Marketing Officer EVOS Esports, Michael Wijaya menyebut bahwa Indonesia menjadi salah satu negara pendorong utama pertumbuhan industri Esports di Asia Tenggara.

Bank Mandiri di Aceh. (Dok: Bank Mandiri)
Bank Mandiri di Aceh. (Dok: Bank Mandiri)

Berdasarkan data, dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara pada tahun 2021, Indonesia berkontribusi sebesar 43 persen untuk jumlah total yang ada. Selain itu, Indonesia menjadi negara penyumbang pendapatan tertinggi.

Melihat data EVOS, Esports kini sangat diminati oleh 58% dari penggemar EVOS dan player berusia dibawah 18 tahun dan sekitar 41% dari para penggemar EVOS dan esports berasal dari kalangan millennial berusia 19-29 tahun.

Head of Strategy & Planning Visa Indonesia, Handikin Setiawan menyebut bahwa industri Esports mengalami perkembangan yang ekspansif secara global dengan munculnya lebih banyak penggemar.

Adanya potensi dari perkembangan secara masif ini kemudian menjadi pendorong Visa untuk kemudian bekerjasama dengan brand-brand terdepan esports seperti EVOS.

Diakui olehnya, Visa melihat besarnya jumlah penggemar Esports di kalangan Gen Z dan milenial yang begitu cinta dengan game, karakter, pemain dan brand tertentu yang menjadikan EVOS dan Esports menjadi industri vital.

TNI AL - KASAL Laksamana TNI Yudo Margono (tiga kanan) dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas (dua kanan). (Dok : Bank Mandiri)
TNI AL - KASAL Laksamana TNI Yudo Margono (tiga kanan) dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas (dua kanan). (Dok : Bank Mandiri)

Tumbuhnya industri esports pada saat ini merupakan hasil dari semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap game ini. Hal ini terbukti dari tingginya intensitas dan nilai transaksi dari pembelian di game.

Berdasarkan data EVOS Esports terbukti bahwa di kalangan penggemar, sekitar 39% dari para penggemar esports dalam kurun waktu satu bulan rata-rata melakukan pembelian dalam game sekitar 1 sampai 3 kali.

Melihat perilaku ini, Bank Mandiri bekerjasama dengan EVOS Esports dan merchant payment Visa mengeluarkan kartu EVOS Esports yang berfungsi sebagai kartu tanda member dan kartu debit.

Kerja sama Visa dan Bank Mandiri percaya jika kerja sama dengan EVOS Esports ini dapat membantu mengembangkan peranan bank dalam dunia Esports di Tanah Air nantinya.

Berita Terkait